Tips Sukses Mengelola Toko Online Untuk Para UKM Pemula

0
93
toko online

Toko Online atau online shop bukan hanya trend kehidupan manusia modern saat ini. Online shop juga merupakan ladang mata pencaharian yang sangat menguntungkan bagi mereka yang jeli melihat peluang bisnis, unik dan juga inovatif serta kreatif. Tak hanya itu, online shop juga adalah peluang usaha bagi para penggiat UKM yang memiliki keterbatasan modal dalam mengelola suatu usaha. Ini karena penggiat UKM ini tak harus mengeluarkan banyak modal untuk membuat suatu tempat usaha. Tak heran jika kini potensi online shop terus digodok dan dikembangkan teurtama oleh para penggiat UKM di Indonesia.

Toko online memang memberikan banyak keuntungan bagi para penggiat UKM di Indonesia. Terutama UKM yang memiliki keterbatasan modal dan juga sumber daya manusianya. Sebenarnya, segala bidang usaha baik kecil, menengah dan besar bisa memanfaatkan online shop untuk mengembangkan bisnis mereka. Namun tentu saja yang perlu terus digenjot dan dipacu adalah penggiat UKM bermodal kecil, yang membutuhkan lahan usaha untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka. Karena itu para penggiat UKM wajib untuk menilik peluang toko online untuk meningkatkan distribusi atau mengembangkan bisnis mereka.

Alasan Mengapa UKM Perlu Membuat Toko Online

Para penggiat UKM tak akan pernah rugi jika mereka melebarkan sayap usaha ke bidang online. Namun tentu tak semua UKM mengerti betul mengapa menggunakan toko online, bisa berperan penting untuk perkembangan bisnis dan juga usaha mereka. Bahkan tak sedikit yang enggan untuk membuka online shop dan mencoba peluang usaha di bidang ini

Padahal memiliki online shop punya banyak keuntungan dan juga kelebihan. Seperti mislnya Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membuat suatu tempat usaha. Anda pun tak membutuhkan suatu lahan, ruko atau pabrik untuk menjual barang-barang yang Anda produksi. Cukup hanya dengan membuat online shop, mengunggah gambar dan melakukan optimasi website, maka Anda sudah memiliki online shop yang berpeluang terkenal hingga seluruh dunia.

Selain itu membuatnya pun gratis. Tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membuat online shop ini. Dan juga peluang suatu produk untuk dikenal secara luas oleh konsumen juga semakin besar, mengingat semakin majunya teknologi internet dan smartphone yang menjadikan akses untuk online shop selalu tersedia kapan saja.

Tips Sukses mengelola Toko Online Untuk Penggiat UKM

Untuk para penggiat UKM pemula di Indonesia, berikut ini ada beberapa tips simple untuk sukses mengelola toko online guna mengembangkan suatu usaha.

  • Gunakan nama yang simple namun cukup jelas untuk menggambarkan produk yang Anda jual. Misalnya lovelyshoez.com jika Anda berjualan sepatu, atau com jika Anda menjual produk makanan ringan atau snack.
  • Untuk display barang, gunakan gambar yang berkualitas, tidak blur, cerah dan menarik.
  • Jika menjual produk fashion, gunakan model untuk membuat kesan lebih hidup dari barang yang Anda jual. Menggunakan manequine atau digantung di hanger saja sebenarnya tak masalah, namun produk fashion akan jadi lebih menarik jika modelanya ada di sana.
  • Gandeng web designer atau programmer untuk mendesain online shop yang cantik dan menarik, sekaligus mengoptimasinya agar selalu keluar di laman awal mesin pencari Google.
  • Manfaatkan sosial media mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan Path untuk mempromosikan toko online Anda.
  • Buat sistem pembayaran yang mudah dan tidak ribet untuk konsumen yang ingin membeli barang di toko online

Tidak Mau Repot Buka Toko Online? Kalian bisa langsung mulai memasarkan produk di situs Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.