7 Langkah Menyusun Perencanaan Bisnis yang Tepat

0
30351
menyusun perencanaan bisnis

Ada beberapa pebisnis yang melewatkan membuat perencanaan bisnis atau business plan dalam memulai usahanya. Mereka beranggapan hal tersebut bukanlah syarat wajib dalam berwirausaha. Tapi faktanya, sejumlah pakar dan ahli ekonomi menyebutkan bahwa rencana bisnis itu vital untuk pengembangan usaha. Adanya perencanaan bisnis yang tepat mampu mendorong keberhasilan suatu usaha.

Perencanaan bisnis umumnya berbentuk dokumen tertulis yang berisi informasi detail terkait usaha Anda. Mulai dari visi, misi, tujuan, strategi, kelebihan, kelemahan, segmentasi dan sebagainya. Jika Anda bisa menyusunnya dengan tepat dan ideal juga jadi poin plus dalam mendapatkan investor potensial.

Nah, sebagai panduan Anda menyusun rencana bisnis, berikut akan dijelaskan 7 langkah tepat dan idealnya. Setiap langkah sangat penting dan saling terkait satu dengan lainnya. Anda bisa menerapkannya sebelum memulai bisnis usaha di bidang yang diinginkan.

Rencana yang akan dijabarkan merupakan model paling sederhana. Jadi Anda bisa mengembangkannya sesuai kebutuhan, keinginan dan konsep bisnis masing-masing. Buatlah perencanaan bisnis yang fleksibel agar memudahkan untuk Anda juga investor dalam mengembangkan usaha.

perencanaan bisnis

1. Deskripsikan Bisnis secara Singkat, Detail dan Jelas

Langkah pertama menyusun perencanaan bisnis ialah menggambarkan bidang usaha yang akan dijalankan. Buat daftar yang singkat, detail dan jelas tentang produk/ jasa yang akan Anda lakukan. Termasuk potensi usaha tersebut saat ini dan di masa mendatang.

Sertakan juga peluang pasar, manfaat untuk konsumen, tempat produksi dan memasarkan, kendala serta tantangan. Langkah ini untuk memudahkan Anda menyelesaikan masalah dan urusan yang perlu di atasi sebelum memasarkan produk/ jasa.

2. Lakukan Analisa Pasar

Anda perlu memahami seluruh aspek yang memiliki kaitan erat dengan pasar. Hal ini sangat berguna untuk menentukan target pembeli dan target penjualan dalam perencanaan bisnis. Buatlah analisa pasar yang berisi informasi detail tentang kebutuhan konsumen, cara bisnis Anda bertemu pasar, mengiklankan, penyaluran bisnis ke konsumen hingga besaran dana yang akan dikeluarkan.

3. Analisa Pesaing

Jangan lupa untuk mengenal lebih dalam pesaing bisnis Anda di pasar yang sama. Lakukan analisa dan ketahui apa kekuatan serta kelemahan dari produk/ jasa yang dimiliki pesaing. Dari kekuatan pesaing, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang unik dan berbeda. Gunakanlah strategi yang tidak mudah ditiru dan menghadang mereka memasuki jalan Anda.

Sementara dari kelemahan, bisa jadi tolak ukur membuat produk/ jasa yang lebih baik dari pesaing. Satu hal yang pasti, tetaplah jujur dan bertindak realistis pada pihak yang menjadi sumber dana bisnis Anda

4. Gambarkan Desain dan Pengembangan

Menyusun perencanaan bisnis juga perlu membuat gambaran desain dan pegembangan. Hal ini bisa menunjukkan tahap perencanaan dan grafik pengembangan dalam onteks penjualan dan produksi. Gambaran ini juga sangat bermanfaat untuk membuat rencana anggaran sesuai kebutuhan.

5. Gambarkan Operasional dan Manajemen

Untuk langkah yang ini fungsinya ialah untuk keberlanjutan bisnis Anda. Gambaran rencana operasional dan manajemen berfokus pada logistik. Seperti pembagian tugas dan tanggung jawab tim manajemen, prosedur penugasan, pengeluaran operasional dan anggaran yang dibutuhkan.

Anda juga perlu menonjolkan pengalaman tim manajemen untuk membangun hubungan dengan investor. Para investor tentu ingin tahu kemampuan dna kekuatan tim dalam memulai usaha dan mengembangkannya.

perencanaan bisnis usaha6. Faktor Pembiayaan

Faktor terkait pembiayaan jadi salah satu poin penting dalam perencanaan bisnis. Buat informasi keuangan yang cermat dan rinci terkait sumber serta pengelolaan anggaran. Anda wajib membuat informasi keuangan dari awal usaha hingga masa depan. Termasuk laporan keuangan, kas tahunan dan pencapaian yang diinginkan terkait keuangan.

7. Ringkasan Bisnis

Langkah terakhir ialah ringkasan yang berisi kesimpulan dari perencanaan bisnis Anda. Agar berjalan dengan lancar, Anda bisa mencantumkan jadwal waktu pada tiap langkah di atas. Membuat perkiraan waktu sangat efektif mendukung hal penting dalam aktifitas memulai usaha.

Untuk investor, susunlah perencanaan bisnis Anda dengan baik dan tepat agar nyaman dibaca dan mudah dipahami. Bagian ringkasan biasanya cukup dalam 1 atau 2 halaman saja.

Pada hakekatnya rencana bisnis disusun untuk jadi kerangka acuan operasional bisnis dan mendorong rencana masa depan secara efisien. Rencana bisnis juga bisa jadi jalan dalam menyusun strategi jitu mencapai tujuan yang diharapkan. Namun penyusunan juga harus dikaji agar penerapannya berjalan dengan baik.

Ada prosedur standar untuk merealisasikan perencanaan bisnis. Di antaranya pembangkitan gagasan, pengembangan, penyaringan, strategi, analisa, pengujian dan komersialisasi. Untuk mengkajinya ada tiga aspek penting yang perlu dipahami. Yakni aspek ekonomis, teknis dan masa depan bisnis. Jadi, susun dan kembangkan perencanaan bisnis Anda dengan mempertimbangkan langkah di atas dan aspek penting yang perlu ada. Penerapannya akan sangat berguna untuk memudahkan Anda menjalankan bisnis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.