Hal yang Harus Diketahui untuk Menjadi Freelance Admin

0
242
freelance admin

Sebelumnya kita sudah membahas tentang menjadi freelance desain kaos , Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang Lowongan pekerjaan untuk menjadi freelance admin banyak digemari dan dicari oleh banyak orang. Pada umumnya pekerjaan seorang admin adalah membantu untuk menyimpan data-data dan membantu kelancaran sebuah bisnis atau perusahaan, namun untuk pekerjaan spesifiknya akan tergantung dari bidang dan jenis pekerjaan yang diberikan.  Untuk freelance admin dunia online, biasanya pekerjaan admin adalah menjadi seseorang yang dipercayakan untuk mengatur dan menjalankan blog, situs, atau sebuah akun media sosial yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini akan mirip dengan ketika anda mengelola toko online yang anda miliki. Tugas anda adalah untuk membuat agar blog, situs maupun akun media social tersebut dapat beroperasi.

Pekerjaan freelance ini biasanya banyak diminati oleh para pelajar yang baru menyelesaikan pendidikan mereka atau yang lebih sering disebut dengan fresh graduate. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan ini dapat dilakukan oleh orang-orang yang sedang kuliah atau memilikipekerjaan lain. Berikut merupakan beberap hal yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk melamar menjadi freelance admin.

Tips Menjadi Freelance Admin Handal

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali terlebih dahulu produk dari perusahaan yang akan anda tangani. Menjadi freelance admin berarti anda harus mengerti secara detail baik mengenai dasar maupun struktur tentang produk yang akan anda jual. Anda harus mempelajari kelebihan serta kekurangan produk tersebut sehingga anda dapat membuat rencana mengenai cara memposting produk tersebut ke media sosial. Perhatikan produk dari pesaing dan kompetitor anda dan carilah kelebihan dari produk yang anda tangani untuk dapat bersaing dengan produk-produk kompetitor di pasaran.Setelah mengumpulkan berbagai informasi mengenai produk anda dan produk kompetitor, anda harus segera membangun citra atau image dari merk produk yang anda tangani untuk memperoleh kepercayaan dari para calon pembeli.

Tips kedua sebagai seorang freelance admin yang handal adalah membantu perusahaan mempersiapkan pangsa pasar yang akan dituju. Setelah anda mempelajari lebih detail, tahap selanjutnya adalah melihat dan mempelajari pasar yang bagaimana yang cocok dengan produk yang anda tangani. Penyasaran market yang tepat akan meningkatkan efisiensi anda sebagai freelance admin. Hal ini juga tentu saja akan membuat anda mendapatkan kepercayaan lebih dari klien atau atasan anda. Anda dapat menentukan target market sesuai dengan usia, jenis kelamin atau berbagai faktor lainnya. Perhatikan kegemaran dari setiap pasar kemudian tentukan target pasar yang ingin anda sasar.

Sebagai seorang freelance admin, anda tentu saja secara tidak langsung akan menjadi representatif dari perusahaan yang mempekerjakan anda. Oleh sebab itu, penggunaan bahasa sangatlah penting bagi anda yang bekerja dengan profesi ini. Walaupun hanya sebagai freelance, namun hasil pekerjaan yang anda berikan tetap harus yang terbaik. Sapaan yang anda berikan untuk para konsumen juga harus sangat diperhatikan, gunakan kata sapaan yang sopan. Buatulah cara anda berkomunikasi dengan konsumen menggunakan bahasa yang menarik dan catchy namun tetap dalam batasan sopan. Jangan membuat kesan yang memaksa dalam setiap produk yang anda jual apabila anda menjadi freelance admin media sosial. Tidak jauh berbeda dengan freelance admin pada umumnya, namun jika anda bekerja sebagai freelancer admin di media sosial, anda akan berorientasi secara online kepada para konsumen anda. Oleh sebab itu, penataan bahasa dan sapaan anda akan terlihat pada setiap postingan yang anda lakukan beserta cara merespon komen-komen yang bermunculan di media sosial produk yang anda tangani.

Tips yang terakhir adalah menyajikan informasi serta tips yang berguna bagi para customer yang juga berhubungan dengan produk anda. Misalkan anda menjadi freelance admin dari produk shampoo, anda dapat memberikan beberapa tips bagaimana cara merawat rambut agar tetap sehat dan lain sebagainya. Hal ini akan menarik perhatian para calon pembeli  untuk mengenal produk anda lebih lanjut. Calon pembeli akan merasa senang  jika tips anda ternyata sangat berguna bagi mereka sehingga membuat mereka hendak mengenal produk yang anda tangani secara lebih detail dan memberikan mereka dorongan untuk berani mengambil keputusan membeli dari anda.

Namun untuk pekerjaan spesifiknya akan tergantung dari bidang dan jenis pekerjaan yang diberikan.  Untuk freelance admin dunia online, biasanya pekerjaan admin adalah menjadi seseorang yang dipercayakan untuk mengatur dan menjalankan blog, situs, atau sebuah akun media sosial yang dimiliki oleh perusahaan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.