Tips Belanja Elektronik Online Yang Aman

0
166
Belanja Elektronik Online

Banyak orang yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan offline. Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika membeli barang secara online. Seperti tidak terkena macet, tidak perlu panas-panasan, bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan masih banyak lainnya. hampir semua barang dapat ditemukan dengan belanja online. Termasuk barang elektronik. Saat ini ada banyak sekali toko online yang menjual barang elektronik. Sekarang mencari barang elektronik hanya semudah membalikan telapak tangan. Tetapi karena harga barang elektronik biasanya mahal, anda harus lebih berhati-hati ketika belanja elektronik online. Bisa jadi anda malah akan ditipu oleh toko online yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika membeli barang elektronik secara online.

Perhatikan Reputasi Toko Online

Saat ada banyak sekali toko online yang menjual barang elektronik. Sebelum membeli barang elektronik lebih baik anda lihat reputasi dari toko online tersebut. Jangan terkecoh dengan harga yang terlalu murah. Lihat testimoni dari pelanggan lainnya. Tetapi jangan langsung percaya dengan testimony karena ada beberapa toko online yang memalsukan testimoni. Ada beberapa merk barang elektronik yang bekerjasama dengan beberapa toko online. Lebih baik membeli barang elektronik di toko online yang merupakan distribusi utama barang tersebut atau toko online yang memiliki badan hukum sendiri.

Survei Beberapa Toko Online

Tips belanja elektronik online selanjutnya adalah melakukan survey di beberapa toko online. Survey toko online ini meliputi harga barangnya, reputasi toko onlinenya dan masih banyak lainnya. lebih baik membandingkan satu toko online dengan toko online lainnya. Pilih toko online yang memberikan layanan dan jaminan barang yang jelas. Barang elektronik merupakan barang mahal yang mudah rusak. Jadi harus memilih toko online dengan hati-hati. Jangan sampai anda sudah membayar mahal, tetapi barang yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan anda.

Asuransi (Garansi) Dan Proses Pembayaran

Pada saat membeli barang elektronik secara online, anda harus memilih toko online yang memberikan jaminan asuransi atau garansi. Jika barang di ambil dengan cara COD (langsung) mungkin anda bisa memeriksa barangnya langsung. Tetapi jika barang dikirim dengan menggunakan ekpedisi pengiriman, anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi nantinya. Jadi pilihlah toko online yang memberikan jaminan garansi. Jadi jika barang rusak, anda bisa langsung meminta kembalian barang. Selain itu anda juga harus memperhatikan proses pembayarannya. Jika uang yang harus dibayar dalam jumlah banyak. Lebih baik menggunakan jasa rekening bersama. Jadi uang akan di transfer ke seller, jika barang sudah sampai ke tempat anda. Ini akan mengurangi penipuan secara online.

Spesifikasi Barang Elektronik Jelas

Ketika belanja elektronik online, anda harus memperhatikan spesifikasi barang secara detail. Toko online yang baik adalah yang memberikan spesifikasi barang dengan jelas. Sebelum membeli barang elektronik yang anda inginkan, anda bisa mencari info mengenai spesifikasi dari barang elektronik tersebut. Kemudian bandingkan dengan spesifikasi yang terdapat di toko online tersebut. Spesifikasi barang meliputi ukuran, seri, warna, fitur, jenis mesin yang digunakan dna masih banyak lainnya. perhatikan semua keterangan tersebut dengan detail, supaya terhindari dari penipuan.

Packaging Barang Dan Proses Pengiriman

Packaging untuk barang elektronik tentunya berbeda dengan pakaian atau barang bukan pecah belah lainnya. Untuk barang elektronik lebih baik di bungkus dengan menggunakan kayu dan diberi bahan pelindung. Hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan dan barang pecah. Oleh karena itu anda bisa menanyakan seperti apa packaging yang digunakan oleh toko online tersebut. Selain packaging, anda juga harus memperhatikan proses pengiriman. Pilihlah pengiriman yang memberikan jaminan asuransi dan sudah terpercaya. Saat ini ada banyak sekali ekpedisi pengiriman yang curang dan memberikan pelayanan kurang memuaskan.

Membeli barang elektronik memang tidak semudah membeli baju atau barang lainnya secara online. Anda harus lebih teliti dan hati-hati. Melihat harga barang elektronik yang mahal. jangan terkecoh dengan toko online yang memberikan harga barang terlalu murah. Lihatlah harga standar barang tersebut di pasaran. Jika perbedaanya terlalu jauh anda wajib curiga. Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai tips belanja elektronik online. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

diweb ini menyediakan Pusat Jual beli barang Elektronik Silahkan saja langsung kunjungi situsnya / bisa langsung akses via web : Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.