Menilik Peluang Usaha Toko Buku Online di Indonesia

0
217
toko buku online

Toko buku online mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Bisa dibilang ini adalah suatu ide baru yang lumayan fresh dan bisa sangat menjanjikan untuk dijalani. Di zaman yang makin maju dan canggih seperti sekarang ini, kebutuhan masyarakat akan online shop juga semakin meningkat. Dinamika sosial masyarakat yang semakin sibuk dan padat, membuat keberadaan online shop bak oase di padang pasir. Ini karena tanpa harus meninggalkan rumah dan pekerjaan yang tengah dijalani, seseorang bisa dengan mudah mendapatkan barang apapun yang diinginkanya.
Karena itulah bukan tak mungkin toko buku online bisa sangat maju dan menajnjikan untuk digeluti oleh banyak pihak. Memang toko buku online sendiri belum sepopuler online shop lain yang menjual aneka produk fashion, makanan atau minuman. Namun bukan berarti bisnis ini tak bisa menjanjikan keuntungan berlimpah bagi mereka yang menjalaninya. Dan bisa jadi bisnis onlinse bookstore ini akan memberikan keuntungan berlimpah, bagi pihak-pihak yang sungguh-sungguh menekuni usaha jenis ini.

Mengintip Prospek Bisnis Toko Buku Online

Lalu seperti apakah peluang bisnis toko buku online di Indonesia? Menurut berbagai sumber, peluang bisnis toko buku online di Indonesia lumayan cerah dan menguntungkan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor utama seperti:
• Dengan semakin berkembanganya teknologi di bidang internet dan smartphone, buku akan menjadi salah satu komoditas yang bisa dengan mudah dijual secara online. Meski sekarang ini banyak ebook ataupun apliaksi untuk membeca suatu buku, namun kebutuhan buku teks wajib tetap menjadi hal yang utama khusunya di bidang pendidikan di Indonesia.
• Minat baca masyarakat Indonesia memang belum begitu tinggi, namun minat terhadap buku pokok atau buku wajib pelajaran masih lumayan tinggi dan juga dicari oleh para pelajar atau mahasiswa.
• Sulitnya mendapatkan buku-buku berkualitas cetakan luar negri membuat bisnis toko buku online bisa sangat menguntungkan. Untuk mengakali hal ini, cobalah berselancar di Baffaro dimana banyak sekali buku terbitan luar negri yang dijual dengan harga murah jika dibeli dalam jumlah besar. Anda bisa membeli sejumlah besar cetakan buku-buku ini lalu menjualnya lagi di toko buku online Anda.
• Modal yang dikeluartkan relatif bisa ditekan. Apalagi jika Anda memang memiliki koleksi buku lama dengan tampilan yang masih bagus dan juga apik. Pun Anda bisa mendapatkan buku-buku sumbangan dari keluarga atau sahabat yang kemudian bisa dijual lagi di Online shop Anda.
Memulai Bisnis Toko Buku Online di Indonesia
Memulai adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Termasuk juga diantaranya memulai bisnis toko buku online ini. Meski begitu, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis toko buku online baik yang bekas ataupun baru. Diantaranya adalah:
a) Cobalah mulai mengumpulkan semua koleksi buku yang Anda punya. Jika banyak koleksi buku yang sudah menumpuk dan dibaca, maka ini bisa Anda jual di online shop Anda. Anda bisa meminta koleksi buku dari saudara, teman atau sahabat yang memang sudah tak dibaca dan digunakan lagi.
b) Untuk menutupi kebutuhan buku wajib pelajaran, Anda bisa mendapatkanya dari tetangga, adik dan kaka yang sudah tak menggunakan buku-buku itu lagi. Umumnya selama beebrapa tahun, buku wajib pelajaran itu tak akan berubah kurikulum dan isi materinya. Karena itulah buku pelajaran masih menjadi komunditas terbaik yang bisa Anda jual.
c) Setelah semua buku terkumpul, data lalu buatlah katalog buku-buklu yang Anda jual. Ini memudahkan pengunjung untuk memilih buku apa saja yang hendak mereka beli dari toko buku online milik Anda.

Jika anda berminat untuk menjual atau bahkan membeli Buku via online, anda bisa langsung mengunjungi situsnya : Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.