Strategi Menjalankan Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

0
65
jual beli mobil

Saat ini makin banyak masyarakat yang lebih tertarik memakai mobil pribadi sebagai sarana transportasi untuk bepergian. Meski demikian ada sebagian yang tidak mempunyai dana yang cukup untuk membeli mobil baru. Fakta ini merupakan sebuah kesempatan menarik bagi para pelaku bisnis untuk membuka peluang usaha jual beli mobil bekas.

Syarat yang dibutuhkan

Bisnis jual beli mobil bekas memang membutuhkan modal yang sangat besar. Tetapi peluang ini punya prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Karena kebutuhan mobil semakin meningkat seiring dengan keinginan masyarakat yang ingin memperoleh tingkat kenyamanan lebih tinggi saat bepergian.

Selain modal, kebutuhan lain yang perlu disiapkan sebelum membuka usaha jual beli mobil bekas adalah pengetahuan yang berhubungan dengan dunia otomotif. Terutama sekali hal-hal yang terkait dengan mesin.

Pengetahuan untuk membedakan antara mobil bekas yang masih berkualitas merupakan ilmu yang mutlak harus dikuasai oleh pelaku bisnis yang ingin terjun di bisnis mobil bekas. Semua orang pasti tahu bahwa performa mobil bekas tidak semulus mobil baru. Tetapi jika memiliki kemampuan memilih mobil bekas yang bagus, tentu kendaraan tersebut dapat dijual dengan harga lebih tinggi.

Saat memilih dan membeli mobil bekas yang akan dijual lagi, mungkin bisa menyuruh orang lain untuk mengeceh apakah masih dalam kondisi prima atau tidak. Tetapi paling tidak harus dapat menilai, apakah mobil tersebut layak dijual kembali dan dapat mendatangkan laba yang lebih besar.

Syarat berikutnya yang harus dipenuhi untuk membuka bisnis jual beli mobil bekas adalah keahlian memperbaiki kerusakan pada mobil termasuk alat-alatnya. Biasanya mobil bekas itu memiliki beberapa kerusakan pada mesin dan bagian lainnya. Jika ingin mobil tersebut dapat dijual lagi dengan harga lebih tinggi, tentu kerusakan tersebut harus diperbaiki lebih dulu.

Usaha jual beli mobil bekas merupakan sebuah peluang usaha yang persaingannya tergolong sangat tinggi. Karena itu dibutuhkan mental kuat dan tahan banting agar mampu menghadapi persaingan tersebut. Jangan takut gagal dan selalu percaya diri saat mendapat masalah karena selama ada kemauan pasti ada jalan untuk menyelesaikannya.

Kemudian untuk urusan pemasaran saat ini banyak media online yang bisa digunakan sebagai alat promosi. Akan tetapi, transaksi jual beli mobil bekas biasanya justru lebih sering terjadi melalui jaringan atau network. Atas dasar inilah pebisnis harus mau masuk dalam komunitas-komunitas penggemar dunia otomotif dan bergaul dengan para pelaku bisnis jual beli mobil lainnya.

Meski hanya berupa mobil bekas saja tapi pada kenyataannya masih ada sebagian masyarakat yang tidak bisa membeli secara kontan. Karena itu ada baiknya menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan leasing. Sehingga bisnis tersebut dapat menjaring konsuman atau pembeli dalam jumlah yang lebih banyak.

Melakukan transaksi jual beli mobil bekas

Sebelum membeli mobil yang mau dijual lagi, hal paling utama yang perlu diperhatikan yaitu kelengkapan surat-suratnya. BPKB dan STNK harus ada dan jangan lupa mengecek keaslian kedua dokumen penting tersebut. Teliti pula masa pembayaran pajaknya karena hal ini punya pengaruh lumayan besar terhadap harga beli maupun harga jual kembali mobil tersebut.

Apabila semuanya sudah tidak ada masalah lagi, transaksi bisa dilakukan tetapi harus disertai dengan bukti pembayaran atau kuitansi bermaterai dan fotocopy kartu identitas penjual. Jika dirasa perlu, ketika transaksi dilakukan ada saksinya untuk berjaga-jaga jika suatu saat nanti muncul perselisihan yang berujung pada masalah hukum.

Hal seperti ini juga perlu dilakukan kepada pembeli ketika mobil tersebut mau dijual kembali. Dan yang tidak kalah penting, ceritakan kondisi mobil tersebut sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Misalnya jika ada onderdil yang perlu diganti atau cukup diperbaiki saja.

Usaha atau bisnis jual beli mobil second merupakan bisnis kepercayaan. Jadi penjual harus berkata jujur kepada pembeli. Jika pembeli merasa ditipu dan dicurangi, bukan tidak mungkin dia akan menceritakannya pada orang lain. Sehingga kedepannya tidak akan ada lagi pembeli atau konsumen yang percaya atas bisnis yang dijalankan tersebut.

Demikian beberapa tips dan strategi bisnis jual beli mobil bekas yang perlu diterapkan oleh para pelakunya. Semoga dapat menjadi dorongan bagi semua orang untuk terjun dalam bisnis ini secara tekun dan serius.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.