Seluk Beluk Baju Kaos, Jenis Bahan dan Spesifikasinya

0
289
baju kaos

Menggunakan pakaian berbahan kaos memang nyaman, karena bahan tersebut menyerap kelembapan terutama keringat. Si pemakai yang merasa kegerahan, apalagi saat situasi udara cukup panas, masih bisa cukup nyaman menggunakan bahan ini dalam kehidupan sehari-hari maupun saat melakukan berbagai aktivitasnya. Berikut ini seluk beluk tentang baju kaos yang bisa digunakan sebagai informasi dalam memilih jenis-jenis kaos:

Jenis spesifikasi bahan kain baju kaos

Bahan kaos bisa diklasifikasi berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Ada beberapa jenis kaos yang beredar di pasaran pada umumnya, antara lain:

Cotton combed

Terbuat dari 100% kapas alami yang merupakan polimer serat alam. Ciri khas bahan memiliki tekstur halus, dingin, nyaman dan bahannya bisa menyerap keringan secara maksimal. Kaos berbahan cotton combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata. Bahan ini dibedakan menjadi jenis combed 20s, 24s, 30s dan 40s. Semakin besar angkanya, maka bahannya akan semakin halus dan tipis, serta mahal harganya.

Cotton carded

Bahan cotton carded mirip dengan cotton combed. Yang membedakannya adalah serat benangnya yang kurang halus dan kurang rata dibandingkan cotton combed. Bahan ini juga dibedakan menjadi 20s, 24s, 30s dan 40s. Jenis bahan kaos ini juga cukup nyaman dikenakan, karena terbuat dari 100% kapas alami.

Viscose (rayon)

Bahan pembuatannya dari bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia), dengan teksturnya mirip dengan tekstur kapas, sehingga juga nyaman digunakan saat hawa panas. Serat viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas.

Cotton Viscose (CVC)

Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan sebagai serat sintesis pada cotton combed, hasilnya disebut dengan cotton viscose (CVC). Sifatnya juga menyerap keringat, sehingga nyaman bagi pemakainya. CVC terbuat dari campuran antara 55% Cotton Combed dan 45% Viscose.

Polyester (PE)

Bahan PE adalah serat sintetis hasil rekayasa buatan manusia, yang terbuat dari bahan ester hasil samping minyak bumi dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly. Karakteristik bahan PE ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat dengan maksimal, sehingga kurang nyaman dipakai.

Teteron Cotton (TC)

Bahan TC merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. Bahan TC kurang nyaman dikenakan saat situasi panas, karena kurang bisa menyerap keringat.

Hyget

Hyget adalah bahan ini terbuat dari plastik, dengan karakteristik sangat tipis. Bahan ini, tidak nyaman untuk dijadikan kaos karena tidak menyerap keringat. Bahan ini digunakan saat ingin membuat kaos dengan jumlah massal dan murah.

 

Jenis benang untuk bahan baju kaos

Untuk menghasilkan bahan kain kaos, bahan dasar benar mengalami proses knitting (rajut) di mesin dengan setting gramasi (gr/m2). Hal tersebut mendasari jenis-jenis bahan kaos berdasarkan jenis benangnya, yaitu:

  1. 20s

Ketebalan atau gramasi bahan 180 – 220 gram/m2.

2. 24s

Ketebalan atau gramasi bahan 170 – 210 gram/m2.

3. 30s

Ketebalan atau gramasi bahan 140 – 160 gram/m2 untuk rajutan single knitt dan ketebalan atau gramasi bahan 210 – 230 gram/m2 untuk rajutan double knitt.

4. 40s

Ketebalan atau gramasi bahan 110 – 120 gram/m2 untuk rajutan single knitt dan tetebalan atau gramasi bahan 180 – 230 gram/m2 untuk rajutan double knitt.

  1. Jenis rajutan bahan kaos
  2. Single knitt
  3. Double knitt
  4. Pique atau lacoste
  5. Striper atau yarn dye
  6. Drop needle
  7. Merk-merk baju kaos

Penggunaan bahan kaos semakin meningkat dengan permintaan jumlah pemakainya, sehingga bisa dijadikan peluang bisnis dalam bentuk usaha distro. Beberapa merk yang terkenal Indonesia antara lain:

  1. Peter Says Denim (PSD)
  2. C59
  3. Kiddrock
  4. Infight
  5. Nevalium
  6. Orium
  7. Baffaro

Nah Jika kalian sudah mulai membuat Kaos sendiri. atau bahkan Design Kreasi kaos sendiri, kenapa ga coba langsung jual hasil kreasi kalian ke situs Jual beli Kaos Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.