Mengenal ebay Indonesia

0
114
ebay indonesia

Meski nama ebay sudah sangat akrab di telinga para pengguna internet, namun nama ebay Indonesia masih terdengar asing, karena ebay sendiri memang belum lama memiliki website resmi khusus untuk pengguna Indonesia lewat alamat situsnya: http://www.id.ebay.com/. Selain itu ebay juga baru berencana untuk membuka kantornya di Indonesia yang ditandai dengan dibukanya lowongan pekerjaan untuk menempati posisi Head of Cross Border.

Dalam pengumuman yang disampaikan lewat jejaring sosial bisnis #linkedIn tersebut, pihak ebay mencari  kandidat yang memenuhi sejumlah kriteria, diantaranya memiliki pengetahuan yang siginifikan tentang internet utamanya e-commerce dan berpengalaman di bidang tersebut selama 8 – 10 tahun, serta  memiliki pengalaman bekerja di Indonesia tidak kurang dari 3 tahun.

Menurut Daniel Feiler, Senior Director Communications Ebay Asia Pasifik, posisi Head of Cross Border tersebut nantinya akan bertugas mengelola, menyusun serta mengatur target yang ingin dicapay ebay di Indonesia, termasuk bertanggung jawab dalam mencari produk-produk lokal yang dapat dijual di pasar internasional. Tugas yang lainnya adalah menjadi perwakilan sekaligus juru bicara ebay di Indonesia.

Eksistensi ebay

Keberadaan ebay Indonesia sendiri tentunya tidak lepas dari perusahaan raksasa ebay yang berlokasi di San Jose, California, Amerika Serikat. Perusahaan yang didirikan pierre Omidyar pada tahun 1995 tersebut, awalnya hanya dipakai sebagai tempat berdagang para pembeli dan penjual barang-barang koleksi atau barang yang langka. Namun, dalam perkembangannya, ebay membuka pasar untuk berbagai jenis barang, mulai dari fashion, DVD, gadget, mobil, serta yang lain, meski dengan tetap mempertahankan ciri khasnya, yakni sebagai tempat berdagang barang-barang koleksi.

Pertumbuhan ebay selama dua dasa warsa memang terbilang sangat pesat, hal tersebut dapat dilihat dari  mereka yang mengunduh aplikasinya yang mencapai 291 juta dan pengguna aktifnya yang mencapai 159 juta. Tidak hanya itu, ebay juga telah mengakuisisi lebih dari 50 perusahaan, termasuk diantaranya adalah mengakuisisi Paypal senilai USD 1,5 juta pada tahun 2008. Sebanyak 30 negara telah menikimati layanan dari ebay sejak tahun 2011, dan tidak lama lagi Indonesia juga akan memperoleh layanan tersebut dengan rencana akan dibukanya kantor ebay Indonesia.

Eksistensi ebay di Indonesia, sebenarnya sudah dilakukan sejak bulan Desember 2014 lewat kerjasama join venture dengan Telkom Group dan masuk ke pasar e-commerce lewat situs blanja.com. Meski nantinya ebay akan mengembangkan jaringannya dengan membuka kantor di Indonesia, namun pihak ebay Asia Pasifik melalui Senior Director Communications-nya menyampaikan bahwa kemitraan yang telah dibangun bersama Telkom Group masih tetap akan dipertahankan, karena pihak ebay merasa puas dengan hasil kerjasama melalui blanja.com yang saat ini juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Pihak ebay bahkan berharap agar kerjasama tersebut dapat lebih ditingkatkan dimasa depan, karena menurut Feiler, e-commerce Indonesia memiliki masa depan yang sangat cerah seiring dengan pesatnya peningkatan infrastruktur telekomunikasi dan pertumbuhan ekonomi.

Terkait dengan akan dibukanya kantor ebay di Indonesia, menurut Indra Utoyo, Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom, sama sekali tidak memberikan pengaruh yang negatif terhadap blanja,com, karena ebay sejak awal telah berkomitmen untuk mendukung pengembangan dan investasi. Apalagi pertumbuhan GMV (Gross Market Value) hingga Desember 2015 cukup memuaskan. Hal tersebut tentunya semakin menambah kepercayaan dari pihak ebay untuk tetap mempertahankan kerjasama yang selama ini dibangun.

Pendapat senada juga disampaikan Aulia E Marinto, CEO blanja.com yang menegaskan bahwa keberadaan kantor operasional ebay Indonesia justru akan membuat blanja.com lebih berkembang, karena akan semakin banyak dukungan dari para staff ahli. (*)

adapun dapat mengunjungi situs ebay indonesia seperti Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.