Mengatahui Arti dari Kata Vendor

0
1406
vendor adalah

Vendor adalah penjual, orang yang menjual rumah, tanah, dan sebagainya, demikian arti kata vendor dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pertanyaannya, apakah arti kata vendor sesederhana itu? Tidak, karena dalam perkembangannya kata tersebut mengalami perluasan makna, sehingga kata vendor memiliki cukup banyak arti, diantaranya:

  • Pihak atau perusahaan yang memproduksi/mendistribusikan produk barang atau jasa dalam suatu wilayah tertentu.
  • perorangan, lembaga atau pihak ketiga yang menyediakan bahan,produk dan jasa untuk diolah dan digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja atau dijual kembali.
  • individu atau perusahaan dengan susunan hirarki yang sitematis yang menjual barang atau jasa kepada pihak lain.
  • Penjual perangkat lunak atau perangkat keras computer
  • Dan masih banyak arti dari kata vendor yang lain.

 

Pengertian Vendor

Dalam berbagai artikel yang membicarakan seputar bisnis, kata ‘vendor’ memang kerap muncul menghiasi kalimat-kalimat yang ada. Secara transparan makna kata tersebut dapat kita pahami, namun secara khusus masih terkesan bias, karena banyaknya perluasan makna dari kata ini. Untuk mempermudah memang harus kita kembalikan pada makna dasar sebagaimana yang tertulis dalam KBBI, yakni arti dari kata vendor adalah penjual. Berangkat dari arti ‘penjual’ itulah kemudian dapat kita hubungkan dengan susunan kalimat yang ada atau dipakai sesuai dengan kebutuhan dalam kalimat.

 

Namun, dengan hanya memaknai kata vendor dengan arti ‘penjual’ saja, hal tersebut dapat menjadi rancu jika diterapkan dalam proses bisnis, sebab dunia manufaktur adalah bisnisnya para penjual. Semua perusahaan hampir dipastikan sebagai penjual, sehingga jika kata vendor hanya didefinisikan dengan pihak yang menjual, maka pemahamannya akan sangat kurang. Untuk itu akan menjadi lebih jelas definisi dari kata vendor jika kita memahami fungsinya dalam dunia manufaktur.

 

Secara sederhana bisnis manufaktur dapat diartikan bisnis yang memproduksi barang mentah untuk diolah dan dijadikan barang yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Dalam bisnis manufaktur pasti terdapat proses procurement atau proses membeli dan menjual atau sales dan marketing.

Dengan melihat alur proses bisnis manufaktur dapat disimpulkan bahwa vendor adalah proses bisnis pengadaan/procurement dalam pabrik.  Disaat perusahaan melakukan proses pembelian suatu item, baik dalam bentuk raw material atau bahan baku, sparepart, bahan penolong, maupun WIP (Work In Process) atau barang setengah jadi, maka tempat untuk melakukan pembelian item tersebut disebut vendor. Namun dalam dunia manufaktur, istilah vendor tersebut juga seringkali diwakili dengan kata supplier.

Jadi vendor merupakan tempat yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendapatkan barang-barang yang tidak diproduksi oleh pabrik yang dimilikinya, dan barang tersebut dibutuhkan untuk keperluan proses produksi. Barang yang dibeli dari vendor bias berupa bahan dasar, sparepart, bahan penolong maupun barang setengah jadi.

 

Pada umumnya, setiap perusahaan akan menjadi supplier atau vendor bagi perusahaan yang lain. Selanjutnya barang yang dibeli oleh perusahaan tersebut akan diproduksi  menjadi finish good atau barang jadi dengan nilai yang lebih tinggi yang juga dibutuhkan oleh perusahaan yang lain, sehingga perusahaan yang memproduksi tersebut juga menjadi vendor bagi perusahaan lain.

 

Begitu seterusnya, dan seperti itulah perputaran bisnis sekaligus perputaran uang. Sehingga terkadang ada sebuah perusahaan yang menjadi vendor sekaligus menjadi  konsumen bagi perusahaan lain.  Karena itu, di atas telah disampaikan bahwa aktifitas dari sebuah perusahaan mencakup dua hal, yakni menjual dan membeli.

 

Jadi, dalam dunia manufaktur, definisi dari kata vendor adalah penyedia barang yang dibutuhkan oleh perusahaan atau pihak lain, apapun jenis dan kategori dari barang tersebut. (*)

Kita sudah mengetahui apa itu Vendor. lalu apkah itu Outsorcing? Outsorcing adalah

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.