Cara Mencari Info Lowongan Kerja di Dunia Maya

0
187
Info Lowongan Kerja

Jika dulu para pencari kerja harus pergi kesana kemari untuk mencari informasi sambil menenteng map dan berkas-berkas, berkat kemajuan tekhnologi cara lama tersebut kini cenderung ditinggalkan. Sebab, info lowongan kerja, sudah dapat dicari dengan mudah di depan komputer yang terkoneksi dengan internet, begitu juga dengan cara melamar pekerjaan, banyak perusahaan yang memberlakuan pendistribusian resume atau surat lamaran pekerjaan dan berkas-berkas yang dibutuhkan lewat system scannable dan mengirimkannya melalui email.

Dengan memanfaatkan dunia digital, upaya untuk dapat memperoleh pekerjaan tidak saja lebih mudah dan lebih cepat, tapi juga lebih hemat, baik dari sisi waktu, tenaga, maupun biaya. Sebab cukup dengan duduk di depan komputer, kita bisa memperoleh informasi tentang berbagai macam lowongan pekerjaan yang ada di seluruh dunia, dan hanya bermodalkan alamat email, kita bisa mengirimkan sebanyak mungkin lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan.

Dengan membuka mesin pencari, informasi apapun sebenarnya bisa didapatkan. Namun, agar pencarian info lowongan kerja lewat internet dapat lebih cepat dan lebih efektif, lakukan pencarian lewat situs-situs berikur ini:

 

  1. Iklan Baris

Cukup banyak situs iklan baris yang bertebaran di dunia maya dan hampir semuanya memajang informasi tentang lowongan pekerjaan. Karena berbagai jenis iklan ditampung di situs ini, maka kita harus sabar meneliti satu persatu informasi yang ada. Namun, ada beberapa situs iklan baris yang menyediakan kolom/rubrik khusus yang berisi info kerja. Dengan meng-klik fitur tersebut, pencarian yang kita lakukan akan lebih spesifik.

 

  1. Forum

Situs Forum juga hampir semuanya memiliki kolom/rubrik khusus yang berisi informasi pekerjaan, seperti Kaskus, ads-id, kompas forum, serta yang lain. Jika situs iklan baris hanya memberikan informasi satu arah, tidak demikian halnya dengan situs forum. Di sini, pengunjung forum yang sedang mencari kerja dapat melakukan interaksi dengan pemberi kerja, seperti bertanya seputar spesifikasi pekerjaan, besar gaji dan sebagainya. Jika dirasa cocok, barulah lamaran pekerjaan dikirimkan ke alamat email yang diberikan.

 

  1. Jejaring Sosial

Fungsi dari situs jejaring sosial, seperti facebook, twitter, linkedin, serta yang lain dari hari ke hari terus bertambah, salah satunya sebagai sarana untuk berbagi informasi pekerjaan. Bahkan tidak sedikit halaman di situs jejaring sosial yang khusus dibuat untuk mereka yang ingin berbagi informasi kerja serta mereka yang ingin mencari kerja. Coba klik fiturĀ  Groups atau pages pada akun facebook, dan ketik info lowongan kerja di kolom pencarian, siapa tahu diantara lowongan kerja yang diinformasikan di groups dan pages tersebut salah satunya ada yang cocok.

 

  1. Situs Lowongan Pekerjaan

Jika ingin mencari informasi lowongan kerja yang lebih spesifik, tempat yang paling tepat untuk dikunjungi adalah situs perantara lowongan pekerjaan. Situs jenis ini juga banyak bertebaran di dunia maya, baik yang berafiliasi dengan situs luar, seperti jobstreet, jobsdb, dan freelancer, maupun situs-situs local, seperti sribulancer, projects.co.id, serta yang lain.

Di situs perantara lowongan pekerjaan, para pencari kerja dapat lebih fokus menggali informasi kerja yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, kompetensi keahlian, atau jenis pekerjaan yang dikehendaki, karena kolom-kolom atau rubrikasi yang ada di situs biasanya terbagi atas jenis-jenis pekerjaan.

Kemajuan tekhnologi memang memberi dampak yang luar biasa, termasuk dalam memberikan kemudahan bagi mereka yang sedang mencari info lowongan kerja. Untuk itu jangan disia-siakan! (*)

Anda juga bisa mendapatkan Lowongan Kerja Freelance tambahan di situs Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.