5 Jenis Pekerjaan Terpopuler Freelancer Jakarta

0
102
Freelancer Jakarta

Freelancer Jakarta – Freelancing atau bekerja lepas sudah menjadi alternatif kedua selain kerja konvensional. Meski memang masih banyak kalangan yang memandang sebelah mata pekerjaan ini, ternyata sudah banyak anak muda Indonesia yang mampu menghasilkan banyak pundi-pundi penghasilan lewat bekerja sebagai tenaga freelance. Menghadapi susahnya mendapatkan pekerjaan jaman sekarang, kenyataannya banyak pihak yang beralih menjadi tenaga lepas dengan mengandalkan akses online ke dunia digital. Dan hal ini dimanfaatkan dengan sangat baik, tak terkecuali oleh para freelancer Jakarta.

Keuntungan yang didapatkan dari bekerja secara freelance di kota besar seperti Jakarta salah satunya adalah terhindar dari hiruk pikuk macetnya jalan ibukota atau berdesak-desakan engan penumpan lain di kendaraan umum saat berangkat atau pulang kerja. Kerja freelance memudahkan pekerjanya untuk menggarap proyek dimana saja dan kapan saja.

Nah, apa saja jasa keahlian terpopuler yang dikerjakan para freelancer Jakarta? Yuk, simak ulasan lengkap 5 jenis pekerjaan freelance terpopuler di Jakarta berikut ini!

Jenis Pekerjaan Freelancer Jakarta

Freelance Reporter dan Kontributor

Perusahaan media Jakarta masih menjadi yang terbesar merekrut tenaga kerja baik di wilayah lokal atau menjaring tenaga kerja dari luar Jakarta. Dan bagi mereka yang sedang kuliah atau telah lulus dari bidang jurnalistik, tentunya akan memanfaatkan kesempatan besar ini. Jaman sekarang, freelance reporter dan kontributor dimanfaatkan freelancer Jakarta untuk mendulang pundi-pundi pendapatan dengan melamar di lebih dari 1 perusahaan.

Karena sifatnya sebagai tenaga lepas, maka tidak terikat pada satu perusahaan saja. Inilah menariknya menjadi freelancer Jakarta di bidang jurnalistik. Berkat perkembangan dunia digital melalui produknya, internet, para freelancer ini dapat menjadi citizen jurnalist dan memberikan kontribusinya di bidang media melalui liputan berita dan peristiwa.

Freelance Photographer

Pekerjaan lepas satu ini masih menduduki posisi terpopuler yang dikerjakan para freelancer Jakarta. Selain karena penghasilan dari penjualan konten digital fotografi yang masih terbilang cukup mahal, pekerjaan ini sangat menyenangkan bagi mereka yang memiliki hobi di bidang seni. Mengambil gambar dengan kamera mnejadi sangat umum dilakukan di Jakarta terlebih Jakarta selalu memiliki agenda hiburan, festival, dan acara penting setiap harinya.

Freelance Writer

Nah, pekerjaan satu ini juga termasuk pekerjaan terpopuler bagi freelancer Jakarta. Alasannya? Mudah dikerjakan, banyak pihak yang membutuhkan, earning  yang cukup menggiurkan, dan bisa dikerjakan dimana saja. Tidak perlu merasakan panas dan macet dalam perjalanan. Dengan duduk manis, mencari banyak referensi lewat internet, lalu menulis sesuai dengan project brief yang ditentukan, pekerjaan ini menjadi salah satu alternatif terbaik dalam mencari penghasilan sampingan.

Kebutuhan akan tulisan seperti website konten artikel, berita media massa, dan buku bacaan masih tergolong tinggi saat ini. Selain itu untuk menyambut euforia perkembangan media online yang sangat cepat, maka kebutuhan akan penulis pun ikut meninggi. Hal ini lantas menjadikan banyak freelancer Jakarta memilih bidang kerja lepas ini.

Freelance Blogger

Duduk manis sambil ngopi dan memperhatikan PC, sembari mengetik sesekali. Ya, itulah yang dilakukan banyak kalangan freelancer Jakarta yang berprofesi sebagai blogger. Penawaran penghasilan tinggi dan menggiurkan dari blogging memang sudah mempengaruhi banyak anak muda Indonesia. Untuk bidang satu ini, memerlukan waktu yang relatif lama untuk bisa meraup penghasilan tinggi. Namun jika sudah telaten blogging, hasinya tidak tanggung-tanggung. Seorang blogger bahkan bisa berpenghasilan 8-15 juta per bulannya. Menarik bukan?

Freelance Graphic Designer

Pekerjaan ini menjadi sangat populer di kalangan freelancer Jakarta karena pertumbuhan media yang sangat pesat saat ini. Perkembangan media ini tidak hanya berimbas pada tingginya kebutuhan freelance writer, namun juga freelance graphic designer. Kategori bidang ini bisa dikatakan banyak dan luas, diantaranya Web-Design, Product Identity and Environmental Graphic Design,  Product Design (Packaging, bentuk produk, dll), Ads-Design, dan Movie and Multimedia (animasi, video, dan special effect).

Dan masih banyak jenis pekerjaan populer lain yang juga dapat membantu para freelancer berpenghasilan tinggi. Dari kelima jenis pekerjaan lepas terpopuler freelancer Jakarta diatas, manakah yang Anda kuasai?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.