Cara Mudah dan Ampuh Membuat Strategi Marketing

0
106
Strategi Marketing

Setiap bisnis baik bisnis dalam skala kecil maupun besar tentu saja akan membutuhkan  strategi marketing yang tepat sehingga  bisnis tersebut dapat berjalan dan memenuhi kebutuhan dari konsumen. Strategi marketing berbeda dengan rencana marketing (marketing plan), dimana strategi marketing menunjukkan gambaran secara umum mengenai bagaimana tujuan dan arah dari bisnis tersebut sedangkan rencana marketing menunjukkan secara detail hal-hal apa saja yang diperlukan untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Bentuk bisnis yang berbeda-beda membutuhkan strategi pemasaran yang juga berbeda-beda agar penjualan dapat berjalan efektif. Sebuah strategi marketing yang baik pada umumnya akan diawali dengan menuliskan terlebih dahulu informasi mengenai strategi yang akan anda gunakan. Hal ini dapat membantu anda untuk memperjelas visi dan misi dari bisnis yang anda jalankan serta dapat membantu anda untuk menyusun langkah-langkah dalam mencapai visi dan misi tersebut. Berikut merupakan beberapa cara yang mudah dan ampuh dalam menyusun strategi marketing bisnis anda.

Menentukan Tujuan Bisnis

Agar sebuah strategi marketing dapat berhasil, anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan dari bisnis yang anda kelola. Tujuan dari bisnis ini yang akan menjadi patokan dan dasar dari keseluruhan strategi pemasaran yang akan anda buat. Beberapa contoh tujuan bisnis antara lain menjual banyak produk dari supplier, meningkatkan branding atau kepopuleran dari produk atau jasa yang anda tawarkan, meningkatkan cakupan target pembeli baru dan berbagai tujuan lainnya. Usahakan untuk memenuhi 5 kriteria dasar berikut ketika anda hendak menentukan tujuan bisnis anda. Kelima kriteria tersebut adalah spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan terikat dengan waktu. Dengan demikian, ketika anda menentukan sebuah tujuan bisnis,  anda harus menentukan dengan rinci tujuan yang ingin anda capai, menyusun langkah-langkah dengan tepat sehingga hasil yang dicapai bisa terukur, hanya menyusun tujuan sesuai dengan budget dan kemampuan sehingga dapat dicapai, menentukan tujuan yang relevan dengan bisnis yang dikelola serta selalu membuat diri anda terikat dengan waktu sehingga dapat membantu mempercepat anda mencapai tujuan tersebut.

Riset Pasar

Riset pasar merupakan salah satu bagian vital dari penyusunan strategi marketing. Dengan melakukan riset, anda bisa mengetahui  dan mendapatkan berbagai informasi yang berkaitan dengan bisnis anda seperti pertumbuhan ekonomi, keinginan konsumen, demografi pembeli (seperti jenis kelamin, usia dan lain sebagainya) sehingga dapat membantu anda selalu terupdate dengan perubahan yang terjadi pada pasaran.

Kenali Pesaing dan Pelanggan Potensial

Dengan melakukan riset pasar juga, anda juga dapat mengenali siapa pesaing serta pelanggan yang memiliki potensi sehingga dapat memberikan bantuan yang besar dalam penyusunan strategi marketing. Mengenali pesaing bisnis berarti anda harus mengetahui produk apa yang mereka jual, harga penjualan, kualitas produk serta strategi pemasaran yang mereka gunakan. Dengan menggunakan informasi ini, anda dapat menentukan keunggulan dan kekurangan dari produk yang anda jual.

Selain mengenali pesaing, dalam menyusun sebuah strategi pemasaran, anda juga harus mengetahui siapakah pelanggan yang memiliki potensi untuk membeli produk yang akan anda pasarkan. Anda dapat melakukan riset dan analisa mengenai kebutuhan yang sedang dicari oleh para pembeli serta dimana biasanya mereka kebanyakan melakukan transaksi pembelian. Teruslah melakukan update terhadap tren yang sedang ada sehingga anda tetap dapat mengejar keinginan dari pembeli dan mendapatkan pasar yang lebih besar. Ingat juga untuk tetap menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan baik pelanggan yang lama maupun pelanggan baru.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.