7 Tips Dan Trik Window Shopping Agar Tidak Kalap Belanja

0
355
tips belanja

Wanita memang identik dengan aktivitas belanja. Pusat perbelanjaan menjadi surga tersendiri bagi wanita untuk berburu barang-barang atau item dengan tren terbaru atau sekedar mengganti yang sudah lama. Tetapi berbelanja tanpa mengontrol hasrat bisa membuat rekening tabungan Anda menjerit . Anda bisa tetap menikmati barang-barang yang dijual di pusat-pusat perbelanjaan tanpa harus boros yaitu dengan window shopping.

Window shopping adalah cara bagi seseorang untuk melihat barang apa saja yang sedang ditawarkan atau promo yang diperlihatkan penjual pada bagian depan tokonya. Barang-barang ini biasanya ditampilkan dengan penutup kaca sehingga disebut dengan window shopping alias hanya cuci mata saja. Namun tidak jarang kegiatan window shopping ini akhirnya menjadi window buying alias Anda menjadi tergoda untuk membelinya padahal budget sedang ketat. Lalu bagaimana cara ber-window shopping tanpa kalap? Ini dia tips fashion dan kecantikan kali ini yang akan membahas mengenai trik ber-window shopping.

tips belanja diluarMengajak orang lain

Ketika hasrat berbelanja itu datang dan kata hati Anda mendesak Anda untuk mengeluarkan dompet, maka yang bisa menghentikan Anda adalah orang lain dengan pikiran yang sehat. Jika ingin sekedar berputar di mall dan melihat koleksi-koleksi terbaru Anda bisa mengajak teman atau pasangan untuk mengontrol Anda dalam belanja. Dalam memilih partner untuk jalan-jalan tentu Anda harus mengajak orang yang bisa mengontrol nafsu belanjanya, bukan dengan orang yang sama-sama shopaholic.

Buat rencana belanja

yang kedua untuk window shopping adalah sebelum berangkat ke pusat perbelanjaan sebaiknya Anda buat daftar belanja.  Daftar belanja ini bisa berisi barang-barang yang memang Anda perlukan seperti kebutuhan sehari-hari atau daftar belanja yang sifatnya recreational misalnya ingin membeli gaun baru untuk acara formal, atau sepatu kasual baru untuk hang-out dan sebagainya. Dengan membuat daftar ini Anda akan tahu apa yang menjadi prioritas dan apa yang mesti dibeli pertama sebelum ber-window shopping dari toko satu ke toko yang lain.

Berpikir logis

Ketika mengunjungi toko pernak pernik untuk hiasan rumah atau perhiasan, semuanya pasti terlihat menarik untuk Anda. Namun lihatlah dari sisi lain, daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli aksesoris tersebut lebih baik Anda catat bahan pembuatnya, detail desain dan sebagainya untuk inspirasi kreasi buatan Anda sendiri. Dengan membuat pernak pernik sendiri bisa mengasah kreativitas Anda dan siapa tahu jika cukup mahir justru bisa menjadi hobi yang menghasilkan rupiah untuk Anda.

tips window shopping

Jangan berlama-lama melihat

Display window yang ada pada bagian depan toko memang dibuat untuk menarik perhatian pengunjung dan membujuk orang yang lewat untuk mampir dan belanja. Anda mungkin melihat ada sepatu yang sangat bagus penampilannya atau pakaian yang terlihat trendy dan fashionable. Tetapi coba pertimbangkan apakah sepatu atau pakaian tersebut akan bagus jika dipakai di tubuh Anda? Apakah Anda membutuhkannya? Adakah kesempatan dalam hidup Anda yang bisa menggunakan item-item tersebut? Tips fashion dan kecantikan pada poin ini adalah segera menyingkir dari toko bila pertahanan Anda sudah mulai goyah.

kartu kredit belanjaSembunyikan kartu kredit

Kartu kredit memang memberi kemudahan untuk bertransaksi, tetapi kemudahan ini bisa menjadi setan bagi Anda. Bergantung pada kartu kredit bisa membuat Anda merasa punya uang untuk membeli ini itu. Ketika budget Anda sedang ketat, tinggalkan kartu kredit Anda di rumah dan bawa uang tunai secukupnya misalnya cukup untuk makan siang atau isi bensin kendaraan. Tidak membawa uang lebih akan memaksa Anda meletakkan kembali item yang Anda ambil dari raknya.

Lakukan riset

Fashion adalah suatu pola yang terus berubah namun pada akhirnya akan kembali ke tren sebelumnya meski bisa berjarak pilihan tahun. Jika Anda memang ingin meng-update penampilan dengan tren terbaru, set pikiran Anda ketika window shopping untuk melihat pola tren fashion yang sedang in.  Tidak ada larangan untuk masuk ke dalam toko dan mencoba berbagai barang yang dijual misalnya sepatu atau pakaian tanpa harus membeli. Dengan begitu Anda bisa lihat apakah Anda cocok mengenakan barang yang sedang menjadi tren saat ini.  Tips fashion dan kecantikan lainnya adalah Anda bisa membandingkan harga toko dengan harga di toko online untuk mendapatkan deal terbaik.

Kenakan pakaian yang santai dan nyaman

Window shopping seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan terlebih bila dilakukan bersama dengan teman-teman. Window shopping juga bisa menjadi kegiatan yang melelahkan karena Anda akan banyak berjalan ke sana kemari menjelajahi pertokoan satu demi satu. Maka dari itu berdandanlah sederhana saja dengan santai dan yang penting membuat Anda nyaman. Window shopping berjam-jam dengan mengenakan sepatu hak tinggi mungkin bukan pilihan yang bijak. Itulah beberapa trik window shopping untuk tips fashion dan kecantikan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.