Tips Belanja Online Import Dan Cara Menghitung Pajaknya

0
279

Semakin berkembangnya sistem belanja online membuat belanja barang impor makin mudah. Kini Anda bisa membeli barang dari situs-situs internasional seperti eBay atau Amazon dengan tinggal klik-klik saja, yang penting Anda punya credit card sebagai sistem pembayaran. Ada banyak sekali barang yang menarik dan tidak dijual di Indonesia sehingga dengan adanya situs belanja online yang melayani pengiriman barang internasional ini menjadi angin segar untuk Anda. Tetapi belanja barang import online bukan tanpa resiko. Selain biaya pengiriman yang cukup mahal, belum ditambah dengan biaya pajak cukai, ada juga resiko resiko keamanan dan nomor kartu kredit Anda bisa dicuri oleh hackers. Simak ulasan berikut ini mengenai  tips belanja online import yang tepat.

Cek harga barang

Harga yang tertera pada gambar barang biasanya belum termasuk dengan pajak, biaya shipping, dan juga biaya tambahan lainnya yang mesti ditanggung oleh pembeli. Belum lagi harga yang mesti Anda bayarkan bisa berubah tergantung dari kurensi mata uang yang berlaku saat melakukan pembelian. Misalnya harga barang adalah 10 dollar, rupiah yang mesti Anda bayar di kartu kredit bisa berbeda jika membeli bulan ini dengan bulan depan. Maka dari itu, hitung baik-baik berapa jumlah total yang mesti Anda bayarkan, jangan terkecoh dengan harga barang yang terlihat kecil karena seringkali biaya pengiriman lebih mahal dibandingkan dengan harga barang, tergantung dari beratnya dan jasa ekspedisi yang Anda pilih.

Cek keasliannya

Misalnya Anda ingin belanja online import berupa tas bermerk, atau jam tangan bermerk yang tidak bisa ditemukan di Indonesia atau negara tetangga terdekat. Salah satu kelemahan dari membeli barang secara online adalah Anda tidak bisa mengecek langsung apakah barangnya asli atau palsu. Penjual yang benar akan menjelaskan mengenai status dari barang tersebut apakah asli atau KW. Tetapi Anda bisa perhatikan dari harga yang ia tawarkan, bandingkan dengan harga aslinya. Atau dengan membaca review-review konsumen sebelumnya, meski ini tidak bisa menjamin keaslian dari barang tersebut.

Coba dengan transaksi yang kecil

Bagi Anda yang masih baru ingin mencoba belanja online import, untuk menjajal sistem pembayaran serta pengiriman, bisa dengan mencoba melakukan transaksi dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Untuk beberapa jenis barang dengan nilai transaksi tertentu biasanya akan diperiksa oleh petugas bea cukai dan dikenakan pajak masuk, maka jangan kaget apabila Anda mendapati barang pesanan Anda dalam keadaan segel yang sudah dibuka. Untuk jasa pengiriman boleh pilih yang paling murah dengan jangka waktu pengiriman lebih lama, tetapi pastikan ia menyediakan online tracking. Dengan online tracking Anda bisa memantau sudah ada di mana barang pesanan Anda dengan memasukkan nomor resi ke situs jasa ekspedisi yang digunakan.

belanja import

Bersihkan komputer dari virus dan cache

Mengapa ini penting? Karena jejak transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan gadget bisa diambil datanya oleh para hackers yang tidak bertanggung jawab. Jika tidak hati-hati maka nomor kartu kredit Anda bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak benar dan beban akan dilimpahkan kepada Anda. Maka dari itu pastikan gadget yang Anda gunakan untuk transaksi misalnya ponsel atau komputer bebas dari virus dan malware. Jangan lupa untuk menghapus history dan cache pada browser Anda agar tidak ada jejak transaksi yang tersisa.

Nah, setelah Anda melakukan transaksi dengan penjualnya, kini saatnya Anda menghitung-hitung berapa jumlah tambahan biaya yang harus Anda bayar untuk menebus barang pesanan Anda. Sayang sekali ada banyak pengalaman buruk mengenai proses masuknya barang masuk ke Indonesia yang mau tidak mau harus melalui bea cukai. Beberapa orang yang sudah pengalaman mengatakan, jika menggunakan jasa ekspedisi tertentu, misalnya USPS, biaya yang dibebankan tidak akan dinaikkan oleh petugas bea cukai.

Ada juga yang menyatakan bahwa apabila tanda pengiriman dan spesifikasi barang sudah jelas tertera pada kertas yang ditempelkan pada bungkus barang, maka petugas bea cukai tidak akan melakukan pemeriksaan isi misalnya dengan X-ray atau bahkan dibongkar, dan juga biaya cukai tidak akan dinaikkan.

Terlepas dari pengalaman-pengalaman yang bisa menjadi saran untuk Anda, pada dasarnya biaya yang mesti Anda bayarkan untuk pajak adalah apabila nilai barang tidak lebih dari 50 USD. Kemudian ada biaya tambahan apa lagi? Berikut rinciannya:

1.BIaya asuransi dari jasa ekspedisi yang dimulai dari 0,5% dari harga barang + pengiriman (harga pabean)

2.Biaya masuk ke Indonesia sebesar 10% dari nilai pabean (nilai pabean – biaya masuk = nilai impor)

3.PPN  yaitu 10% dari nilai impor

4.Pph impor yaitu 7,5% dari nilai impor

Semua hasil perhitungan di atas kemudian dijumlahkah, dan itulah besar biaya yang mesti Anda bayar untuk menebus barang agar bisa sampai ke tangan Anda.

Karena ada batas nilai barang di bawah 50 USD maka untuk menghindari biaya tambahan Anda cukup membeli barang dengan harga di bawah harga tersebut. Atau apabila Anda akan menerima hadiah dari kerabat di luar negeri, usahakan harga barang juga tidak melebihi 50 USD kecuali pihak pemberi hadiah juga menanggung seluruh biaya tambahan yang harus Anda keluarkan. Atau bisa juga dengan trik membangi barang ke dalam beberapa paket sehingga nilai per paket di bawah 50 USD, tetapi tentu hal ini akan menambah harga pengiriman barang yang bisa saja tidak sebanding dengan harga tambahan apabila barang dikirimkan dalam satu paket. Selamat belanja online import!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.