Ini yang Harus Dilakukan Saat Mengunjungi Bursa Kerja

0
64
bursa kerja

Job fair atau bursa kerja, saat ini semakin sering digelar, baik oleh pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, oleh institusi swasta, maupun lembaga-lembaga pendidikan. Setiap kali acara ini digelar hampir dapat dipastikan selalu dibanjiri oleh para pencari kerja, sejak menit pertama dibuka hingga detik-detik akhir penutupan. Bahkan tidak jarang, sebelum acara berakhir, banyak stand yang telah kosong, karena jumlah pelamar pada perusahaan yang menempati stand tersebut sudah memenuhi kuota alias sudah penuh.

Di tengah tingginya angka pengangguran yang mencapai lebih dari 7,7 juta jiwa, terlebih di Pulau Jawa dengan prosentase lebih dari 66 persen, job fair bagaikan mata air di tengah padang pasir yang menyemburatkan sedikit harapan, meski harapan tersebut belum tentu terwujud  menjadi kenyataan. Banyaknya lowongan pekerjaan yang dibuka di setiap stand yang ada seolah mengubur rasa pesimis para pencari kerja yang sudah lelah karena terlalu lama menyandang predikat pengangguran.

Tapi benarkah job fair merupakan tempat yang tepat untuk melabuhkan harapan? Bisa benar, bisa juga tidak, tergantung bagaimana Anda memanfaatkan peluang yang berjajar di setiap stand-stand perusahaann yang ada. Untuk dapat memanfaatkan peluang tersebut, berikut yang harus diperhatikan  pada saat berburu pekerjaan  di lokasi bursa kerja.

  1. Datang Lebih Awal

Sadari bahwa penyelenggaraan kegiatan ini tidak setiap hari ada, dan mereka yang berstatus pengangguran bukan hanya diri Anda, tapi ribuan orang. Tidak heran jika di hari pertama pelaksanaan, bahkan sebelum acara dibuka, lokasi penyelenggaraan selalu penuh sesak oleh pengunjung yang memiliki tujuan sama,  yakni mencari kerja. Perlu diketahui pula bahwa tenaga HRD (Human Research Development) yang menyeleksi calon tenaga kerja di setiap perusahaan jumlahnya terbatas sehingga jumlah calon tenaga kerja alias pelamar yang dapat mereka akomodirpun juga terbatas. Jika dihari pertama kuota yang disediakan buat para pelamar kerja sudah terpenuhi, tanpa harus menunggu berakhirnya acara, mereka akan menutup stand. Itu sebabnya, datanglah ke lokasi acara lebih awal, bahkan sebelum acara dibuka, sehingga kesempatan yang datang tidak sampai terlewatkan.

  1. Kenali Profil Perusahaan

Pada umumnya, beberapa hari sebelum pelaksanaan, lewat spanduk, baliho, pamflet, dan sarana informasi lainnya, pihak penyelenggara akan memberitahukan beberapa perusahaan yang ikut mendukung acara job fair. Kenali dengan detail profil dari perusahaan yang akan Anda tuju dengan mempelajarinya lewat situs website, Koran, majalah atau sumber lainnya untuk melacak kredibilitas dari perusahaan tersebut juga untuk mengetahui profil lengkap dari perusahaan yang bersangkutan. Jika Anda memahami profil perusahaan, minimal Anda tidak kelabakan saat menerima pertanyaan klasik yang diajukan pihak perusahaan, “Mengapa Anda tertarik bekerja untuk kami?”

  1. Siapkan Resume/ Surat Lamaran Kerja

Bursa kerja bagi para pencari kerja bisa diibaratkan “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”. Jadi cukup dengan datang ke satu tempat, Anda bisa mencoba keberuntungan dengan mengajukan lamaran ke beberapa perusahaan. Untuk itu, siapkan beberapa map yang berisi foto copy berkas-berkas, seperti Ijazah, daftar nilai, Kartu Kuning, Surat Keterangan Kerja, KTP, SKCK, serta yang lain.  Siapkan pula scan berkas-berkas tersebut dan simpan ke dalam flashdisk, karena beberapa perusahaan ada yang lebih suka menggunakan format scannable untuk pendistribusian resume dengan sistem elektronik.

  1. Jangan Mudah Terpengaruh

Saat berangkat dari rumah, pastikan jenis pekerjaan apa yang Anda inginkan dan jangan terpengaruh oleh jenis pekerjaan yang lain, meski di lokasi job fair tersedia puluhan jenis pekerjaan. Sebab, dengan fokus pada salah satu jenis pekerjaan, pikiran dan mental Anda sudah terbangun sejak dari awal, bahwa pekerjaan yang Anda tuju itulah yang terbaik untuk masa depan Anda.

5 Persiapkan Wawancara

Perekrutan tenaga kerja yang berlangsung di bursa kerja, tidak jarang dilakukan dengan system simultan. Sehingga setelah lamaran diterima, pihak perusahaan akan langsung melakukan tes wawancara. Karena itu,  persiapkan tes wawancara sejak berangkat dari rumah. (*)

Baca juga berita tentang Alibaba Indonesia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.