5 Gadget Super Canggih di Film yang Jadi Kenyataan

0
306

Mengangkat kisah nyata dalam sebuah film itu sudah sering terjadi. Tapi bagaimana jika mengambil beberapa hal dari film untuk dijadikan kenyataan? Misalnya menciptakan gadget super canggih baru yang terinspirasi dari cerita film. Hal ini benar-benar terjadi dan Anda tak perlu berandai-andai lagi.

Saat Anda menonton film bergenre science fiction banyak sekali gadget super canggih yang digunakan. Tak jarang Anda dibuat kagum dengan fungsi dan cara kerja gadget tersebut. Tapi tahukah Anda bahwa sebagian dari gadget tersebut kini sudah bisa dijumpai di dunia nyata. Sebagian masih dalam pengembangan dan sebagian lagi bahkan sudah dipasarkan. Seperti 5 gadget super canggih di bawah ini.

Sticky Gloves indonesia1. Sticky Gloves atau Sarung Tangan Menempel (Mission Impossible: Ghost Protocol)

Apa Anda masih ingat dengan film yang populer di 2011 ini. Ada sebuah adegan dimana Ethan Hunt (diperankan Tom Cruise) memakai sarung tangan berteknologi canggih. Alat tersebut membantunya memanjat gedung tertinggi didunia, Burj Khalifa di Dubai.

Kabar terbaru sarung tangan menempel ini sedang terus dikembangkan oleh peneliti di Standford University. Didanai oleh militer AS, peneliti bereksplorasi dengan tekstur kaki tokek. Sarung tangan tersebut didesain untuk membuat seseorang bisa merayap layaknya Ethan Hunt. Saat uji coba gadget super canggih ini diklaim mampu menahan beban pria dewasa seberat 70 kg. Sticky Gloves bisa dipakai memanjat dinding kaca vertikal yang tebalnya sekitar 7,5 meter.

implant phone indonesia2. Implant Phone atau Ponsel dalam Tubuh (Total Recall)

Ini salah satu film populer Hollywood dan versi terbarunya diluncurkan 2012 lalu. Teknologi menarik dalam film ini ialah ponsel yang ditanamkan dalam tubuh agen mata-mata. Ponsel itu bisa membuat sang agen melihat penelepon hanya dengan menyentuh permukaan kaca.

Tapi sepertinya hal ini bakal jadi kenyataan dalam waktu dekat. Perusahaan Autodesk kini tengan mengembangkan prototipe ponsel mirip seperti film Total Recall. Ponsel tersebut dirancang agar bisa bekerja di bawah kulit dengan sensor tekan dan speaker. Lebih cepat lagi, Motorola bahkan sudah merilis tempelan digital serupa implant phone bernama “wrist tattoos.”

Flying Car3. Flying Car atau Mobil Terbang (Blade Runner)

Film Blade Runner memang sudah cukup lama dan mungkin telah banyak dilupakan masyarakat. Tapi jika Anda melihat AeroMobil 3.0 pasti akan teringat dengan film populer tersebut. Hal yang melekat pada film yang dirilis 1982 iu ialah gadget super canggih berupa mobil terbang.

Kini, Anda bisa melihat bentuknya secara nyata karena telah diproduksi oleh sebuah perusahaan di Slowaskia. Mereka telah mengembangkan teknologi ini sejak 1989. Kabarnya mobil ciptaan mereka akan segera dipasarkan ke masyarakat. Desain mirip mobil pada umumnya dan dilengkapi sayap untuk membuatnya terbang. AeroMobil mampu lepas landas di kecepatan 90 mph. Namun belum ada informasi berapa harga jual mobil keren ini.

Selain itu, sebuah perusahaan dari China juga sedang mengajukan hak paten pada mobil terbang miliknya. Kendaraan tersebut diklaim bisa melaju di jalanan umum dan terbang secara vertikal. Belum ada detail lanjutan tentang gadget canggih ini.

Power Laces indonesia4. Power Laces dan Hoverboard (Back to The Future)

Sejumlah kecanggihan di film lawas Back to The Future bakal segera Anda rasakan. Film yang dirilis tahun 1989 itu mengisahkan seorang anak yang berpetualang dengan beberapa alat canggih masa depan. Di antaranya ialah sepatu yang bisa terikat sendiri dan skateboard terbang.

Merealisasikan gadget super canggih itu, brand kenamaan Nike mengaku segera memasarkan sepatu serupa. Dengan teknologi power laces, sepatu dari Nike akan dibekali sensor yang membuat tali tertarik dan mengikat sendiri. Tunggu saja karena tidak lama lagi kita bisa merasakan dan memiliki sepatu ‘wow’ satu ini.

Sementara itu, untuk skateboard terbang atau hoveboard kini sedang dikembangkan perusahaan bernama Arx Pax. Perusahaan yang berbasi di California ini sedang melakukan uji coba dengan menggunakan induksi magnet untuk sistem kemudinya.

5. Dari Ponsel hingga Medical Tricorder (Star Trek)

Film ini boleh saja sangat lawas dan mungkin Anda belum lahir ketika diputar. Tapi segala gadget super canggih yang ada di film ini sudah Anda rasakan. Misalnya saja flip ponsel, tablet, headsets bluetooth, USB drive dan GPS.

Semua gadget tersebut sudah terpikirkan dan digambarkan dalam film sejak tahun 60-an. Kemudian sejumlah penelitian mencoba mewujudkannya dalam dunia nyata. Gadget yang dulu dianggap super canggih sekarang sudah sangat mudah dimiliki.

Satu yang masih dikembangkan ialah alat bernama medical tricorder. Teknologi ini bisa mendeteksi penyakit dan sekarang masih dalam tahap uji coba. Perusahaan di Amerika, Scanadu membuat alat serupa dalam bentuk kapsul. Nantinya kapsul bisa digunakan untuk mendiagnosa tekanan darah, denyut jantung, suhu, dan kadar oksigen di tubuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.