Prospek Bisnis Jual Beli Motor

1
44
jual beli motor

Tidak hanya yang kondisinya masih baru saja, bisnis jual beli motor bekas juga mempunyai prospek menarik untuk dijadikan sumber pendapatan. Banyak pebisnis yang tertarik terjun di usaha ini karena sangat menyadari banyak masyarakat yang lebih suka membeli motor bekas dibanding yang baru. Alasan paling utama, tentu saja harganya lebih murah dan ekonomis.

Apalagi mengingat bahwa motor sudah menjadi kebutuhan utama manusia baik yang tinggal di daerah perkotaan maupun pedesaan. Motor merupakan sarana transportasi yang tidak saja praktis namun juga irit. Merupakan sebuah fakta yang tidak bisa dibantah, sarana transportasi publik yang ada saat ini kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam bepergian.

Selain itu meski hampir setiap waktu muncul model motor yang baru tapi pangsa pasar motor bekas tetap ramai karena banyak peminatnya. Jadi dilihat dari kacamata bisnis, bisa memberi keuntungan yang lumayan besar. Terlebih lagi apabila ditekuni secara total dan serius. Selain itu masih ada beberapa faktor lain yang menjadikan bisnis ini bisa dikembangkan.

Jumlah penduduk yang terus meningkat jumlahnya

Apapun bidang bisnis yang dijalankan akan bisa berkembang dengan baik jika ada konsumen dan pembeli. Hal ini juga berlaku untuk bisnis jual beli motor bekas atau second. Pada saat ini jumlah penduduk di Indonesia terus meningkat dan masing-masing punya kebutuhan yang sama yaitu sarana transportasi untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Sarana transportasi dianggap paling praktis dan murah adalah motor. Sementara itu pada sisi yang lain banyak masyarakat yang tidak dapat membeli motor baru karena dana yang dimiliki sangat terbatas. Kondisi ini adalah sebuah peluang yang dapat dijadikan sebagai ladang usaha  untuk membuka usaha jual beli motor baru bekas.

Kualitas yang masih bagus

Meski hanya merupakan barang second saja tapi banyak motor bekas yang masih layak pakai. Terutama motor yang diproduksi oleh pabrikan terkenal seperti Honda, Yamaha, Suzuki atau Kawasaki dan sebagainya.

Hampir semua pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mampu menciptakan motor yang kuat, awet dan tangguh. Karena itu tidak mengherankan banyak pengguna motor yang memilihnya meski dalam kondisi yang tidak baru lagi. Motor seperti ini dapat dipakai tanpa menimbulkan masalah serius meski usia penggunaannya sudah mencapai lebih dari 5 tahun.

 

Harga yang lebih murah

Semua orang pasti tahu jika harga motor bekas pasti lebih murah dibanding dengan motor yang masih baru. Apalagi mengingat banyak sekali varian dan model baru yang selalu keluar dan diproduksi pabrikan. Sehingga harga motor bekas semakin menurun, lalu secara otomatis makin banyak yang memilihnya untuk dijadikan sarana transportasi.

Kondisi seperti inilah yang membuat usaha jual beli motor bekas sangat prospektif bahkan bisa dikembangkan sebagaimana bisnis jual beli motor baru. Asal kondisi mesin dan bodinya masih bagus dan selalu dirawat dengan baik oleh pemiliknya pasti motor bekas tersebut cepat laku dijual kembali.

Tidak suka kredit

Sebagian besar konsumen motor baru selalu menggunakan sistem kredit atau angsuran ketika membeli kendaraan roda dua tersebut. Sementara itu banyak pemakai motor yang tidak ingin pusing sebab harus memikirkan angsuran tiap bulan hingga beberapa tahun lamanya. Apalagi bunga kreditnya sangat besar mencapai sekitar 30% per tahun.

Maka alternatif yang dianggap paling baik oleh mereka untuk dipilih adalah membeli motor bekas atau second. Kondisi ini menjadi unsur selanjutnya yang membuat bisnis motor bekas tidak pernah sepi dari pembeli. Pasarnya selalu ramai karena banyak peminatnya.

Satu hal lagi yang membuat orang semakin tertarik memilih motor adalah proses transaksinya lebih sederhana dan tidak berbelit-belit. Terutama apabila membeli secara cash tidak melalui kredit. Jika menggunakan sistem kredit, harus disertai dengan beberapa persyaratan lain yang bagi sebagian orang dianggap sangat rumit dan memberatkan.

Mudah diganti

Alasan terakhir yang membuat bisnis jual beli motor bekas jadi prospektif adalah kendaraan ini mudah diganti dengan motor bekas lainnya jika merasa bosan. Bandingkan dengan motor baru yang dibeli secara kredit, pasti tidak mudah untuk dijual lagi apabila angsurannya belum lunas.

Jadi tidak ada salahnya membuka usaha jual beli motor bekas apabila masih merasa bingung memilih bidang bisnis yang sekiranya bisa mendatangkan keuntungan besar. Terutama untuk mereka yang paham dengan dunia otomotif dan seluk beluknya.

1 COMMENT

  1. Buat penyuka barang antik, mobil atau motor bekas adalah harta karun yang bisa dipamerkan ke komunitas mereka. 😀

    Jadi bagi pembeli selain efisien, barang antik tadi juga punya nilai histori sendiri. Sedangkan bagi penjual, mereka harus bisa mencari sisi menarik berupa histori dari barang yang dijualnya.. misal: bekas milik artis Internasional!

    Laku deh itu.. 😀

    Regards, Raafi
    Owner Plaza Bisnis

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.