Tips Memilih Situs Jual Beli Online Terpercaya

0
117
Situs Jual Beli Online

Situs jual beli online terpercaya merupakan situs yang menjual produk ataupun jasa dengan kualitas yang bisa dipercaya oleh para konsumen. Dengan perkembangan jaman serta teknologi yang semakin meningkat, banyak toko online yang mengambil kesempatan ini untuk melakukan penipuan terhadap para konsumen. Sesuai dengan data dari Frost and Sullivan yang merupakan sebuah biro riset, Indonesia masuk dalam kategori salah satu negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce yang pesat dengan kenaikan tujuh belas persen per tahunnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan jual beli online di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini juga berarti bahwa terjadinya jumlah situs yang beredar di Indonesia.

Sebagai calon pembeli atau konsumen, anda harus jeli dalam berbelanja di situs jual beli online yang tersedia sehingga anda mendapatkan hasil yang memuaskan serta tidak menjadi korban penipuan. Berikut di bawah ini terdapat beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk memlilih situs jual beli online terpercaya.

Tidak dalam Daftar Blacklist

Dikarenakan terlalu banyak situs jual belil online yang kerap melakukan penipuan, maka sekarang ini banyak forum yang berusaha memberikan informasi mengenai penjual toko online yang memiliki massalah atau melakukan penipuan. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi orang lain yang mengalami penipuan tersebut. Sebagai calon konsumen, anda dapat mengunjungi forum-forum seperti ini untuk mengecek calon supplier atau penjual yang barang atau jasanya ingin anda beli.

Riwayat dan Profil Berjualan

Pastikan anda memeriksa terlebih dahulu riwayat, histori serta profil dari penjual. Periksalah terlebih dahulu situs jual beli online tersebut, nama pemilik, kapan berdiri, nomor yang bisa dihubungi serta alamat dari toko online tersebut. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan penipuan yang dilakukan oleh toko online tersebut.

Anda dapat mencari informasi mengenai penjual melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan berbagai mesin pencari lainnya. Jika terdapat banyak informasi mengenai toko tersebut di dalam mesin pencari, anda dapat memberikan sebuah poin bagus untuk toko tersebut. Namun, apabila tidak ada atau informasi mengenai toko tersebut di dalam mesin pencari atau hanya sangat sedikit informasi yang ada, anda harus lebih berhati-hati jika ingin melakukan transaksi dengan toko online seperti itu. Minimnya informasi dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti toko online tersebut masih baru, melakukan pergantian nama dari nama toko dulu dengan nama yang baru, atau mungkin situs jual beli online tersebut memang tidak ada dan hanya berniat untuk menipu.

Review dan Testimonial Pelanggan

Tips memilih situs online jual beli terpercaya yang ketiga adalah memeriksa review serta testimonial dari pelanggan. Untuk review, anda dapat melihat hasil review orang-orang dari situs yang lain, jika toko online tersebut mendapat hasil review yang baik, maka situs online tersebut memiliki kemungkinan merupakan toko online yang terpercaya. Dengan begitu, anda juga dapat lebih tenang ketika bertransaksi dengan toko online tersebut.

Testimonial dari para pelanggan juga memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan dari para calon customer. Testimonial menunjukkan bahwa pihak penjual mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya. Apabila anda melihat banyaknya testimonial yang mengatakan bahwa toko online tersebut memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan, maka situs jual beli online tersebut merupakan toko online yang bisa dipercaya.

Harga Jual yang Masuk Akal

Jangan tertipu dengan harga diskon yang sangat murah sehingga berada jauh di bawah harga pasaran pada umumnya sehingga menjadi sangat tidak masuk akal. Banyak orang terutama wanita sering terjebak dalam cara penipuan yang satu ini. Jika anda menemukan situs jual beli online seperti itu, anda disarankan untuk meninggalkannya atau harus ekstra berhati-hati dan dicek dengan tips-tips lainnya karena kemungkinan besar toko online tersebut memiliki niat untuk melakukan penipuan.

Member yang Terverifikasi

Beberapa situs jual beli online menyediakan fasilitas verifikasi member atau verified member. Status verifkasi member dapat diperoleh jika anda membeli status tersebut atau dengan melakukan transaksi-transaksi dengan baik sehingga mendapatkan kepercayaan.  Oleh karena status verified member ini juga dapat dibeli, maka hal ini tidak dapat dijadikan patokan pasti untuk menilai apakah toko online tersebut dapat dipercaya atau tidak. Periksa juga dengan berbagai aspek-aspek yang lain.

Variasi Cara Pembayaran

Tips memilih situs jual beli online terpercaya adalah dengan melihat variasi dari cara pembayaran yang ditawarkan. Terdapat berbagai cara pembayaran yang dapat dilakukan oleh pembeli seperti sistem transfer, PayPal, kartu kredit, tunai secara langsung, menggunakan Rekening Bersama dan berbagai cara pembayaran lainnya. Dengan memberikan variasi cara pembayaran, pembeli akan menjadi lebih nyaman untuk bertransaksi karena dapat disesuaikan dengan pembayaran yang cocok untuk mereka. Sistem pembayaran yang pasti mendapat kepercayaan dari pembeli adalah sistem Cash on Delivery (COD) dimana pembeli membayar ketika telah menerima barang.

Salah satu situs Jual Beli Yang menggabungkan antara pembeli dan penjual adalah situs angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.