Tips Hemat Memulai Hobi Aeromodelling

0
1235

Hobi aeromodelling mungkin masih kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Tapi jika ditelisik banyak sekali orang yang menekuni, mendulang prestasi atau mulai tertarik melakoninya. Hobi ini juga cukup lama berkembang di Indonesia dan sering diidentikkan dengan orang kaya. Alasannya tentu karena harga pesawat model yang terbilang mahal.

Namun semua orang sebenarnya bisa menekuni hobi ini asal tahu caranya. Jadi pilot ahli aeromodelling itu nggak harus kaya. Poin pentingnya ialah kemauan, kreativitas dan ketekunan. Hobi satu ini membutuhkan latihan ekstra keras untuk bisa jadi profesional.

Di awal mungkin Anda tertarik dengan model-model pesawat aerobatik yang ‘wow’. Atau pesawat tempur perang, model F22 RPTOR dan sebagainya. Lalu berpikir bahwa ingin mengemudikan pesawat tersebut dan memilikinya. Pemahaman seperti ini paling sering terjadi pada pemula dan jelas salah.

Anda perlu tahu tidak mudah menjalankan pesawat model tersebut. Bila tak ingin merugi dan keluar banyak biaya mulailah sesuai tingkatannya. Nah, sebelum menekuni hobi mahal aeromodelling ini ada sejumlah tips jitu untuk para pemula. Di antaranya:

1. Berlatihlah dengan Menggunakan Jenis Pesawat Trainer

Pesawat trainer memang dikhususkan untuk para pemula. Pesawat ini didesain agar bisa terbang stabil dan lebih mudah. Alasannya untuk membangun keahlian dalam mengendalikan pesawat. Bahannya terbuat dari foam dan relatif lebih murah.

2. Perhatikan Ukuran Pesawat Trainer

Jika aeromodelling terlalu kecil sangat tidak bagus untuk belajar. Beratnya akan mudah terombang-ambing oleh angin. Namun jika terlalu besar juga tidak baik. Alasannya, bila pesawat terjatuh akan menimbulkan kerusakan yang lebih besar. Ingat, pemula umumnya pasti akan sering menjatuhkan pesawat.

3. Kenali Dulu Komponen dalam Aeromodelling

Para pemula umumnya tidak sabaran untuk segera menerbangkan pesawat model. Tapi cobalah tahan hasrat terlebih dahulu dengan mengenali komponen dalam pesawar. Mulai dari peralatan apa saja yang dipakai hingga bahan elektronik yang diperlukan.

Pelajari masing-masing fungsi yang ada dan biasakan untuk melakukan cek sebelum diterbangkan. Misalnya seperti fungsi rudder, aileron, motor, elavator, kapasitas baterai, transmitter dan sebagainya.

Aeromodelling indonesia4. Penggunaan Aileron dan Pemilihan Channel

Untuk pemula biasanya masih bingung dengan penggunaan aileron. Ini karena roll dan kombinasinya dengan elevator. Anda bisa mulai berlatih dengan menggunakan 3 channel. Fungsi 3 sampai 4 channel ini biasanya ada pada pesawat seperti windragon.

Pesawat dengan 3 channel arah berputarnya engandalkan rudder. Namun, bila Anda sudah cukup nyaman dan mahir dengan 4 channel juga tak masalah. Anda bisa melewati langkah ini dan melanjutka latihan dengan baik.

5. Gunakan Transmitter Khusus untuk Pemula

Transmitter yang langsung bisa digunakan tanpa banyak setting adalah yang terbaik untuk pemula. Hindari memakai tipe digital yang rumit seperti flysky 9x dan sebagainya. Saat masih belajar, Anda menerbangkan aeromodelling dibantu transmitter. Seiring waktu Anda akan mulai memahami kebutuhan transmitter sesuai karakter terbang.

Untuk menggunakan stik transmitter ada 2 cara. Pertama memakai dua jari yakni ibu jari dan telunjuk. Posisi stik terjepit oleh kedua jari tersebut. Cara kedua hanya memakai ibu jari saja. Dimana posisi stik ada di bawah telapak ibu jari. Pilih sesuai selera dan kenyamanan.

6. Terbang Lebih Tinggi itu Lebih Baik untuk Pemula

Para pemula biasanya takut ketinggian dan berusaha meminimalisir kerusakan jatuh dengan terbang rendah. Ini jelas penilaian yang salah. Anda harus mulai menerbangkan tinggi sekitar 100 meter. Bila kehilangan kendali, Anda masih punya waktu mengoreksi agar tak sampai jatuh.

Ini juga jadi cara belajar yang efektif. Bandingkan jika Anda terbang rendah. Mana yang lebih berpotensi merusak dan memakan budget lebih besar. Arahkan pesawat memutari Anda atau berkeliling jauh di depan.

hobi Aeromodelling7. Jam Terbang Terbaik ialah Saat Pagi dan Sore Hari

Jam latihan untuk menerbangkan aeromodelling sebenarnya rekatif. Tergantung kebiasaan dan kenyamanan Anda. Namun, rata-rata mereka yang hobi dengan pesawat model ini memilih waktu di pagi dan sore hari. Alasannya karena matahari tidak terlalu menyilaukan.

8. Lokasi Penerbangan Aeromodelling

Salah satu hal terpenting dalam memulai hobi mahal aeromodelling ialah soal lapangan. Carilah tempat yang tepat untuk berlatih. Sebisa mungkin hindari menerbangkan pesawat dekat dengan bangunan tinggi dan tiang listrik. Ini akan sangat berbahaya dan temukan lapangan yang cukup besar.

Perhatikan kondisi cuaca dan kecepatan angin. Jangan nekat terbang jika kondisi tidak mendukung. Selama belajar sangat baik jika Anda mengajak rekan yang ahli. Kehadirannya akan membantu memberi masukan dan menyemengati latihan Anda.

9. Untuk Latihan Penghobi Aeromodelling Juga Bisa Menggunakan Program Simulator

Tips hemat memulai hobi mahal aeromodelling tak melulu harus langsung menerbangkan. Cara yang lebih low budget ialah dengan belajar via program simulator di laptop atau PC. Untuk menjalankan program ini tentu harud ditunjang oleh peralatan yang memadai. Di antaranya seperti USB joystick simulator dan program simulator RC-Plane. Atau dengan radio control dan dongle program simolator RC Plane.

Menekuni hobi aeromodelling memang butuh budget lebih jika ingin jadi profesional. Namun, banyak sekali sisi positif kegiatan satu ini. Melakoninya tak hanya sukses melepas penat. Faktanya, hobi aeromodelling juga jadi sarana olahraga dan juga pendidikan. Khususnya terkait dengan dunia dirgantara dan penerbangan. Banyak event bergengsi untuk hobi satu ini. Siapapun bisa ikut dan jadi pro asal mau berlatih dan berkreasi. Mereka yang menekuni hobi tertentu bukan ditentukan mahal atau tidaknya. Tapi lebih pada kemauan dan usaha.

Untuk Menemukan Produk Jual Beli Aeromodeling bisa dilihat di Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.