Inspirasi 5 Ide Bisnis Sederhana UKM Di Indonesia

0
309
UKM Di Indonesia

UKM di Indonesia kini mendapat sorotan yang kuat dari banyak pihak. Dianggap sebagi ujung tombak perokonomian kecil dan menengah, UKM memang mendapat perhatian yang sangat besar dari pemerintah di Indonesia. UKM disebut sebagai solusi yang tepat untuk mengurangi pengangguran di Indonesia. Selain itu, bisnis yang ditujukan untuk pengusaha kecil dan menengah ini juga punya manfaat lain yakni mengentaskan rakyat Indonesia dari jurang kemiskinan. Selain itu, era pasar bebas membuat pengusaha di Indonesia memang dituntut harus aktif dan kreatif untuk mengelola bisnis yang mereka miliki.

UKM di Indonbesia belakangan ini juga semakin berkembang dari waktu ke waktu. Aneka jenis usaha di berbagai bidang mulai dari fashion, kuliner, kerajinan dan banyak lagi menjadi salah satu usaha yang diandalkan oleh para penggiat UKM di Indonesia. Dan beruntungnya lagi, masyarakat mulai melirik aneka produk yang ditawarkan oleh UKM-UKM ini. Mungkin selain karena promosi yang besar-besaran di pameran dan sosial media, konsumen dalam negri mulai menyadari bahwa produk dalam negri juga tak kalah menarik dibandingkan barang-barang import.

Inspirasi Binis UKM DI Indonesia

Sebagai negara yang besar dengan beragam etnik dan suku bangsa, inspirais untuk memulai suatu bisnis UKM sebnenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Kebanyakan bisnis UKM di Indonesia sendiri memang berfokus pada prosuksi dalam negri dan juga menonjolkan sisi budaya bangsa yang kental. Ini tak hanya akan membuat produk Indonesia semakin terkenal di luar negeri tapi juga menonjolkan Idenditas bangsa di tengah pasaran aneka produk –produk di dunia.

Anda pun bisa mengambil inspirasi dari beberapa UKM yang telah berdiri dan melebarkan sayapmya ke ranah internasional. Nah berikut ini ada 5 jenis peluang dan inspirasi UKM di Indonesia, yang mungkin bisa jadi hal yang membantu Anda menemukan ide usaha sendiri.

ukm indonesiaUKM DI Bidang Kuliner

Selema manusia itu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, maka bisnis kuliner masih akan terus berjaya dan diandalkan oleh Anda. Bisnis UKM di bidang kuliner memang jenis dan macamnya banyak sekali. Yang kini sednag naik daun adalah bisnis UKM kuliner Tahu Jeletot Taisi atau Angkringan Nasi Kucing 78. Jika dilihat dua bisnis di bidang kuliner tersebut menonjolkan unsur Indonesia yang sangat kental didalamnya. Makanan yang dibuatpun terbilang sederhana, dan merupakan jenis makanan tradisional yang sempat disebut ndeso dulunya. Namun cita rasa tradisional dan ndeso inilah yang justru membuat bisnis kuliner ini sukses dan juga berkembang pesat.

UKM Di Bidang Fashion

UKM di bidang fashion juga sedang berkembang pesat belakangan ini. Beberapa perancang muda seperti Zaskia Sungkar atau Dian Pelangi awalnya juga memulai binis hijab dan busana muslim mereka dari UKM ini. Dan lihatkah mereka kini berhasil mengembangkan sayap hingga ke luar negri. Sama seperti bisnis kuliner, kedua designer muda ini juga kerap menonjolkan cita rasa Indonesia dari aneka produk yang mereka hasilkan.

UKM Di Bidang Otomotif

Lulusan SMK adalah mereka yang snagat tepat untuk menjalani binis UKM di bidang otomotif ini. Membuat bengkel adalah salah satu contoh kecilnya saja. Namun dengan peoatihan yang terorganisir dan juga berkesinambungan, bukan tak mungkin bengkel-bengkel kecil ini bisa berkembang pesat dan mengahsilan inovasi di bidang teknologi otomotif yang mengagumkan.

Bisnis UKM Di Bidang pertanian

Indonesia adalah negara yang subur dan dianugerahi kekayaan alam yang berlimpah ruah. Binis UKM di Indonesia dari segi pertanian juga bisa sangat menguntungkan untuk dijalani. Tak hanya di bidang pertanian saja sebenarnya. Bidang perkebunan, perikanan dan juga peternakan adalah ide usah yang bisa dikelola oleh para pengiat UKM di Indonesia.

Bisnis UKM di Bidang pendidikan

Bidang pendidikan adalah lahan basah untuk para penmggiat UKM di Indonesia. Menjamurnay berbagai bimbel atau lembaga belajar adalah salah satu tanda bahwa bisnis UKM di Indonesia dalam bidang pendidikan mendapat minat yang besar sekali dari masyarakat.

Baca Juga Informasi Berita UKM Lainnya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.