Tips Aman Belanja Online Import

0
80
Belanja Online Import

Pada zaman yang sudah sangat berkembang sekarang ini, sistem belanja tidak hanya terbatas dengan belanja di toko, pasar ataupun mall, namun anda juga dapat menggunakan fungsi internet untuk berbelanja  yang sering disebut dengan belanja online. Dikarenakan perkembangan sistem belanja online yang maju dengan pesat, belanja barang import juga semakin gampang dilakukan dan digemari masyarakat Beberapa  faktor yang menyebabkan orang menyukai belanja online import adalah tawaran diskon yang lebih menarik dari penjual atau toko online luar negeri daripada tawaran barang dari toko online lokal, barang dengan merk yang sama namun memiliki spesifikasi yang berbeda dengan yang dijual di luar negeri ataupun barang yang diinginkan tidak dijual di Indonesia dan hanya dijual di luar negeri.

Banyak yang juga memanfaatkan hal ini untuk melakuka penipuan baik membuat situs abal-abal, mencuri nomor kartu kredit pembeli barang dan lain sebagainya yang harus diwaspadai. Berikut beberapa tips yang dapat membantu anda menjadi lebih aman dalam belanja online import.

Pilih Situs Terpercaya – Angpao.id

Salah satu kelemahan belanja online import adalah terhalang oleh jarak yang jauh sehingga anda tidak dapat melihat barang secara langsung untuk memastikan keberadaan toko serta kualitas dan keaslian barang. Salah satu tips aman belanja online import adalah dengan memastikan situs tempat anda berbelanja adalah situs yang terpercaya. Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk mencoba mencari di mesin pencari seperti Bing, Yahoo dan Google mengenai review serta komen dari para konsumen yang sudah pernah berbelanja online import di situs tersebut dan pelayanan yang diberikan situs tersebut untuk pengiriman barang ke luar negeri. atau dengan cara mengunjungi langsung http://angpao.id/

Teliti Kebijakan Pengiriman Barang

Bacalah dengan seksama kebijakan atau terms and conditions pengiriman barang ke luar negeri sebelum anda melakukan transaksi. Perhatikan harga barang setelah ditambah dengan ongkos kirim dan biaya asuransi barang dari jasa ekspedisi. Terkadang sangat mungkin jika biaya kirim jauh lebih mahal daripada barang yang anda pesan. Selain biaya kirim, perhitungkan juga pajak barang import yang dikenakan dari pemerintah serta jika anda membayar menggunakan kartu kredit, kurs yang ditetapkan oleh bank akan berdasarkan kurs bulan depan dimana anda melakukan pembayaran. Oleh karena itu, anda sebaiknya menghitung dengan teliti terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi sehingga anda tidak terkejut dengan total harga dari barang yang anda beli. Selain itu, pastikan juga anda memperhatikan lama pengiriman serta kebijakan dari situs tersebut apabila barang diterima dalam kondisi rusak ataupun barang tidak sampai di tempat anda.

Sistem Pembayaran

Tips aman belanja online import yang ketiga adalah memahami sistem pembayaran ketika berbelanja dari situs internasional. Pada umumnya sistem pembayaran yang digunakan secara global adalah kartu kredit, PayPal atau mengirimkan uang ke bank internasional seperti Western Union. Pilihlah jenis pembayaran yang paling cocok dengan anda untuk memperkecil modus penipuan. Jika anda membayar dengan menggunakan kartu kredit, pastikan komputer ataupun ponsel yang anda gunakan untuk bertransaksi bebas dari virus sehingga nomor kartu kredit anda tidak di hack oleh hackers yang memiliki niat jahat. Selain itu, hapuslah semua cache dan histori transaksi anda sehingga tidak ada yang dapat membuka histori transaksi yang anda lakukan.

Pahami Pajak di Bea Cukai

Tips aman belanja online import yang terakhir dan harus anda perhatikan adalah pajak dan bea cukai. Salah satu biaya tambahan yang harus anda tambahkan pada harga barang yang anda beli dari luar negeri selain ongkos kirim adalah pajak dan bea cukai yang harus dibayar bagi penerima barang kiriman dari luar negeri. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan, kiriman barang yang berasal dari luar negeri dengan nilai yang tidak lebih dari USD 50 tidak dikenakan pajak dan bea cukai. Namun apabila barang yang anda terima bernilai lebih dari USD 50 maka anda harus membayar Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) sebesar 10% dari harga barang dan Pajak Penghasilan sebesar 7.5% dari harga barang yang didasari oleh harga barang dan ongkos kirim dari barang yang anda terima dari luar negeri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.