Ini Dia Lahan Promosi UKM Yang Wajib di Coba

0
134
Promosi UKM

Promosi UKM memang sedang digalakan oleh banyak pihak belakangan ini. Dalam suatu bidang usaha, promosi adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa pada masyarakat secara laus. Saluran promosi sendiri disebut memiliki peran yang vital untuk meningkatkan skala penjualan sebuah produk, dan memberikan keuntungan pada produsen. Karena itu yang namanya promosi memang harus selalu ada dalam setiap bidang bisnis apapun baik kecil, menengah ataupun besar, bahkan juga UKM-UKM yang kini mulai tumbuh subur di indonesia.

Promosi UKM juga terbilang penting untuk memperkenalkan aneka produk dari para pengusaha kecil dan menengah yang ada di Indonesia. Sebagaimana kita tahu, beberapa tahun terakhir ini serbuan aneka barang import dari luar negri tengah memenuhi pasaran di Indonesia. Harga barang yang murah, model dan bagus dan juga promosi yang gencar membuat barang-barang import ini dengan suskes mengeser barang lokal produksi dalam negri. Karena itulah UKM hadir untuk menyeimbangkan hal ini. Namun jika tak diselingi dengan promosi yang baik dan terarah, konsumen yang selama ini akrab dengan barang-barang import akan kesulitan mengenali barang negri sendiri produksi UKM-UKM ini.

Beberapa Lahan Promosi UKM Yang layak Dicoba

Promosi UKM sendiri memang tengah gencar digalakan oleh pemerintah. Pihak terkait melalui kementrian perindustrian dan juga perdagangan, kerap melakukan promosi melalui pameran-pameran yang tak hanya di helat di dalam negri tapi juga luar negri. Tujuanya cuma satu yakni memperkenalkan barang-barang berkualiats produksi dalam negri dari para penggiat UKM yang kreatif ini.

Meski pemerintah giat melakukan prmosi, bukan berarti para penggiat usaha UKM ini kemudia berdiam diri. Mereka pun harus melakukan promosi tersendiri untuk memperkenalkan barang-barang produksi mereka secara luas. Namun acapkali promosi ini menemui kendala di bidang modal yang dimiliki oleh para pengusaha UKM ini. Mereka mengeluhkan keterbatasan dana yang besar untuk melakukan prmosi UKM dan juga produk unggulan usaha mereka.

Namun jangan kahwatir, kini banyak bank dan kembaga keungan yang siap menawarkan bantuan dana yang bisa dipakai untuk membiayai proses promosi. Akan tetapi jika Anda jeli melihat peluang dan juga kreatif, kini banyak dijumpai sarana promosi UKM gratis yang bisa dipergunakan. Diantaranya adalah:

  • Melalui media sosial. Media sosial menjadi salah satu lahan promosi UKM gratis yang bisa dipergunakan oleh Anda. Lihatlah jumlah pengguna media sosial di Indonesia yang banyak sekali ini. Media sosial meliputi Instagram, Facebook, Twitter dan juga Path menjadi lahan promosi gratis untuk aneka barang dan jasa yang Anda sediakan. Bahkan kini tak sedikit UKM yang mengendorse artis untuk mempromosikan barang produksi mereka. Ada artis yang meminta dibayar, namun tak sedikit yang rela melakukanya secara gratis demi mendukung berkembangnya binis UKM di Indoensia.
  • Tergabung dalam situs e-commerce. Anda juga bisa melakukan promosi secara gratis dengan cara bergabung dalam situs e-commerce yang kini sedang marak di Indonesia. Baffaro, Olx yang dulunya adalah Toko Bagus dan FJB Kaskus bisa jadi tempat yang lumayan ampuh untuk melakukan promosi.
  • Optimalisasi blog. Selain itu membuat online shop juga bisa jadi ajang promosi yang bagus untuk para UKM ini. Namun agar proses promosi berlangsung dengan efektif, maka perlu melakukan optimalisasi blog agar online shop Anda selalu keluar di halaman awal mesin pencari Google.
  • Sebarkan flyer. Menyebarkan flyer juga jadi sarana promosi yang ampuh meskipun Anda harus mengeluartkan sedikit uang untuk mencetak flayer ini. Namun bila Anda punya mesin print sendiri dan cukup kreatif membuat desain, biaya untuk mebuat flyer promosi UKM ini tentu bisa dengan mudah ditekan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.