Tips Mudah Freelance Penulis Cerpen

0
1231
Freelance Penulis Cerpen

Freelance atau yang disebut sebagai pekerjaan paruh waktu sekarang menjadi pertimbangan banyak orang. Hal ini disebabkan selain tidak terikat pada waktu dan tempat kerja, anda masih dapat menghasilkan dan mengumpulkan pendapatan sampingan dari pekerjaan anda sebagai freelancer. Salah satu pekerjaan bagi yang memiliki bakat menulis cerita pendek atau yang lebih sering disingkat menjadi cerpen adalah menjadi freelance penulis cerpen. Cerita pendek akan memfokuskan kisah ceritanya hanya pada satu kejadian dan memiliki tokoh-tokoh yang cenderung tidak terlalu banyak. Cerpen pastinya akan jauh lebih tidak kompleks jika dibandingkan dengan novel. Cerpen juga akan memberikan anda sebuah cerita dengan waktu yang terbatas dikarenakan cerita tersebut harusnya pendek dimana jumlah kata berkisar antara seribu hingga lima ribu kata.

Apabila anda berminat untuk menjadikan pekerjaan freelance penulis cerpen sebagai salah satu pekerjaan paruh waktu anda, pastikan anda dapat menjadi freelance yang baik dimana anda dapat menyuguhkan hasil cerita yang menarik. Berikut merupakan beberapa tips mudah yang dapat anda ikuti sehingga anda dapat menjadi freelancer penulis cerita pendek yang sukses.

Tips Menulis Cerita Pendek

Tips pertama yang harus anda lakukan sebagai seorang freelance penulis cerpen adalah mengumpulkan ide yang kreatif untuk cerita yang akan anda tulis. Kumpulkan inspirasi anda sebanyak mungkin,anda dapat menyiapkan sebuah catatan kecil yang selalu anda bawa kemanapun sehingga anda dapat mencatat setiap ide dan inspirasi yang anda dapatkan. Dikarenakan pekerjaan ini merupakan sebuah pekerjaan freelance, anda bisa mengumpulkan inspirasi di tempat anda bekerja ataupun tempat anda menuntut ilmu apabila anda masih seorang mahasiswa. Kumpulkan juga inspirasi dari orang-orang sekitar anda sehingga dapat menambah ide-ide yang bisa anda tuangkan.

Tips kedua untuk menjadi freelance penulis cerpen yang baik adalah cara untuk memulai cerita anda. Setelah ide terkumpul, maka tahap selanjutnya adalah menuliskan dasar atau basic daro cerpen yang akan tulis. Apabila anda bekerja sebagai seorang freelancer, maka tentu saja anda tidak dapat setiap saat memulai menulis cerita anda, apalagi ketika anda sedang bekerja atau belajar. Anda dapat memikirkan dasar cerpen anda terlebih dahulu kemudian dituangkan ke dalam bentuk tulisan ketika anda sudah memiliki waktu. Hal ini merupakan salah satu kelebihan bekerja sebagai freelancer karena dapat dengan bebas mengatur waktu anda sendiri. Bagi cerita anda menjadi  lima bagian besar yaitu bagian awal, penting, klimaks, akhir dan buatlah kesimpulan cerita di bagian akhir agar para pembaca mengetahui dengan jelas. Pastikan anda menggunakan kalimat pertama yang sanggup menarik perhatian pembaca untuk melanjutkan membaca cerpen yang telah anda tulis.

Tips ketiga adalah dengan membuat karakter yang kuat dari tokoh yang akan anda tuliskan dalam cerpen yang anda tulis. Walupaun anda bekerja hanya sebagai seorang freelance penulis cerpen, namun, kualitas cerita yang anda tawarkan harus tetap maksimal layaknya penulis cerpen full timer. Oleh sebab itu, pastikan karakter dari cerpen anda kuat sehingga dapat menjadi tokoh utama dalam cerita tersebut.

Tips Mengedit Cerita Pendek

Tips keempat adalah mengenai cara melakukan editing terhadap hasil tulisan cerpen anda. Freelance penulis cerpen juga harus mampu melakukan editing terhadap hasil karya yang telah ditulis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membaca kembali hasil cerpen yang telah anda tulis. Periksa tata penggunaan bahasa serta kata dan kalimat yang digunakan agar mengalir dan dapat menarik perhatian pembaca. Pastikan bahwa tokoh utama  dan pokok permasalahan yang ingin anda tuangkan dapat dimengerti oleh para pembaca.

Tips terakhir untuk dapat menjadi seorang freelance penulis cerpen yang handal adalah terus belajar. Jika anda memilih pekerjaan sebagai freelancer, tentu saja anda memiliki kegiatan sehari-hari yang tetap dan harus lakukan seperti menjadi karyawan tetap atau pelajar. Dalam kegiatan apapun yang anda lakukan, anda dapat selalu mencari waktu senggang untuk membaca hasil karya tulisan dari berbagai penulis terkenal. Anda tidak harus selalu membaca cerpen, namun anda juga dapat membaca novel atau berbagai cerita lainnya untuk mengasah dan terus meningkatkan kemampuan menulis anda.

Cerita pendek akan memfokuskan kisah ceritanya hanya pada satu kejadian dan memiliki tokoh-tokoh yang cenderung tidak terlalu banyak. Cerpen pastinya akan jauh lebih tidak kompleks jika dibandingkan dengan novel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.