Tips Aman Dan Nyaman Dalam Belanja Online Lebaran

0
57
Belanja Online Lebaran

Lebaran sebentar lagi datang menjelang, tidak heran jika sekarang ini sudah banyak orang yang mulai melakukan belanja online lebaran. Banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja secara online karena bisa dibilang berbelanja via online memang lebih mudah dan praktis. Terlebih bagi anda yang lebih sering menghabiskan waktu seharian di tempat kerja. Apalagi sekarang ini toko online yang menyediakan berbagai macam barang sudah banyak sekali dan masing-masing telah menyajikan pelayanan dan juga penawaran masing-masing untuk menarik pelanggan.

Namun sekarang ini banyak juga toko-toko online yang tidak jujur dan bahkan terkesan menipu. Banyak pelanggan yang merasa ditipu seperti misalnya barang tidak sesuai ukurannya, barang tidak sesuai dengan di gambar, barang tidak sesuai dengan pesanan, dan bahkan barang sama sekali tidak sampai di rumah. Dan anda tentu tidak ingin hal yang tidak diinginkan terjadi kepada anda bukan? Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari bahaya penipuan online semacam itu? Berikut ini akan kami bahas mengenai tips-tips berbelanja online untuk lebaran agar anda tidak mengalami hal-hal yang tidak anda inginkan saat berbelanja untuk lebaran.

Ber belanjalah di Toko Online yang Terpercaya seperti Angpao.id

Tips yang pertama jika anda ingin belanja online lebaran adalah sebaiknya anda berbelanja di toko online yang terpercaya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan sebaiknya anda harus sangat selektif sebelum memutuskan untuk berbelanja online di salah satu toko online. Baca dengan baik keterangan toko, alamat toko dan juga sistem yang ditawarkan di toko tersebut. Untuk lebih meyakinkan bahwa toko tersebut aman atau tidak anda bisa melihat dari adanya testimonial-testimonial yang diberikan oleh para konsumennya. Biasanya setelah membeli produk, para konsumen akan meninggalkan testimonial. Jika kebanyakan testimonial dari toko tersebut memuaskan maka anda bisa mantap berbelanja di toko tersebut.

Baca Caption Barang Dengan Teliti

Tips yang kedua jika anda ingin shoping online lebaran adalah sebaiknya anda baca caption setiap produk dengan teliti. Karena biasanya gambar yang tertera pada online shop sering kali bukanlah gambar yang sebenarnya. Bisa saja mereka ambil gambar dari Google yang lebih bagus dan menarik padahal produk mereka biasa-biasa saja. Misalnya saja online shop ponsel second, biasanya para pedagang ada juga yang menggunakan gambar baru dari Google sehingga produk yang ditawarkan terkesan baru dan kinclong padahal mungkin terdapat minus dan sebagainya.

Contoh lain adalah saat anda belanja online lebaran untuk membeli produk pakaian. Terkadang konsumen melihat gambar suatu produk pakaian terlihat seperti menggunakan bahan yang tebal padahal di sebenarnya produk tersebut menggunakan bahan spandek tipis. Oleh karena itu untuk menghindari kekecewaan setelah anda membeli salah satu produk di online shop maka sudah sebaiknya anda baca keterangan tiap produk dengan teliti. Dan jika ada suatu hal yang anda kurang jelas lebih baik tanyakan pada penjual sebelum anda membelinya. Hal tersebut agar anda tidak kecewa dengan produk yang anda beli.

Gunakan Ekspedisi Ternama

Tips yang selanjutnya dalam belanja lebaran via online adalah sebaiknya anda menggunakan ekspedisi jasa kurir yang ternama. Sekarang ini banyak sekali jasa kurir yang menawarkan banyak sekali program-program diskon dan juga promosi. Namun anda jangan mudah tergiur karena harga yang murah belum tentu bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Untuk ekspedisi jasa kurir yang normal biasanya barang akan sampai di tempat tujuan antara 2 hingga 3 hari. Namun jika menggunakan jasa kurir yang abal-abal maka bisa jadi barang akan sampai di tempat anda dalam jangka waktu yang lebih lama. Bisa satu minggu atau bahkan 2 hingga 3 minggu.

Gunakan Rekening Bersama

Dan tips terakhir jika anda ingin belanja online lebaran adalah sebaiknya anda gunakan rekening bersama. Dengan sistem rekening bersama ini anda akan lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi. Sekarang ini banyak sekali kasus jual beli online yang setelah uang ditransfer namun barang tidak kunjung dikirim. Oleh karena itu sekarang ini lebih aman menggunakan sistem nomor rekening bersama yang mana jika barang anda belum sampai di tempat anda maka penjual tidak akan mendapatkan uang pembayaran. Uang pembayaran akan mengendap di rekening bersama untuk sementara waktu hingga barang sampai di tempat anda.

Baca juga bagaimana sistem belanja online cod yang aman.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.