Tips Menggali Ide Bisnis

0
77
ide bisnis

Dibutuhkan ide bisnis yang senantiasa baru, terus menerus dan berkesinambungan untuk dapat membangun sebuah usaha dan mengembangkannya hingga usaha tersebut benar-benar mapan. Disaat usaha yang dijalankan sudah mapan sekalipun, ide-ide tersebut harus terus digali, karena dunia bisnis bersifat dinamis dan senantiasa berkembang.

Seorang pengusaha yang sudah puas dengan hasil yang telah dicapai, dan merasa mantap dengan metode bisnis yang dijalankan, tanpa berusaha untuk menggali ide-ide baru, bisa dipastikan usahanya akan mengalami kemunduran atau bahkan mengalami kebangkrutan. Sebab, kondisi pasar saat dia memulai usaha, dan saat usahanya mengalami masa kejayaan, serta masa-masa sesudahnya bisa jadi akan berbeda.

Dengan kondisi pasar yang berbeda, sudah barang tentu cara mengantisipasinya juga berbeda. Jika pengusaha tersebut masih ngotot menggunakan metode lama yang sudah tidak sesuai dengan keinginan pasar, sementara para kompetitor terus menggali ide-ide baru untuk dapat menyesuaikan keinginan pasar, sudah barang tentu persaingan akan dimenangkan kompetitor. Itu sebabnya, hukumnya wajib bagi para pengusaha, baik yang masih pemula maupun para pengusaha yang sudah mapan, untuk senantiasa menggali ide-ide baru guna mengembangkan dan mempertahankan eksistensi dari bisnis yang dijalankan.

Untuk dapat menggali ide bisnis yang baru, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

 

  1. Lakukan Observasi

Ide-ide baru hanya akan muncul jika otak memiliki sekumpulan data dan masukan yang dapat memberi stimulus untuk dikembangkan. Artinya, kita tidak mungkin akan memperoleh ide yang cemerlang jika hanya berdiam diri, tanpa melakukan observasi terhadap lingkungan sekitar. Observasi tersebut akan memberi hasil yang lebih akurat jika dilakukan di banyak tempat dan pada situasi yang berbeda. Meski demikian, jangan menganggap observasi ini sebagai sesuatu yang berat sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh para akademisi. Observasi cukup dilakukan sambil berjalan-jalan dengan melihat situasi sekitar serta menghubungkannya dengan usaha yang kita bangun.

 

  1. Luaskan Pergaulan

Obrolan dengan teman dapat membuat otak lebih kreatif dan menjadi stimulus untuk melahirkan ide bisnis yang baru. Semakin banyak teman, akan semakin banyak pula karakter dan pola pikir yang dapat menambah perbendaharaan pengetahuan kita seputar bisnis, baik secara langsung maupun tidak langsung. Itu sebabnya perbanyak taman dan perluas pergaulan.

 

  1. Terus Menerus Belajar

Ungkapan bijak mengatakan, “semakin banyak kita belajar, akan membuat kita sadar bahwa kita masih bodoh”. Dengan banyak belajar, kita akan merasa semakin bodoh karena kita sadar bahwa ternyata masih banyak yang harus kita pelajari di dunia ini, utamanya menyangkut bisnis yang kita bangun. Dengan banyak belajar Kita juga akan semakin sadar bahwa banyak hal baru yang bermunculan di sekitar kita dan berhubungan dengan bisnis yang kita tekuni. Bertambah banyaknya perbendaharaan pengetahuan dari aktifitas belajar yang kita lakukan dan banyaknya hal-hal baru yang kita temui sekaligus kita pelajari, akan merangsang otak kita untuk menggali dan menemukan ide bisnis baru. Belajar itu sendiri tidak harus secara khusus di dalam ruangan, tapi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta melalui media apa saja, seperti lewat buku-buku yang mengupas tentang bisnis, Koran dan majalah, lewat situs-situs bisnis di internet, atau bahkan belajar dari lingkungan yang ada di sekitar kita.

 

  1. Rajin Membuat Catatan

Ide kerapkali datang sewaktu-waktu tanpa diduga dan tanpa direncanakan. Dengan banyaknya aktifitas yang kita lakukan sehari-hari, ide yang muncul di otak tidak jarang menguap dan terlupakan akibat  padatnya aktifitas. Itu sebabnya, cobalah untuk memulai membiasakan membawa buku saku dan bolpoin kemanapun pergi, agar jika ide bisnis tersebut muncul sewaktu-waktu dapat segera kita catat untuk kita aplikasikan nanti pada waktu dan kesempatan yang tepat. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.