Pedoman pada penggunaan kain Sablon

0
76
penggunaan kain Sablon

Penggunaan kain Sablon sangat erat hubungannya dengan penggunaan bahan cetak serta proses pengalihan tinta ke atas bahan cetak. Berikut ini ada beberapa pedoman yang dapat dipergunakan pada teknik cetak yang ditentukan berdasarkan nomor nomor yang ada pada screen diantaranya?

55T                :  dipergunakan untuk percetakan diatas bahan handuk dan karung

62T                :  pencetakan dengan floating pasta atau cetak timbul di atas bahan tekstil khususnya kaos

77T                :  untuk pencetakan diatas bahan tekstil atau seperti kaos, atau handuk

90T                : pencetakan diatas kain, bagde, dan pencetakan motif halus atau gambar seni dengan pasta timbul

120T             : pencetakan menggunakan tinta brons emas diatas bahan karton, seng , kayu, kulit , imitasi dan kertas.

150T             : pencetakan kertas dengan motif blok, imitasi , mika , dan stiker

165T             : untuk mencetak di atas bahan kertas dan plastic

180s              : untuk cetak plastic dan kertas halus

200s              : dipergunakan untuk proses pencetakan model nada lengkap atau halftone

Penggunaan nomor screen harus di seimbangkan dengan penggunaan bahan cetak tinta cetak kehalusan pori pori screen serta jalinan benar percentimeter semakin besar ada pada screen maka akan semakin kecil pori pori yang ada pada screen dan semakin tipis lapisan film tinta yang akan dialihkan ke atas bahan cetak. Dan sebaliknya bila semakin kecil nomor screen maka akan semakin besar pori pori screen serta semakin tebal lapisan film tinta yang dialihkan keatas bahan cetak. Dan sebaliknya bila semakin kecil nomor screen maka akan semakin besar pori pori screen serta semakin tebal lapisan film tinta yang dialihkan.

Rakel

Rakel atau squeegee setelah sebelumnya membahas kain saring dan film sablon kita lanjut kea lat yang digunakan untuk menyapu tinta yang akan dicetak ke objek sablon ini, benda yang satu ini terbuat dari karet lebih tepatnya polyurethane meskipun namanya aneh fungsi rakel ini sangat penting dalam menyablon yaitu untuk menyapu tinta dalam screen sehingga jatuh ke permukaan media yang ingin dicetak

Terdiri dari gagang handle dan karet rakel (squeegee) sama seperti screen gagangnya bias membuat kayu atau alumunium. Untuk kaertnya tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk tepinya blade ada yang bejung lancip ada yang bulat ada yang kotak dan sebagainya.

Baca juga Jenis Jenis Sablon

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.