Tips Menjadi Freelance Writer yang Kreatif

0
98
freelance writer

Freelance writer atau penulis lepas dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang yang semakin maju untuk mendapatkan channel pekerjaan yang lebih luas.Freelance writer dapat menawarkan berbagai jasa menulis seperti jasa menulis skripsi, jasa menulis artikel dan berbagai jasa tulisan lainnya.Jika hanya sekedar menulis, mungkin kebanyakan orang juga mengetahui caranya. di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Freelance programmer , Lalu untuk Writer ini sendiri untuk menjadi freelance writer yang kreatif diperlukan latihan dan beberapa tips untuk sukses. Freelance writer yang kreatif tidak hanya menulis untuk menyampaikan informasi kepada pembaca tetapi juga menambahkan ungkapan perasaan dan emosi penulis dengan cara yang unik dan imajinatif. Dengan begitu, pembaca selain akan tertarik untuk membaca artikel anda, mereka juga dapat menyerap informasi yang disampaikan dengan lebih maksimal.

DIbutuhkan usaha dan latihan yang terus menerus untuk menjadi freelance writer yang kreatif. Banyak orang mengatakan bahwa mencari ide untuk menulis saja sudah susah, bagaimana mungkin bisa ditambahkan lagi dengan kreatifitas. Jawabannya adalah bisa, jika anda telah mendalami dan mengerti tips-tips menulis kreatif, maka untuk menjadi freelance writer  yang kreatif tidak akan menjadi masalah bagi anda.

First Sentences Freelance writer

Kalimat pertama dalam artikel ataupun tulisan yang anda tulis akan memiliki pengaruh yang besar untuk kelanjutan pembaca membaca tulisan anda hingga akhir. Setiap freelance writer yang kreatif pastinya harus sangat memperhatikan kalimat pertama dalam tulisan mereka baik untuk artikel blog, website atau artikel di buku, majalah dan lain sebagainya. Sebagai perbandingan misalnya sebuah artikel dengan kalimat pertama ‘Saya bangun di pagi hari, kemudian saya mandi terlebih dahulu bersiap ke sekolah’ . Para pembaca mungkin akan merasa artikel atau tulisan ini kurang menarik karena kalimat pertama yang ditulis kurang memberikan efek yang melekat bagi pembaca.

Bandingkan dengan kalimat kedua seperti ‘Untuk pertama kalinya, saya akan menceritakan kisah hidup saya, bukan karena teramat penting tetapi karena keremehannya’. Kalimat ini tentu akan lebih menarik perhatian pembaca jika dibandingkan dengan kalimat pertama tadi. Oleh karena itu, asahlah terus kemampuan first sentences anda sehingga anda dapat menjadi freelance writer yang kreatif.  Pastikan juga anda menggunakan kata-kata yang bagus untuk kelanjutan dari artikel anda untuk menunjang kalimat pertama yang telah anda buat.Ingatlah untuk menaruh sesuatu yang memancing rasa penasaran dari pembaca di kalimat pertama dari artikel maupun tulisan anda dengan tujuan menarik perhatian pembaca untuk membaca tulisan anda sampai selesai.

Terus Latihan dan Latihan

Langkah kedua untuk menjadi freelance writer yang kreatif adalah dengan latihan dan terus latihan. Anda tidak boleh menganggap remeh latihan menulis karena dari banyak latihanlah, kreatifitas serta kelancaran menulis anda akan terus berkembang. Beberapa komponen penting  dalam menulis antara lain alur cerita, struktur tulisan serta penataan bahasa dan kata-kata menjadi kunci bagi freelance writer yang kreatif. Membaca buku maupun tulisan dari manapun dapat dijadikan referensi belajar anda , tetapi setelah membaca anda sangat disarankan untuk mencoba berlatih menulis sendiri. Anda juga dapat menambahkan kreatifitas serta imajinasi anda di dalam artikel yang anda ketik.Penulis artikel juga dituntut untuk memiliki wawasan serta pandangan yang luas agar artikel yang ditulis lebih menarik.Beberapa jenis tulisan yang dapat anda biasakan untuk dilakukan setiap hari seperti menulis buku harian, blog maupun membuat puisi.

Menggali Ide

Langkah selanjutnya untuk menjadi freelance writer yang kreatif adalah tetap mencari ide. Ide yang akan membawa seorang penulis untuk menulis artikel yang ‘hidup’. Ide dan imajinasi berkaitan erat sehingga jika anda penuh dengan ide, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa hasil tulisan anda tentunya akan menarik dan memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa tips yang dapat anda lakukan jika anda sedang kekurangan ide adalah dengan membaca buku, menonton televisi, mengikuti perkumpulan, berlibur atau travelling, menghadiri pameran, mengikuti konser  dan berbagai acara yang dapat memberikan anda inspirasi dan ide baru untuk tulisan anda. Bawalah juga catatan kecil kemananpun anda pergi sehingga anda dapat mencatat setiap hal yang menurut anda inspiratif setiap saat.

Waktu yang Tepat

Keuntungan menjadi freelance atau pekerja lepas adalah anda memiliki waktu yang fleksibel untuk bekerja.Anda tidak diwajibkan untuk bekerja pada jam 8 pagi sampai 5 sore.Oleh karena itu, anda dapat mencari waktu yang tepat bagi anda untuk menulis sehingga anda dapat menjadi freelance writer yang kreatif.Menurut riset, setiap orang memiliki waktu optimal mereka yang berbeda-beda untuk mengerjakan sesuatu. Anda dapat mencoba  menggali dan menganalisa waktu yang paling tepat untuk anda. Menulis sesaat setelah anda bangun dan berolahraga sebelum pikiran anda dipenuhi dengan berbagai masalah, diyakini dapat menambahkan kreatifitas dalam menulis.Selain pada pagi hari, larut malam ketika semua anggota keluarga sudah terlelap juga menjadi salah satu pilihan waktu yang dapat menambah kreativitas menulis anda.

Analisa dan Revisi Tulisan Anda

Untuk menjadi freelance writer yang kreatif, anda harus tetap merevisi dan menganalisa hasil tulisan anda. Semua penulis akan tetap merevisi hasil karya mereka bahkan sampai berkali-kali jika diperlukan. Yang harus diperhatikan dallam analisa anda adalah tema cerita, kedalaman karakter, penataan kata, gaya bahasa dan lain sebagainya. Selain menganalisa sendiri, anda juga dapat meminta pendapat keluarga atau orang yang menurut anda memiliki potensi untuk memberikan saran untuk tulisan anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.