5 Hal Penting Sebelum Menjajal Profesi Freelance Editor Buku

0
169
Freelance Editor Buku

Freelance Editor Buku – Menjajal profesi di bidang tulis-menulis memang menyenangkan. Namun tidak semua orang tahu bahwa profesi bidang tulis-menulis juga dapat menghasilkan pendapatan yang tinggi. Banyak kalangan yang meremehkan pekerjaan ini, namun bagi kalangan peminat dunia tulis-menulis, pekerjaan ini akan sangat menyenangkan. Terlebih jika menjadikan profesi ini sebagai profesi tambahan alias bekerja  secara freelance.

Ada banyak profesi yang bisa dijajal di dunia tulis-menulis, seperti penulis novel, artikel, konten website dan semacamnya. Ada satu lagi pekerjaan yang menarik, dimana pekerjaan ini membutuhkan cakupan keahlian khusus dengan pengetahuan akan bahasa yang mumpuni. Yaitu editor buku. Dan bagi mereka yang menjalankan pekerjaan ini secara lepas, bisa disebut tenaga freelance editor buku.

Apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang tenaga freelance editor buku? Yuk, simak 5 hal penting berikut ini!

Pertama, hal terpenting yang perlu diperhatikan sebelum menjajal profesi freelance editor buku adalah “Mampu Menulis”. Menjadi seorang editor buku selalu berawal dari ketekunan mempelajari konteks dan isi sebuah tulisan. Dengan mengerti bahasa, makna, konteks, ejaan yang digunakan, serta cara menulis maka seseoang bisa dikatakan mampu menulis.  Bayangkan saja, bagaimana bisa seseorang berprofesi sebagai editor buku jika menulis saja tidak mampu?

Kedua, biasakan atau sering membaca. Dunia tulis-menulis begitu luas, maka dengan membaca seseorang bisa melatih penggunaan bahasa serta mendapatkan referensi bagaimana cara menyajikan bahan bacaan buku yang menarik dan lugas. Peningkatan kualitas ejaan dan penggunaan tata bahasa juga bisa dilakukan dengan cara membaca. Sehingga saat melakoni profesi freelance editor buku, keseluruhan materi dalam buku bisa dikoreksi atau dibenahi dengan benar tanpa harus bolak-balik membuka kamus KBBI atau buku Ejaan Yang Disempurnakan. Namun memiliki kedua buku itu juga diperlukan.

Tiga, kuasai dengan benar Ejaan dan Tata Bahasa. Tidak semua penulis buku mengerti kaidah bacaan yang benar berdasarkan ejaan dan tata bahasa yang digunakan di Indonesia. Inilah tugas seorang freelance editor buku. Memperbaiki kualitas dan penggunaan ejaan adalah wajib bagi semua editor buku dan bacaan. Seorang editor buku wajib paham baga imana konteks bahasa, penggunaan tanda baca, pemenggalan kata, akronim dan komponen bahasa lainnya.

Empat, tetap sesuaikan dengan waktu pribadi. Menjalani pekerjaan freelance editor buku tentunya membutuhkan penyesuaian atau managemen waktu yang tepat. Freelance bisa dikategorikan sebagai fulltime atau parttime. Mengedit buku pun membutuhkan waktu yang tak sebentar, maka managemen waktu sangat diperlukan. Jika freelancer mengambil konsep full time, maka pengerjaan bisa diatur layaknya jam kerja konvensional. Sebaliknya, jika mengambil konsep part time, pengeditan buku bisa menyesuaikan jadwal keseharian lainnya. Tentunya bagi part time freelancer membutuhkan waktu pengeditan yang lebih lama daripada full timer.

Lima, jasa freelance editor buku tak lepas dari ketelitian, kesabaran serta penguasaan segala bidang berkaitan dnegan dunia baca dana tulis-menulis. Penguasaan ini tidak hanya soal isi dari bacaan tersebut, namun juga dari segi bahasa. Terdapat banyak kata serapan bahasa asing yang kerap digunakan penulis dalam karya-karyanya. Maka pelaku freelance editor buku juga harus menguasai kata serapan dan asal-usul kata dalam bahasa asing. Penambangan kata dan kalimat berbahasa asing digunakan untuk menambah nilai ekplorasi estetik suatu bacaan.

Tidak lepas dari eksplorasi estetik sebuah bacaan, seorang pelaku freelance editor buku juga harus mengetahui segala perihal tentang kode etik script editing. Kode etik ini adalah dasar dari semua editor buku dalam mengedit sebuah bacaan. Contohnya, ebelum menerbitkan buku pelajaran Matematika, tentunya editor buku tersebut wajib untuk menelaah, mengedit dan merevisi beberapa bagian. Nah, sang editor ini tentunya harus ‘berangkat’ dari kalangan pengajar Matematika. Inilah yang disebut kode etik. Bayangkan jika editing buku Matematika dipercayakan pada editor buku yang berpengalaman di bidang sejarah. Tentu ini akan terjadi salah kaprah.

Saat ini pencarian jasa freelance editor buku tergolong mudah. Banyak situs market place penyedia jasa keahlian menawarkan bidang editing tesebut dengan kualitas terbaik dan harga mumpuni. Kunjungi situs penyedia jasa layanan ini di situs http://job.angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.