Kamu Hendak Magang ? Ketahui Apa Itu Magang Yang Sesungguhnya

0
2264
magang adalah

Kata magang memang sudah familier di telinga. Apalagi bagi kamu mahasiswa tingkat akhir atau siapa saja yang hendak magang, sebaiknya ketahui dahulu magang adalah apa dan bagaimana system magang di Indonesia. Sehingga saat kamu magang, kamu bisa melaksanakan tugas dengan baik serta mengetahui hal hal apa saja yang menjadi hak dan kewajiban saat magang. apalagi kalau kamu mahasiswa atau siswa SMK yang harus magang untuk menyelesaikan masa studi, maka kamu harus memahami betul-betul. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasanya.

Definisi Magang

Sebelum menjelaskan banyak hal mengenai magang, sebaiknya perlu tahu pengertian magang terlebih dahulu. Magang di Indonesia diatur lho dalam undang undang. Magang diatur dalam undang undang no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Khususnya pada pasal 21 hingga 30. Lebih spesifik lagi peraturanya diatur dalam peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi tentang penyelenggaraan pemagangaan di dalam negeri. Dalam peraturan tersebut magang diartikan sebagai sebuah system pelatihan kerja yang diselenggarakan terpadu antara di tempat pelatihan atau bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang telah berpengalaman. Magang juga bisa kamu lakukan di luar negeri lho. Ada peraturan perundangan juga yang mengatur magang diluar negeri.

Perbedaan Magang Dan Pelatihan Kerja

Nah dari definisi magang diatas tentunya kamu agak bingung dengan perbedaan antara magang dan pelatihan kerja. Magang umumnya dilakukan oleh siswa SMK ataupun mahasiswa tingkat akhir sebagai sarat untuk menyelesaikan studi. Nah untuk pelatihan kerja sendiri biasanya dilakukan oleh para pekerja yang telah tanda tangan kontrak dengan sebuah perusahaan dalam rangka untuk mengembangkan dan mencapai kompetensi kerja mereka melakukan pelatihan kerja.

Pengertian magang adalah suatu bentuk syarat penyelesaian studi berlaku bagi mahasiswa. Lalu apa manfaat magang bagi mahasiswa ? bagi kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa perlu melakukan magang. Hal ini untuk mengaplikasikan ilmu selama di bangku kuliah dan mempelajari seluk beluk standar kerja yang professional. Pengalaman inilah yang akan menjadi bekal dalam menempuh jenjang karir seterusnya. Mahasiswa dengan magang juga akan mendapatkan wawasan dan ketrampilan yang bersifat praktik.

Oh ya sambil magang kalian juga bisa sambil coba menjadi freelancer di situs angpao.id

Manfaat magang bagi mahasiswa, universitas dan perusahaan

Magang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Diantaranya adalah memiliki pengalaman jaringan kerja dari hasil magang, memiliki informasi yang berkualitas yang berasal dari praktek kerja di lapangan, memiliki mentor karena bertemu dengan orang orang yang berkompeten dengan orang-orang yang professional pada bidangnya dari pengalaman tersebut, memiliki pelajaran berharga yang bisa dijadikan pengalaman dan bekal kerja pada jenjang karir selanjutnya. Selain itu magang memiliki manfaat tidak hanya bagi mahasiswa. Bagi kampus penyelenggara juga memiliki manfaat. Beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya program magang antara lain:

  1. Adanya hubungan kerjasama antara universitas dengan perusahaan tempat magang

2. Meningkatkan daya tawar lulusan

3. Kampus akan lebih terkenal di dunia industry

4. Membuka kerjasama untuk kedua pihak lembaga untuk program magang yang selanjutnya

Manfaat magang juga dapat dirasakan oleh pemilik perusahaan atau perusahaan itu sendiri. Berikut ini ada beberapa manfaat magang bagi perusahaan :

1. Memenuhi bantuan tenaga dari mahasiswa yang melakukan praktek

2. Menjalin kerjasama dengan baik untuk pihak universitas sehingga terjalin hubungan simbiosis mutualisme yang baik antara kampus dan perusahaan

3. Adanya audit perusahaan tanpa mengeluarkan biaya dengan adanya laporan magang yang diberikan pada perusahaan

Fasilitas Dan Hak Yang Wajib Diperoleh Ketika Magang

Saat magang perusahaan juga wajib untuk memberikan kontrak magang. Program magang sendiri dilakukan atas dasar adanya perjanjian tertulis yang disepakati bersama antara peserta magang dengan pihak perusahaan. Perjanjian ini harus diketahui dan disahkan oleh dinas setempat. Nah pada perjanjian magang ada beberapa hal yang harus tercantum dengan jelas. Perjanjian tersebut meliputi beberapa hal antara lain : hak dan kewajiban peserta magang, pembiayaan magang, jangka waktu, jenis dan program bidang kejuruan, dan jumlah peserta magang. Nah apabila dalam perjanjian tidak terdapat point point tersebut, kamu berhak untuk meminta surat perjanjian magang yang baru.

Setelah kamu tahu definisi magang adalah apa, bagaimana prosedurnya dan perbedaannya dengan pelatihan kerja, kini kamu harus tahu apa saja yang harus kamu dapatkan selama magang. Hak saat kamu magang ada beberapa hal, pertama, peserta magang akan mendapatkan sertifikat dari lembaga atau perusahaan bagi yang telah menyelesaikan program magang, kedua mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi kualifikasi kompetensi, mendapatkan perlindungan asuransi kesehatan dan kecelakaan yang ditanggung lembaga penerima magang, mendapatkan fasilitas keselamatan dan kesehatan selama praktek di perusahaan, mendapatkan uang saku dan transport sesuai dengan perjanjian peserta magang di lembaga penyelenggara magang atau perusahaan.

Nah hal-hal semacam in wajib kamu ketahui jika kamu berencana untuk magang. Selamat magang ya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.