7 Pertimbangan Sebelum Membeli Moge untuk Pemula

0
1189
aksesoris moge

Motor bermesin besar atau lebih dikenal moge sudah jadi tren tersendiri. Mereka yang hobi otomotif kebanyakan sangat menggemari motor jenis ini. Namun memilikinya bukan hal mudah karena harganya sangat mahal. Jika sudah punya budget, Anda masih harus membuat pertimbangan sebelum membeli moge.

Para ahli otomotif mengungkapkan beli moge bukanlah hal mudah. Banyak merek, model dan tipe yang beredar di pasaran. Anda harus tepat dalam memilih, jika tak ingin menyesal akhirnya. Ingat, moge adalah barang mewah yang tidak bisa dibeli dengan asal pilih.

Untuk itu, coba pertimbangkan dulu 7 hal ini sebelum membeli moge. Khususnya bagi Anda yang masih pemula dan baru pertama membeli moge.

pertimbangan sebelum beli moge

1. Tujuan Membeli Moge

Pertimbangkan dulu alasan Anda untuk membeli moge. Untuk kepuasan hobi otomotif, dijadikan alat transportasi sehari-hari atau jadi kendaraan touring bareng komunitas. Bila untuk hobi, maka Anda pasti memerlukan penampilan memukau dan mulus.

Jika dijadikan transportasi sehari-hari cari yang ringan, lincah dan tentu saja irit bahan bakar. Namun, bila dipakai untuk touring fokus utama Anda ialah pada kenyamanan berkendara. Moge touring juga perlu memperhatikan adanya ruang penyimpanan. Bila masih pemula sebaiknya berkenalan dulu dengan memilih kapasitas mesin sedang. Misalnya di kisaran 400 -600 cc.

2. Jangan Sepelekan Ergonomi-nya

Hal yang kerap disepelekan ini memiliki pengaruh yang besar di masa mendatang. Mungkin Anda menyukai modelnya, tapi jika dipakai tidak nyaman malah memunculkan masalah baru. Ketika di showroom lakukan test ride dengan detail untuk pertimbangan sebelum membeli moge.

Berputarlah di area sekitar dan jika perlu bawalah moge sedikit jauh atau berputar lama. Meski awalnya nyaman, tapi jika dipakai sedikit lama bisa berubah lagi. Perhatikan bobot pergelangan tangan untuk menyanggah beban tubuh. Cek juga jarak setang ke bodi dan jauh tidaknya lipatan kaki ke belakang.

3. Model, Desain atau Style

Anda mungkin dibuat bingung dengan banyaknya varian yang ada di showroom. Tapi jika Anda sudah punya tujuan maka langkah akan lebih mudah. Cari saja mode yang memang dikhususkan sesuai tujuan. Misalnya moge untuk touring, naked, trail, adventure, skuter besar, supermoto, cruiser atau ber-fairing.

Ingat tujuan dan kebutuhan Andalah yang menentukan model. Bukan berdasarkan keinginan semata. Jika sudah ketemu modelnya, Anda masih perlu menentukan desain. Untuk soal ini bisa dipilih sesuai selera dengan tetap mengutamakan tujuan. Akan sangat baik jika Anda mengumpulkan banyak referensi dan informasi dulu sebelum mendatangi showroom.

pertimbangan sebelum membeli moge

4. Ketinggian Sadel

Pertimbangan sebelum membeli moge juga perlu memperhatikan soal ini. Sesuaikan dengan postur tubuh karena sangat menentukan kenyamanan riding. Namun, jika Anda sudah punya trik khusus berkendara ini bukan masalah. Keahlian Anda bisa jadi modal mengendalikan moge impian yang hendak dibeli.

5. Tameng Udara

Pilih saja sesuai kebutuhan dan style Anda. Tameng diperlukan bagi Anda yang sering berkendara jauh. Bila diterpa angin terlalu lama dalam kecepatan penuh bisa membuat tubuh cepat lelah. Pilih moge dengan tameng udara yang aerodinamis.

6. Fitur Elektroniknya

Moge generasi terbaru banyak dilengkapi dengan kontrol traksi dan ABS. Fitur-fitur tambahan ini bisa menyokong keselamatan dalam berkendara dan mengendalikannya. Pilih fitur sesuai kebutuhan dan jangan sampai mubazir.

7. Cek Suara

Suara moge berkaitan dengan kenikmatan dan kenyamana berkendara. Jadi dengarkan raungan mana yang paling merdu buat Anda. Bedakan suara mesin V-Twin ata 4 silinder segaris paling enak didengar.

Selain 7 hal di atas, pertimbangan sebelum membeli moge juga tak luput dari harga dan keiritan BBM. Dua hal ini bisa jadi yang utama dan tidak boleh dilupakan. Jangan memaksakan diri dan selaraskanlah antara kebutuhan dengan keinginan. Tips di atas lebih dikhususkan untuk pemula yang hendak membeli moge baru.

Ajaklah teman Anda yang sudah paham moge jika saat membeli jika memang diperlukan. Selain itu, bisa juga dengan meminta referensi dari komunitas moge yang ada di daerah Anda. Semua pertimbangan ini dilakukan demi kepusan Anda dalam membeli. Juga menghindari penyesalan yang mungkin terjadi karena harganya yang sangat mahal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.