6 Marketplace Indonesia Terbaik untuk yang Ingin Berjualan Online

0
2220
marketplace indonesia

Membahas tentang marketplace Indonesia tentu tidak bisa lepas dari pesatnya pertumbuhan e-commerce yang memiliki berbagai macam jenis, seperti dropshipper, reseller, supporting offline, dan sebagainya. E-commerce dengan jenis marketplace secara singkat dapat dijelaskan sebagai sebuah tempat belanja online atau daring, dimana website marketplace yang bersangkutan hanya sebagai penyedia space bagi si penjual yang ingin menawarkan dagangannya, sementara untuk proses transaksi, sistem pembayaran maupun pengiriman barang, ada yang sebagian marketplace ikut menangani, adapula yang sepenuhnya diurus oleh si penjual. Sehingga di dalam website marketplace, selain penjual perorangan terkadang dapat kita jumpai pula toko online yang ikut mempromosikan barang dagangannya.

Keberadaan marketplace memang sangat membantu para pengusaha pemula utamanya UMKM yang memiliki modal dan pengetahuan terbatas perihal bisnis online. Karena cukup dengan membuka account di website marketplace, mereka sudah dapat mempromosikan produknya, bahkan dengan tanpa mengeluarkan dana sepeserpun, kecuali jika ingin memperoleh pelayanan khusus dari website marketplace yang bersangkutan, seperti penempatan iklan produk di posisi strategis dalam website.

Mengingat semakin banyaknya marketplace Indonesia dan besar kemungkinan masih akan terus bertambah jumlahnya, maka memilih yang terbaik diantara yang baik menjadi perlu untuk dilakukan, jika waktu yang kita miliki terbatas. Berikut beberapa website marketplace terbaik yang ada di Indonesia, yang bisa kita jadikan sarana untuk mempromosikan produk.

Berikut adalah ke 6 marketplace yang ada di indonesia

marketplace indonesiasitus marketplace indonesia 2016http://job.angpao.id

  1. Angpao.id

Marketplace yang baru saja Bediri pada pertengahan Oktober 2016 ini boleh dikata masih baru berdiri untuk mengembangkan marketplace yang lebih luas,bukan hanya produk jasa saja yang bisa dijual disini,melainkan jual beli produk digital dari mulai ebook,template,script,dll kalian pun bisa menawarkan keahlian dibidang jasa dari mulai (jasa ketik, jasa translate,atau jasa lainnya) bukan hanya itu saja. di angpao.id pun menawarkan jual beli makanan jadi yang siap antar. marketplace ini cakupannya sangat luas sekali . Untuk dapat berpromosi di sini, para penjual tidak ditarik biaya sama sekali.

 

  1. Elevania

Meski baru berumur dua tahun, karena diluncurkan pertama kali pada bulan Maret 2014, Perusahaan dengan modal patungan antara XL Axiata dengan SK Planet dari Korea Selatan ini terbilang pemain yang sangat agresif sehingga pertumbuhannya cukup pesat. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah produk yang mencapai 2 juta jenis dan layanan order yang setiap harinya mencapai 8.000 order. Meski para penjual tidak dikenakan biaya untuk berjualan melalui website ini, namun untuk setiapproduk yang laku atau untuk setiap penjualan, Elevania menerapkan sistem komisi.

 

  1. Bukalapak

Marketplace Indonesia yang satu ini memiliki lebih dari 150.000 penjual dan jumlah tersebut masih akan terus bertambah, dengan produk aktif yang dijual sebanyak 1,5 juta produk. Menurut CEO Bukalapak, Achmad Zaky, proses transaksi yang dilakukan marketplace miliknya tersebut setiap harinya tidak kurang dari Rp.500 juta. Untuk dapat berjualan di website ini, para penjual tidak dikenai tarif. Sedang untuk proses pembayaran, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur pembayaran virtual yang tersedia di sini dengan nama bukadompet.

 

  1. Blanja

Berdiri sejak tahun 2013 dan resmi diluncurkan pada bulan Desember 2014, Blanja mengalami perkembangan yang cukup pesat, karena marketplace yang satu ini ditangani oleh tenaga-tenaga professional dari 2 perusahaan besar yang menjadi  pemilik modal, yakni eBay dan Telkom Indonesia. Pesatnya perkembangan Blanja bisa dilihat dari jumlah penjual yang di awal berdiri sejumlah 600 penjual, hanya dalam waktu singkat melonjak menjadi lebih dari 1 juta penjual.

 

  1. Cipika Store

Tidak mau kalah dari Telkomsel dan XL, Indosat pun ikut meramaikan marketplace Indonesia lewat website Cipika Store yang diluncurkan pada bulan Agustus 2014. Berbeda dengan marketplace yang lain, Cipika Store hanya khusus menjual produk-produk dalam negeri, seperti aneka kuliner, baju khas tradisinal, dan sebagainya. Meski dengan jenis produk yang lebih terbatas, namun website ini cukup menarik banyak perhatian, dengan mencatat jumlah pengunjung harian sebanyak 25.000 pengunjung.

 

6. Tokopedia

Marketplace yang berdiri pada awal tahun 2009 ini boleh dikata menjadi pemimpin pasar, karena didukung dengan modal yang besar berkat suntikan dana dari Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital sebesar USD 100 juta atau senilai Rp. 1,2 trilliun. Menurut CEO Tokopedia, William Tanujaya, saat ini Tokopedia memiliki ratusan ribu penjual dan jumlah tersebut terus bertambah setiap bulannya sebesar 30 persen. Sedang produk aktif yang dijual sebanyak 3,3 juta produk dan yang terjual setiap bulannya sekitar 2 juta produk. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.