Teknik Dasar Belajar SEO Untuk Pemula

0
92
belajar seo

Jika ingin mendapat jumlah kunjungan yang lebih banyak, seorang pembuat blog harus mau belajar SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah sebuah proses sistematis yang tujuan utamanya untuk menaikan tingkat kunjungan suatu website atau blog melalui mesin pencari.  Menurut garis besarnya belajar SEO ini bisa dibagi dalam 2 macam tahapan. Pertama adalah SEO onpage dan yang kedua SEO off page.

SEO onpage

SEO onpage adalah suatu teknik yang dijalankan di halaman blog milik sendiri. Dalam teknik ini, ada beberapa hal yang tidak boleh dikesampingkan saat membuat blog.

  1. Judul postingan harus menggunakan bahasa yang bersifat umum serta sering dipakai orang lain. Selain itu disesuaikan dengan kata kunci atau keyword yang mudah diindeks oleh mesin pencari. Terutama sekali pada judul utama.
  2. Tag keyword juga ditentukan sesuai isi artikel serta postingan. Misalnya jika postingannya berisi bahasan tentang bisnis online, kata kuncinya harus diisi dengan kata-kata yang tertulis di postingan misalnya tips menjalankan bisnis online, bisnis online modal kecil, bisnis online paling menguntungkan dan seterusnya.
  3. Link navigasi tidak boleh diatur sembarangan namun harus rapi sehingga bisa lebih mudah dilihat dan tidak membingungkan pembaca. Selain itu juga untuk menghindari kesalahan saat di-indeks oleh mesin pencari. Demikian pula dengan link navigasi, harus benar dan tidak ada yang rusak.
  4. Domain, namanya dipilih sesuai dengan tema utama yang diulas di blog. Jangan memakai nama domain yang tidak mudah diingat dan ditulis orang lain terutama pengunjung. Selain itu sebaiknya domain juga mengandung SEO kata kunci atau keyword.

Jika semua teknik dasar belajar SEO di atas sudah dikerjakan dengan baik, blog atau website dapat didaftarkan ke situs mesin pencari seperti Google, MSN dan Yahoo. Apabila ingin hasil yang lebih bagus didaftarkan juga di Social Bookmarking misalnya Digg, Technoratti, Dmoz, Myspace dan yang lain.

SEO off page

Jika SEO onpage dijalankan di dalam blog, maka sebaliknya SEO off page merupakan teknik yang dilakukan di luar blog. Beberapa teknik yang bisa dilakukan saat belajar SEO adalah :

  1. Link Exchange, yaitu bertukar link dengan pemilik blog lainnya. Teknik ini terbukti sangat bagus untuk menaikan page range atau rangking kunjungan. Jika ingin hasilnya lebih optimal sebaiknya memilih blog yang angka kunjungannya lebuh tinggi.
  2. Anchor Text, yaitu mempublish link dengan cara mencantumkan backlink terhadap artikel atau postingan lama yang sebelumnya sudah dipublish. Backlink yang dicantumkan ini harus memiliki keyword yang sesuai dengan sasaran.
  3. Stay up to date, adalah rajin mengupdate postingan blog karena pengunjung internet selalu mencari info yang sifatnya lebih baru dan fresh.
  4. One way backlink atau backlink satu arah, merupakan artikel yang topiknya sama. Metode ini juga punya pengaruh yang sangat besar terhadap index mesin pencarian.
  5. Iklan baris, adalah situs untuk memasang iklan. Meski saat ini sudah mulai jarang dipakai namun sebenarnya punya posisi yang sangat strategis di mata search engine.

Selain yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa materi belajar SEO lainnya yang harus diketahui dengan seksama :

  1. Black SEO, adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada teknik SEO agar tidak kena blacklist. Contohnya ikut program paid link, postingan yang sama persis dengan blog lain, memasang link atau alamat situs yang sudah dimasukan dalam daftar hitam dan sebagainya.

Black SEO ini memiliki kebalikan yang dinamakan White SEO, yaitu penerapan teknik yang diperbolehkan oleh mesin pencari. Misalnya desain halaman yang unik, link halaman selalu punya kaitan dengan isi bahasan dan lainnya.

  1. Nofollow dan Dofollow, merupakan perintah berbentuk kode html yang mampu membuat mesin pencari tidak memasukan suatu link ke dalam peringkat. Keduanya memiliki hubungan erat dengan link yang ada dalam komentar.

Hanya saja sebagian besar pengunjung blog saat memberi komentar alasannya adalah tertarik dengan isi artikelnya, bukan karena masalah Nofollow atau Dofollow. Meski demikian tidak ada salahnya materi ini juga dipelajari.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa teknik dasar belajar SEO yang perlu dimengerti oleh pembuat blog khususnya para pemula. Saat pertama kali memang sering memusingkan, namun untuk selanjutnya akan lebih mudah dipahami. Jadi jangan mudah menyerah apalagi berhenti di tengah jalan.

Temukan Jasa Seo di Situs Angpao.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.