Cara Mudah Mencari Resep Masakan Indonesia

0
273
Resep Masakan Indonesia

Berbicara masalah kuliner, ternyata resep masakan Indonesia banyak dicari para chef dan pecinta kuliner di dunia, karena kelezatannya yang tiada tara. Pada tahun 2011, CNN Internasional pernah merilis 50 hidangan terlezat dunia (World’s 50 Most Delicious Foods), dan menempatkan Rendang, di urutan pertama. Begitu juga saat CNNGO melakukan survey online terhadap 35 ribu orang dari seluruh dunia, kembali menempatkan rendang sebagai hidangan terlezat, disusul dengan nasi goreng.

Bagi mereka yang pernah merasakan lezatnya rendang, tentu akan penasaran, seperti apa sebenarnya resep masakan tradisional masyarakat Minangkabau ini. Ternyata, memasak rendang tidak sesulit yang dibayangkan.

Pertama, sudah barang tentu menyiapkan bahan-bahannya, yaitu: daging sapi 500 gram,  kentang yang telah dibersihkan kulitnya dan dicuci serta dibelah, santan 1 ½ liter, sereh geprek 2 batang, lengkuas geprek 2 ruas, daun kunyit 2 lembar, daun jeruk disobek-sobek 5 lembar, daun salam disobek-sobek 3 lembar, kayu manis 5 cm, cengkeh 5 buah, bawang putih 7 siung, dan bawang merah 10 siung.

 

Selain itu siapkan pula bumbu halus berupa: cabe merah keriting 5 buah, ketumbar 1 sendok teh, pala ¼ buah, kemiri 3 biji, jinten 1 sendok teh, kunyit 2 ruas, ditambah gula dan garam secukupnya.

 

Cara memasaknya, tumis bumbu halus hingga menebarkan aroma wangi, tambahkan daun salam, sereh, daun jeruk dan lengkuas, serta masukkan santan setengah bagian. Begitu santan mendidih, masukkan daging sapi, disusul dengan cengkeh dan kayu manis. Masak daging tersebut hingga empuk, tambahkan sisa santan, dan cicipi hingga rasanya sesuai dengan selera. Tunggu  hingga daging benar-benar empuk dan kuah menyusut, baru kentang dimasukkan. Biarkan hingga sekitar 3 jam, sampai santan mengering dan mengeluarkan minyak. Setelah itu, rendang yang lezat siap untuk disajikan.

 

Masih penasaran dengan resep masakan Indonesia lainnya yang memiliki cita rasa istimewah? Tidak perlu bingung, karena untuk memperoleh berbagai macam resep tersebut kita bisa memperolehnya dengan sangat mudah.

 

  1. Buku Resep

Di toko-toko buku, juga di beberapa lapak penjual Koran dan majalah, biasanya dijual buku-buku kumpulan resep masakan.  Berbagai macam resep masakan terkumpul dalam buku ini, dan meskipun sama-sama buku kumpulan resep masakan, namun terbagi menjadi berbagai jenis, mulai dari resep masakan nusantara,  masakan Eropa, kumpulan resep sea food, menu diet, resep masakan vegetarian , dan sebagainya. Satu jenis resep masakan pun terkadang juga terbagi menjadi beberapa buku, sehingga jika sejak awal kita ingin mencari resep masakan tertentu, maka kita harus memeriksa satu persatu isi dari masing-masing buku. Untuk mempermudah dan mempercepat pencarian, caranya mudah, pilih jenis buku kumpulan resep dengan kategori yang sesuai dengan resep yang kita cari, kemudian buka daftar isi, dan baca nama-nama menu yang tertulis pada daftar isi tersebut.

 

  1. Majalah dan Tabloid Wanita

Resep masakan juga dapat ditemui di hampir semua majalah dan tabloid wanita, seperti Majalah Femina, Kartini, Jelita, Tabloid Nova, Wanita Indonesia, Nyata, Bintang, Nakita atau majalah dan tabloid yang khusus berisi resep-resep masakan, seperti Majalah Sedap, Tabloid Saji, dan Food & Resto. Untuk resep-resep masakan yang  dimuat di tabloid dan majalah, tidak bisa ditentukan setiap edisinya, sehingga tidak spesifik. Namun pada umumnya, resep-resep yang ditampilkan adalah resep-resep yang sedang trend atau resep terkini, atau menyesuaikan dengan siutuasi, seperti di saat mendekati lebaran yang banyak dimuat adalah resep-resep kue.

 

  1. Situs Internet

Resep masakan Indonesia juga banyak bertebaan di situs-situs internet, seperti: resepcaramemasak.info, food.web.id, resepmasakanku.com, sukamasak.net, resepkita.com, sajiansedap.com, resepmasakanlengkap.com, griyakuliner.com, serta masih banyak lagi yang lain. Seperti halnya majalah dan tabloid wanita, mayoritas dari situs-situs internet tersebut hadir dengan berbagai jenis resep tanpa dibatasi dengan spesifikasi tertentu, sehingga terdapat berbagai macam kategori yang dibagi ke dalam kolom/rubrikasi/fitur yang memilah jenis masakan berdasarkan kategori. Untuk mempermudah pencarian jenis menu masakan tertentu, tinggal meng-klik kategori yang tersedia dan menelusuri menu yang kita cari, atau jika  ingin pencarian lebih spesifik, tinggal menuliskan jenis resep yang dicari di kolom search yang biasanya terdapat di sudut kanan atas situs.

 

  1. Aplikasi Android

Saat ini cukup banyak  aplikasi android yang mengupas seputar kuliner, lebih khusus menyajikan berbagai menu masakan, seperti: aplikasi Resep Masakan Sederhana, Buku Resep Masakan Indonesia, Resep Masakan Sayur, Kumpulan Resep Masakan Indonesia, Resep Masakan Indonesia, dan beberapa jenis apk yang lain. Cukup dengan mengunduh dan menginstalnya di smartphone, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai panduan saat mencoba resep masakan tertentu. Seperti halnya buku resep, smartphone dapat dibawa ke dapur dan dibaca ulang jika ada yang terlupa. Menariknya beberapa aplikasi juga menyediakan fitur video praktek memasak, sehingga sangat membantu para pemula yang baru belajar memasak. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang dapat diundah dengan gratis, ada pula yang berbayar. (*)

Nah jika kalian sudah Jago memasak.Kalian bisa mulai coba tawarkan Hasil Masakan kalian di situs Jual Beli makanan jadi

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.