Ini Dia Strategi Menjalankan Bisnis Jual Beli Fashion

0
23
jual beli fashion

Sebagian besar orang selalu beranggapan jika ketersediaan modal merupakan hambatan saat ingin menjalankan suatu usaha termasuk bisnis jual beli fashion atau pakaian. Padahal usaha ini dapat dilakukan tanpa modal misalnya menggunakan sistem dropship.

Bisnis fashion atau pakaian jadi adalah bisnis yang tidak pernah mengalami surut, sebab sejak zaman dulu sudah menjadi salah satu kebutuhan paling utama bagi manusia. Apalagi di masa sekarang, pakaian tidak hanya dipandang sebagai penutup tubuh saja tapi juga menjadi unsur paling utama untuk menunjang penampilan.

Melakukan kerjasama dan menabung

Di sini, hal pertama yang harus dijalankan yaitu menjalin kerjasama dengan supplier supplier maupun produsen busana. Setelah itu bisa menerapkan beberapa cara untuk mempromosikan baju fashion tersebut kepada calon pembeli lewat situs jual beli fashion seperti angpao.id. Metode termudah yang dapat dipilih antara lain adalah menggunakan media sosial seperti twitter dan facebook.

Melalui tahapan paling awal ini, pelaku usaha dapat mengumpulkan modal yang selanjutnya bisa digunakan untuk memperluas bisnis fashion yang telah berjalan. Ketika modalnya sudah terkumpul bisa membuka toko online atau toko offline dan menyediakan stok sendiri.

Dalam kegiatan ini pemasaran dan promosi melalui sistem online tetap dilakukan agar usaha tersebut tetap bisa berkembang dan maju dengan pesat. Aktivitas menabung juga tidak boleh dilupakan agar bisa memiliki modal yang lebih banyak lagi. Termasuk sistem dan manajemen keuangan harus diatur seefisien mungkin.

Berani memproduksi sendiri

Setelah usaha jual beli fashion sudah berkembang dan mempunyai konsumen dalam jumlah yang banyak, pelaku usaha harus berani melangkah dengan jangkauan yang lebih besar. Salah satunya adalah memproduksi pakaian sendiri agar nilai keuntungan yang didapatkan menjadi semakin besar.

Tetapi selain mendapat laba yang banyak, langkah ini juga memiliki resiko lebih tinggi. Oleh sebab itu sebelumnya harus mempelajari lebih dulu tentang segala hal yang berkaitan dengan pengadaan bahan baku, proses produksi, sistem pengelolaan stok dan sebagainya.

Tidak cukup sampai di sini saja, pelaku bisnis fashion juga harus bisa mengetahui trend serta gaya berbusana yang sedang populer dan disukai masyarakat. Hampir setiap waktu seleranya terus mengalami perubahan, sehingga setiap produsen harus dapat menyesuaikan diri kepada perubahan selera tersebut.

Menjalankan sistem kemitraan

Setelah mampu membuat produksi sendiri, pelaku bisnis jual beli fashion sudah mulai dapat bernafas lega. Pencapaian ini merupakan sebuah prestasi yang patut disyukuri. Tapi selain itu masih ada beberapa langkah lagi yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut, yaitu menjalin kemitraan pemasaran dengan pelaku usaha yang lain.

Pada masa ini, pelaku usaha jual beli baju harus bisa memastikan bahwa setiap unit kegiatan usaha bisa berjalan sebaik dan selancar mungkin. Terutama di unit produksi dan promosi atau pemasaran. Kemampuan sumber daya manusia harus semakin ditingkatkan sistem kerjanya.

Strategi marketing

Selain produksi, keberhasilan marketing atau pemasaran merupakan kunci kesuksesan paling utama dalam berbisnis pakaian jadi. Jika sudah memiliki produksi dalam skala besar, pebisnis harus mau melakukan survey secara lebih mendalam. Terutama terhadap hal-hal yang punya kaitan dengan tingkat persaingan dan peluang yang ada sehingga resiko kegagalan pemasaran bisa diantisipasi sebelumnya.

Setelah survey dijalankan maka bisa menentukan jenis busana yang sekiranya bisa diproduksi dan laris di pasaran. Agar dapat meraih kesuksesan lebih besar, sebaiknya memilih jenis baju yang pemasarannya lebih tersegmentasi. Misalnya pakaian khusus untuk wanita, busana kerja atau pakaian bayi dan sebagainya.

Satu hal lagi, berilah layanan sebaik mungkin pada konsumen. Banyak konsumen yang lebih suka kembali membeli produk pakaian baru dari produsen atau toko lama dibanding membeli di toko lain apabila pemiliknya bisa memberi layanan yang baik pada mereka.

Selain itu layanan yang baik ini tidak hanya diberikan pada konsumen sama, tapi juga kepada para mitra kerja yang ikut bekerjasama dalam urusan pemasaran produksi. Jika mereka tidak mendapat layanan yang baik, mereka akan pindah ke produsen baju yang lain. Apabila hal ini terjadi tentu sangat merugikan karena mereka menjadi ujung tombak terpenting dalam urusan marketing.

Bisnis jual beli fashion merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Tapi dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi untuk mengembangkannya. Jadi tidak boleh gampang menyerah saat menghadapi masalah dan rintangan. Selamat berwirausaha.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.