Cara Mengenali Penjual Baju Online Penipu

0
267
Penjual Baju Online Penipu

Online marketing kini tengah menjadi primadona bagi para pebisnis untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Media online digunakan untuk meraih konsumen yang lebih luas dan menjadikan interaksi dua arah lebih mudah. Salah satu bisnis yang paling banyak dipromosikan melalui media online adalah bisnis baju online. Namun salah satu kelemahan dari media online ini adalah jaminan keamanan yang masih renggang. Banyak kasus di mana barang tidak sampai, barang yang sampai tidak sesuai dengan spesifikasi, atau respon dari penjual yang tidak cepat dan memuaskan. Kenali CiriKhas dari Penjual baju online penipu.

Untuk bisnis baju online misalnya, tidak hanya dalam pembelian saja terjadi penipuan. Para reseller yang salah memilih supplier seringkali mengalami kejadian yang merugikan. Untuk baju online, biasanya reseller diwajibkan membayar sejumlah uang terlebih dahulu untuk deposit, tetapi stok barang tidak diberikan atau bahkan kualitasnya jauh dari nilai deposit. Anda tentu tidak ingin mengalami hal yang sama, maka dari itu berikut adalah tips untuk mengenali penjual online yang berbuat curang.

Diskon terlalu menggiurkan

Siapa yang tidak tergoda dengan diskon besar-besaran? Jika ada penjual baju online yang menawarkan diskon besar atau harga yang terlalu murah untuk sebuah pakaian sebaiknya tidak perlu ditanggapi. Ini juga berlaku bagi Anda jika ingin menjadi reseller, modus penipu adalah meminta Anda untuk menyetorkan sejumlah uang yang relatif tidak banyak dengan iming-iming keuntungan yang besar. Penipu online akan menggunakan taktik ini untuk mendapatkan uang dari korban-korbannya namun barang yang dipesan tidak dikirimkan.

barang black market

Barang black market

Barang yang berstatus BM atau black market memang dijual dengan harga yang lebih murah dibanding harga resminya. Barang BM biasanya adalah barang yang diselundupkan tanpa dan melewati pemeriksaan bea cukai sehingga barangnya lebih murah. Pedagang online yang penipu biasanya akan mengaku kalau barangnya merupakan BM sehingga berani pasang harga murah. Semurah-murahnya harga BM, normalnya tidak sampai melebihi 50% dari harga barang resminya.

Transaksi hanya dilakukan secara online

Salah satu metode jual beli adalah COD alias cash on delivery. Metode ini dilakukan dengan si penjual mengantarkan barang ke tempat yang sudah Anda sepakati bersama kemudian Anda langsung membayarnya dengan uang tunai. Dengan demikian baik penjual maupun pembeli sama-sama melakukan transaksi yang aman. Tetapi ketika penjual baju online hanya menyediakan layanan transaksi secara online saja Anda patut curiga. Karena bisa saja ketika Anda sudah melakukan pembayaran, barang yang seharusnya segera dikirim tidak juga ditindaklanjuti.

Hanya menggunakan media gratis

Para penipu penjual baju online dan bisnis lainnya tentu tidak ingin rugi, kalau bisa tanpa mengeluarkan uang seperser pun. Penjual online yang jujur dan serius pasti menggunakan media promosi yang juga meyakinkan untuk meraih kepercayaan konsumen. Jika penjual hanya menggunakan media yang gratis seperti BBM, WhatsApp, atau media sosial yang gratis maka kredibilitasnya bisa diragukan. Penjual yang bisa dipercaya akan berani berinvestasi dan mengeluarkan modal untuk membuat situs sendiri dan dikelola dengan baik yang tidak hanya fokus untuk menjual barang tetapi juga memberikan informasi yang benar.

testimonial olshop

Testimoni berlebihan

Banyak penjual baju online atau supplier yang mencantumkan banyak testimoni dari “konsumen”  sebelumnya untuk meyakinkan konsumen yang lain. Jika Anda perhatikan dan bandingkan dengan penjual-penjual lainnya yang sudah pasti terpercaya, testimoni pada penjual palsu cenderung dilebih-lebihkan dan tidak natural. Umumnya mereka menggunakan screen-capture dari BBM atau pesan singkat lainnya yang berisi tulisan mengenai kepuasan mereka terhadap suatu produk. Testimoni seperti sangat mudah dibuat dengan menggunakan software komputer dan belum tentu bisa dipercaya.

Setelah mengetahui modus-modus yang digunakan penipu online, kini giliran Anda bersikap waspada dalam membeli barang secara online. Terutama untuk Anda yang ingin menjadi reseller dari sebuah produk, karena potensi kerugiannya lebih besar dibanding pembeli eceran. Beberapa hal yang bisa Anda cermati atau lakukan untuk menghindari penipuan toko baju online adalah sebagai berikut.

Buat rekening bersama

Jika Anda ingin menjadi reseller, maka nantinya akan ada jalinan mitra kerjasama untuk bisnis. Maka dari itu penjual yang profesional tidak akan keberatan atau menolak terang-terangan apabila Anda mengajukan untuk membuat rekening bersama / jika anda meminta pembayaran dilakukan via Baffaro (penjual posting barang dagangannya di web baffaro,kemudian si pembeli dapat langsung transaksi secara aman,karena pembayaran ditujukan ke rek Baffaro, penjual baru mendapatkan bayaran setelah barang diterima oleh pembeli dalam keadaan baik dan memuaskan).

Rekening bersama ini fungsinya adalah sebagai media transaksi sebelum masuk ke rekening masing-masing. Dengan memiliki rekening bersama maka Anda juga memegang kekuasaan atas nomor rekening dan pin sehingga penjual atau supplier tidak bisa seenaknya melarikan setoran uang.

Pastikan alamat toko

Pastikan supplier atau penjual memiliki alamat toko yang jelas dan tidak fiktif. Jika memang tidak punya toko offline, setidaknya ia mencantumkan alamat rumahnya atau tempat penyimpanan barangnya. Jika memungkinkan Anda bisa berkunjung langsung ke alamat tersebut sehingga transaksi lebih aman dan jelas. Jika hanya mengandalkan kontak dan transaksi melalui online, resikonya terlalu besar untuk terjadi penipuan.

Cek harga di pasar

Barang sejenis atau bahkan sama merknya meski di jual di tempat yang berbeda umumnya harga tidak akan berbeda jauh. Selisih harga biasanya hanya karena situs tertentu memberikan diskon dalam periode terbatas atau syarat minimal jumlah pembelian, tetapi tetap tidak jauh dari harga aslinya. Maka dari itu sebelum Anda membeli barang dari sebuah toko baju online, lakukan riset kecil terlebih dulu dengan melihat harga barang di situs yang berbeda. Toko yang memberikan diskon berlebihan tanpa ada syarat tertentu tidak bisa Anda percaya, lebih baik membeli barang dengan harga pasaran tetapi aman daripada Anda buntung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.