Prospek Bisnis Jual Beli Gudang Penyimpanan Barang

0
90
jual beli gudang

Bisnis jual beli gudang bisa dijadikan sebagai alternatif usaha properti yang keuntungannya sangat besar. Apalagi Indonesia sudah berhasil lepas dari krisis ekonomi bahkan mengalami perkembangan yang lumayan pesat. Beda dengan kondisi sekitar 15 tahun lalu ketika negara ini dilanda oleh berbagai masalah termasuk bidang politik.

Kondisi ini melahirkan banyak sekali pelaku bisnis baru. Mereka buruh fasilitas gudang agar kegiatan bisnisnya bisa berjalan lancar. Berdasarkan hal tersebut muncul suatu peluang usaha baru yang salah satunya adalah bisnis properti di bidang pergudangan. Antara urusan gudang dan bidang bisnis lainnya mempunyai semacam keterikatan yang sangat erat.

Jenis gudang yang disarankan dibangun

Gudang yang biasanya digunakan untuk menyimpan barang hasil produksi ini pada umumnya dibangun di area yang berdekatan dengan pusat industri dan pusat aktivitas distribusi barang. Contohnya pelabuhan udara, pelabuhan laut dan stasiun kereta api. Selain itu dapat dibangun di area pinggiran kota untuk melayani pelaku usaha yang mau mendistribusikan hasil produksi mereka ke kota lain.

Bangunan gudang / bangunan komersil bisa didirikan dalam bentuk gudang deret atau gudang tunggal. Jika modal yang dimiliki besar lebih baik menjalani bisnis jual beli gudang yang memperoleh akreditasi dari Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Sehingga pemiliknya boleh mengeluarkan dokumen resi gudang yang selanjutnya dapat dijualbelikan melalui pasar komoditi.

Keuntungan memiliki dokumen resi gudang

Pelaku bisnis yang biasanya tertarik membeli gudang diantaranya yaitu pebisnis di bidang jual beli hasil perkebunan atau pertanian. Hasil produksi atau panen tersebut jika disimpan dalam gudang yang sudah terakreditasi, akan mendapat dokumen resi. Setelah itu dokumen resi ini bisa dijadikan sebagai agunan untuk mengajukan kredit ke bank.

Resi gudang merupakan suatu dokumen yang menjadi bukti apabila pemegang surat tersebut mempunyai barang produksi yang disimpan di dalam gudang. Selain dijadikan agunan kredit, resi gudang juga dapat digunakan pemiliknya untuk menjual barangnya kepada pembeli tanpa perlu membawa barangnya kesana kemari.

Hal ini sangat berbeda dengan gudang yang belum atau tidak mendapat akreditasi dari pihak Bappebti. Pemilik barang yang membeli gudang tersebut hanya akan memperoleh dokumen sebagai tanda terima barang produki biasa. Sehingga tidak bisa diagunkan dan dialihkan pada pihak lain atau pembeli barang.

Lokasi terbaik mendirikan gudang

Untuk saat ini, sebagian besar pebisnis jual beli gudang yang mempunyai modal besar lebih tertarik membangun komplek pergudangan yang berada di kota-kota besar. Terutama daerah Jakarta dan kawasan sekitarnya. Tujuannya agar cepat laku dan bisa memberi layanan secara maksimal pada para pelaku bisnis lain terutama yang bergerak di bidang distribusi barang.

Pada skala yang lebih besar lagi bisnis pergudangan sering dihubungkan dengan kegiatan lain misalnya investasi untuk membangun kawasan industri. Di masa sekarang, banyak kawasan industri yang dibangun secara terpadu antara bangunan pabrik dan gudang penyimpanan hasil produksi.

Kawasan yang dianggap paling strategis untuk membangun atau menjalankan usaha jual beli gudang adalah pusat industri yang berdekatan dengan jalan tol. Tujuannya agar akses untuk mendistribusikan dan mengirim barang jadi lebih mudah dan cepat dilakukan serta tidak perlu biaya angkut atau pengiriman yang terlalu tinggi.

Bisnis pergudangan merupakan sebuah peluang usaha yang sangat prospektif karena semakin banyak investor dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Bahkan bisnis ini sudah dianggap sebagai bisnis properti paling menjanjikan nomor tiga setelah perumahan dan ruko. Selain itu jika dilihat dari nilai transaksinya, tentu jauh lebih besar dibanding keduanya.

Permasalahan utama yang paling sering dihadapi saat menjalankan bisnis pergudangan yaitu ketersediaan fasilitas infrastruktur seperti jalan dan pelabuhan udara atau laut. Kondisi inilah yang menyebabkan bisnis pergudangan lebih terpusat di pulau Jawa terutama di kota Jakarta dan Surabaya.

Meski demikian ada beberapa kawasan luar pulau Jawa yang sangat prospetif untuk dijadikan tempat membuka bisnis pergudangan. Misalnya pulau Batam yang berdekatan dengan negara Singapura. Selama ini negara tersebut dikenal sebagai pemilik pelabuhan terbesar dan paling ramai di kawasan Asia.

Demikianlah sekilas penjelasan tentang prospek bisnis pembangunan dan jual beli gudang di Indonesia. Semoga dapat menjadi referensi para pemilik modal untuk menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan, terutama di bidang properti.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.