Memperbesar Peluang Dalam cari kerja freelance Di Marketplace

0
182
cari kerja freelance

Profesi sebagai seorang freelancer memiliki tantangan yang tak kalah dengan pekerja tetap. Dalam hal ini, mencari kerja freelancer pun bisa sama menantangnya dengan ketika mencari pekerjaan tetap. Semakin ketatnya persaingan membuat proses menjari project untuk para freelancer tak lagi semudah beberapa tahun lalu. Namun bukan berarti tak mungkin. Seperti prinsip ekonomi, banyaknya penyedia jasa freelancer pun diimbangi dengan banyaknya perusahaan hingga startup yang saat ini lebih banyak memilih freelancer ketimbang pekerja tetap. Seakan menjadi jembatan antara pencari jasa dan freelancer inilah mulai bermunculan freelance market.

Mengapa Mencari Kerja Freelance?

Secara garis besar, freelance market dapat diumpamakan sebagai sebuah “pasar” dimana para perusahaan dan freelancer berlomba-lomba menawarkan dan mencari “dagangan”. Tentu, disini freelancer berperan sebagai penjual dengan kemampuan atau keahlian yang ia miliki sebagai dagangan. Disisi lain, para pencari jasa, entah itu perorangan, perusahaan hingga startup adalah para pembeli yang siap melihat, memilih dan menimbang mana barang dagangan dan penjual yang dirasa cocok dengan kebutuhan. Sudah bisa membayangkan sebuah pasar besar dengan segala interaksinya? begitulah sebuah freelance market.

Dengan perumpamaan seperti itu, mencari kerja freelancer di freelance market tentunya menjadi gampang-gampang susah. Dan seperti halnya para penjual yang ingin dagangannya laris, para freelancer pun seharusnya menguasai teknik marketing demi menarik para pencari jasa.

Tips mempermudah mencari kerja freelance

Ada beberapa cara sederhana untuk memperbesar kemungkinan menarik pencari jasa di freelance market. Beberapa darinya, kami ulas dibawah ini.

  1. Perhatikan benar Bid, Review dan Rating

Seperti halnya ketika berjualan, review dan rating menjadi satu hal yang begitu penting dan harus selalu diperhatikan. Di freelance market sendiri, dengan banyaknya saingan mencari kerja freelancer, review dan rating dari para pengguna jasa sebelumnya menjadi hal yang penting. Bila Anda baru saja memulai di freelance market, tak ada salahnya bersusah payah terlebih dahulu demi mendapat review dan rating yang bagus dari klien. Kadang kala, review dan rating ini bahkan jauh lebih penting ketimbang portofolio yang ditawarkan loh.

Berikutnya adalah bid. Usahakan untuk tidak pernah memasang bid yang jauh lebih tinggi dari budget yang dinyatakan oleh pencari jasa. Sangat kecil kemungkinan klien untuk bersedia menjalin kerja sama bila Anda menawarkan harga melebihi dari kemampuan klien. Namun bukan berarti tidak mungkin, bila Anda memang bisa menunjukan kompetensi di bidang yang ditawarkan. Menetapkan angka bid pun sebaiknya masuk akal. Jangan terlalu jual murah, karena klien pun akan beranggapan kerja Anda “murahan”. Sebaiknya, bid tak kurang dari 75% hingga 90% nilai budget yang ditawarkan.

  1. Jaga hubungan baik dan profesionalisme kerja

Banyak freelancer yang memilih bekerja lepas karena tak tahan harus bekerja profesional. Ini tentu hal yang salah karena bekerja sebagai freelancer pun dituntut profesionallisme kerja. Mencari kerja freelance pun akan lebih mudah bila klien sudah dapat melihat profesionalisme kerja Anda. Mulai dari cara penawaran, portofolio, hingga profesionalitas ketika menyelesaikan suatu proyek sangat diperlukan. Profesionalisme pun termasuk responsif ketika dihubungi dan adanya laporan progress.

 

Menjaga hubungan baik dengan klien pun menjadi hal lain yang perlu Anda lakukan. Jangan ragu untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk dari pencari jasa. Begitupun ketika proses kerja berlangsung hingga setelah projek berakhir.

Bagaimana? Sudah siap mencari kerja freelance di freelance market seperti Angpao.id ?

Baca juga Berbagai macam jenis pekerjaan Freelance yang populer

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.