Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jual Beli Ruko

0
72
jual beli ruko

Bisnis jual beli ruko merupakan sebuah peluang investasi di bidang properti yang kebutuhan modalnya termasuk besar. Namun dibanding dengan investasi bidang sejenis lainnya seperti sewa rumah, bisnis ruko mampu menjanjikan keuntungan yang jauh lebih besar. Hanya saja pada sisi yang lain, peluang usaha ini juga memiliki beberapa kelemahan.

Sekilas tentang ruko

Rumah toko yang sangat dikenal dengan istilah ruko merupakan deretan bangunan yang pada setiap bangunan biasanya terdiri dari 2 hingga 3 tingkat atau lantai. Biasanya lantai dasar dan lantai kedua dari ruko ini digunakan sebagai tempat untuk menjalankan usaha atau membuka kantor. Sedangkan lantai atas berfungsi menjadi tempat tinggal atau gudang.

Ruko merupakan suatu pilihan yang sangat bagus guna dijadikan peluang usaha. Apalagi jika lokasinya berada di kawasan yang sangat strategis dan ramai. Selain itu saat ini makin banyak orang yang lebih tertarik menjalankan bisnisnya di ruko baik dengan sistem sewa atau beli.

Kelebihan bisnis ruko

Dari dulu sampai sekarang bisnis jual beli ruko selalu memberikan laba besar karena jumlah permintaan pasar atas ruko sangat tinggi. Bahkan dari waktu ke waktu cenderung mengalami peningkatan. Terutama sekali di kawasan bisnis, hiburan dan perdagangan.

Di daerah-daerah tersebut, keberadaan ruko selalu menjelma menjadi semacam alat dukungan atas berbagai kegiatan ekonomi. Bahkan dapat dikatakan sebagai mesin penggerak utama atas pergerakan roda perekonomian di kawasan tersebut. Kondisi inilah yang membuat ruko selalu dicari oleh para pelaku bisnis.

Kelebihan lainnya, jika belum mendapat pembeli ruko dapat disewakan. Sehingga pemiliknya masih bisa memperoleh penghasilan atau pemasukan meski ruko miliknya belum laku dijual. Biasanya jangka waktu untuk menyewa ruko ini berkisar antara 2 hingga 3 tahun. Setelah itu jika belum laku juga bisa dikontrakan kembali pada penyewa lama atau penyewa baru.

Kelebihan ketiga dari bisnis jual beli ruko adalah tingkat capital rate-nya tergolong lumayan tinggi, sekitar 6 hingga 9%. Dibanding dengan investasi rumah sewa prosentase ini jauh lebih tinggi. Penyebabnya adalah, karena bangunan ruko memiliki lantai yang lebih luas dibanding luas tanahnya sendiri. Biasanya rumah tinggal hanya terdiri dari satu atau dua lantai saja.

 

Kekurangan bisnis ruko

Sebagaimana bidang usaha lainnya, bisnis ruko selain memiliki kelebihan juga ada beberapa kekurangannya. Kekurangan tersebut antara lain adalah sangat rentan dan sensitif jika terjadi krisis ekonomi. Apabila muncul suatu kondisi perekonomian yang memburuk, pasti sebagian besar pelaku usaha akan mengurangi kegiatan bisnisnya agar resiko kerugian bisa dikurangi.

Kondisi ini sangat berbeda dengan bisnis sewa rumah, yang bagi sebagian masyarakat sudah menjadi kebutuhan. Apalagi belum memiliki tempat tinggal sendiri. Jadi meski terjadi krisis, mereka tetap akan mencari rumah sewa. Sedangkan ruko merupakan sebuah kebutuhan bisnis yang sifatnya tidak mendesak.

Kelemahan lainnya, usaha jual beli ruko / Jual beli bangunan komersial ini memiliki tingkat ketergantungan yang sangat tinggi terhadap lokasi. Ruko akan diminati calon pembeli dan penyewa jika berada di kawasan yang tidak saja strategis namun mudah diakses dan ramai oleh pengunjung. Daerah seperti ini pada umumnya terletak di jalur lalu lintas atau jalan utama.

Terkait dengan masalah lokasi tersebut, sebenarnya hal ini bisa dihindari jika mampu mencari atau menemukan lokasi telah bekembang. Tapi tentu saja dibutuhkan modal yang lebih besar karena biasanya harga tanahnya juga sudah meroket tinggi. Terlebih lagi jika daerahnya telah ramai dan banyak orang berlalu lalang di sekitar kawasan tersebut.

Sementara itu, meski lokasinya masih sepi tapi jika berada di daerah yang strategis ruko tetap akan laku terjual. Namun hampir bisa dipastikan butuh waktu yang cukup lama bahkan dapat mencapai puluhan tahun.

Guna mengetahui apakah suatu lokasi yang mau digunakan untuk membangun ruku memiliki prospek yang baik, dapat menghubungi dinas tata kota pemerintah setempat. Melalui instansi tersebut bisa diketahui tentang perencanaan pembangunan dan pengembangan kota. Terutama dalam masa beberapa tahun atau beberapa puluh tahun kedepan.

Jadi kesimpulannya, bisnis jual beli ruko merupakan suatu sarana investasi jangka panjang. Sehingga ada kemungkinan labanya baru bisa didapat dalam jangka waktu yang lama. Meski demikian, nilai keuntungannya sangat besar dan menggiurkan jika sudah laku terjual.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.