OLX Indonesia – Cara Tepat Jual Cepat

0
858
olx indonesia

OLX merupakan sebuah situs yang iklan di Indonesia yang berfokus di penjualan dan pembelian barang dan jasa secara daring. Makna daring adalah suatu keadaan dimana komputer yang telah terhubung dapat saling bertukar informasi. OLX dapat diakses melalui internet komputer ataupun aplikasi yang terdapat pada handphone. OLX pertama kali didirikan pada Maret 2006 oleh pebisnis yang bernama Fabrice Grinda dan Alex Oxenford yang sekarang kepemilikannya dipeganng oleh Global Media dan perusahaan digital Naspers.

Tentang OLX Indonesia

OLX pada mulanya bernama Tokobagus.com yang merupakan situs terbesar di Indonesia. OLX merupakan media yang membantu mempertemukan penjual dan pembeli sebuah barang atau jasa. OLX tidak hanya menjual barang baru, namun juga menjual barang bekas untuk keperluan sehari-hari. Produk dan jasa yang ditawarkan juga sangat beragam seperti penjualan handphone, mobil, sepeda motor, perlengkapan rumah tangga, hingga rumah dan properti. OLX juga menyediakan jasa mencari lowongan pekerjaan dan pelayanan lainnya.

OLX telah meraih banyak penghargaan sejak pertama kali berdiri. Beberapa penghargaan yang diraih OLX antara lain Gold Brand Champion 2013 Most Widely Used Brand dari majalah Marketeers dan MarkPlus Insight, Digital Marketing Award 2012 dari majalah Marketing dan lembaga survei independen SurveyOne, Situs e-commerce terbaik dengan kategori online shopping Top Brand Award 2012 dari majalah Marketing dan Frontier Consulting Group, Situs e-commerce terbaik (The Great Performing Website) dengan kategori Communication.

Alasan OLX Mengganti Nama

Tokobagus yang merupakan nama awal dari OLX didirikan oleh Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker yang berasal dari Belanda. Ide ini muncul di benak mereka saat Arnold sedang berlibur di Pulau Bali. Terinspirasi dari perkembangan pesat situs e-commerce di luar negeri seperti Amazon.com, mereka mempunyai ide untuk membuat situs e-commerce di Indonesia. Keyakinan  mereka semakin bertambah setelah melihat geografis Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan dan memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak.

  1. Tokobagus pada mulanya dibangun di Denpasar, Bali yang kemudian berpindah ke Jakarta pada tahun 2010. Hingga tahun 2013, Tokobagus telah memiliki lebih dari 1 miliar pageviews dan menargetikan diri untuk masuk ke dalam top five situs iklan baris terbesar di dunia. Pada tahun 2014 tepatnya tanggal 20 Mei, nama Tokobagus diubah menjadi nama yang lebih global yaitu OLX. Ketika anda ingin mengakses URL Tokobagus akan muncul sebuah pemberitahuan di layar yang menjelaskan kepada pengguna bahwa nama Tokobagus.com telah berubah menjadi OLX Indonesia dengan alamat URL yang baru yaitu olx.co.id. Tidak ada perubahan di dalam sistem dan semua aspek dalalm situs, yang berubah hanya nama, logo beserta URL yang tercantum. Misi dari Tokobagus.com juga tidak diubah yang menjadikan misi OLX juga tetap “cara tepat jual cepat”. Dapat disimpulkan bahwa, penggantian nama Tokobagus.com menjadi OLX Indonesia adalah untuk memperkuat branding situs OLX secara internasional dan global sehingga dapat menggapai pasar yang lebih luas. Hal ini juga dikarenakan grup Naspers yang merupakan grup media besar assal Afrika Selatan ini ingin mengkonsolidasi beraneka brand situs iklan baris kepunyaannya di berbagai negara,

Keunggulan dan Kekurangan OLX.co.id

Kemunculan OLX Indonesia tentunya memiliki dampak positif dan negatif di masyarakat. Beberapa keunggulan yang dimiliki dan ditawarkan oleh OLX Indonesia seperti OLX Indonesia tidak hanya menjual barang baru namun juga menjual barang bekas. Hal ini tentunya sangat membantu anda yang ingini membeli barang tersebut namun dengan harga yang lebih murah, anda dapat mencoba melihat barang bekas yang dijual. Selain itu, ketika anda ingin mengganti barang anda dengan yang baru, anda juga dapat menjual barang bekas anda di OLX Indonesia.

Keunggulan lain yang dimiliki OLX Indonesia adalah anda dapat langsung menghubungi orang yang ingin menjual produk atau jasa tanpa registrasi terlebih dahulu. Situs ini juga menyediakan bagian yang menjelaskan secara detail mengenai produk yang dijual seperti tipe barang, merk, harga tertinggi dan terendah dan berbagai info produk lainnya.

Demi kenyamanan dan kemudahan berbelanja, OLX Indonesia juga menyediaka program aplikasi yang bisa anda unduh dari gadget anda. OLX Indonesia menyediakan jenis aplikasi yang bisa diunduh apabila anda pengguna Android dan juga menyediakan versi Mobile. Pihak OLX Indonesia tidak mengenakan biaya pemasangan iklan di situsnya, namun apabila anda menginginkan promosi tambahan pada iklan yang dipasang. Biaya yang dikenakan tidak bersifat kewajiban melainkan hanya anjuran dan saran dari pihak OLX Indonesia.  Namun, karena sifatnya yang sangat terbuka dan gratis untuk publik, tentunya potensi untuk terjadinya penipuan juga relatif besar. Anda harus cermat dan hati-hati dalam berbelanja agar tidak tertipu. Di bawah akan dijelaskan tips untuk berbelanja di OLX Indonesia.

Tips Bertransaksi di OLX Indonesia

Berikut beberapa tips agar anda aman bertransaksi di OLX Indonesia.

  1. Teliti Kejanggalan yang Ada. Anda sangat disarankan untuk mengamati setiap kejanggalan yang mungkin muncul pada produk atau jasa yang ingin anda beli. Jika anda menemukan kejanggalan yang aneh, sebaiknya anda tidak bertransaksi.
  2. Pilihlah penjual yang mengisi data lengkap seperti alamat yang juga telah diverifikasi oleh pihak OLX Indonesia agar terhindar dari para penjual yang berniat menipu dan menggunakan alamat palsu.
  3. Anda juga dapat melakukan riset yang sederhana terhadap barang yang hendak anda beli. Amati penjelasan mengenai produk yang dipaparkan oleh penjual serta perhatikan juga apakah hasil foto yang dipajang merupakan hasil foto sendiri atau bukan. Akan lebih baik jika foto yang anda lihat merupakan hasil jepretan sendiri. Setelah itu, tanyakan informasi detail mengenai produk serta alamat dari penjual. Apabila alamatnya tidak jauh dan masih dapat dijangkau, anda disarankan untuk berkunjung langsung ke tokonya dan jangan lupa untuk membawa teman dan jangan sendirian. Salah satu kasus yang harus anda curigai misalnya  penjual yang menjual barang-barang digital yang memiliki standar harga dengan harga yang jauh lebih murah.
  4. Pilihlah cara pembayaran yang menurut anda paling aman. Periksa dengan seksama apabila penjual menggunakan nomor luar negeri untuk menghubungi anda dan meminta pembayaran melalui Moneygram dan sejenisnya. Apabila anda masih belum yakin dan masih merasa ragu, anda disarankan untuk langsung menghubungi tim support OLX Indonesia.

Situs Lain seperti olx indonesia dapat anda kunjungi langsung di http://angpao.id/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.