Prospek dan Strategi Bisnis Jual Beli Jam Tangan

0
32
jual beli jam tangan

Ketika masyarakat mulai akrab dengan penggunaan ponsel, banyak yang berpikir jika bisnis jual beli jam tangan akan mengalami kemunduran. Karena ponsel tersebut selalu dilengkapi dengan fitur penunjuk waktu. Namun pada kenyataannya peluang usaha ini tetap menunjukan prospek yang sangat bagus.

Fungsi jam tangan

Sebagian besar orang yang menggunakan jam tangan tidak hanya melihat fungsinya saja, tapi juga untuk menunjang penampilan. Apalagi ketika jam tangan yang dipakai berasal dari merk terkenal atau branded, tentu akan menimbulkan kebanggaan tersendiri serta menaikan gengsi.

Bicara tentang urusan penampilan dan gensi, ada suatu perbedaan yang sangat signifikan dan mencolok antara ponsel dan jam tangan. Meski berasal dari merk terkenal mempunyai desain yang menarik, namun pada umumnya ponsel hanya bisa disimpan dalam saku atau tas ketika sedang tidak digunakan.

Beda dengan arloji yang terpasang di pergelangan tangan, dapat terlihat secara langsung oleh orang lain. Hal inilah yang kemudian menjadikan jam tangan bisa dipakai sebagai penunjang penampilan dan membuat pemakainya merasa bangga karena mampu memperlihatkan status sosialnya.

Prospek Bisnis jam tangan

Berdasarkan alasan tersebut hampir semua pebisnis jual beli jam tangan tidak pernah punya niat meninggalkan usaha yang digelutinya itu. Bahkan saat ini makin banyak wirausahawan yang tertarik ikut menekuni peluang ini karena dianggap dapat dijadikan sumber penghasilan utama.

Jumlah penggemar jam tangan tidak pernah menurun dan yang terjadi justru sebaliknya terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Apalagi sekarang makin banyak model serta desain yang trendi dengan kombinasi warna yang sangat unik. Hal ini menjadikan para penggunanya makin suka mengoleksi agar bisa berganti-ganti jam tangan setiap waktu sesuai keinginan.

Bukti lain yang membuat orang makin tambah yakin bahwa bisnis jual beli jam tangan tetap mampu bertahan dan bisa berkembang adalah banyaknya pedagang eceran yang selalu datang ke Jakarta. Mereka berbelanja arloji pada pedagang besar secara grosir, kemudian dijual lagi secara eceran di daerahnya.

Kondisi ini menandakan jika kehadiran ponsel yang didalamnya terdapat alat penanda waktu digital tidak memberi pengaruh besar terhadap penggunaan arloji tangan. Apalagi untuk jam tangan branded dan berkualitas tinggi serta memiliki kegunaan yang lebih spesifik. Misalnya jam tangan untuk kegiatan outdoor, menghadiri pesta dan sebagainya.

Harga dan variasi model desain

Sama seperti ponsel dan smartphone, jam tangan juga terdiri dari berbagai macam harga. Jadi bisa disesuaikan dengan isi dompet pembeli. Mulai yang harganya hanya sekitar puluhan ribu saja hingga puluhan juta rupiah, semua tersedia lengkap.

Demikian pula dengan gaya dan desainnya, juga sangat lengkap dan bervariasi. Jenis beserta modelnya dapat diselaraskan dengan selera. Apalagi di masa sekarang, setidaknya ada 3 jenis arloji yang sering ditawarkan oleh penjualnya. Seperti jam tangan otomatis, digital dan yang masih menerapkan sistem konvensional menggunakan batu baterai.

Tips berbisnis jam tangan

Sebagaimana peluang bisnis lainnya, menjalankan bisnis jual beli jam tangan membutuhkan beberapa strategi khusus untuk mengembangkannya. Pertama, tentukan lebih dahulu, apakah mau menjual arloji branded original atau arloji branded kw. Tujuannya adalah agar cara serta teknik pemasarannya bisa disegmentasikan dengan akurat.

Atas dasar ini, carilah distributor yang terpercaya dan mempunyai reputasi bagus agar dapat memperoleh jam tangan yang berkualitas dan bermutu tinggi. Terutama untuk pebisnis yang lebih tertarik memilih jam tangan tiruan atau kw sebagai barang dagangannya.

Kemudian untuk pelaku usaha yang lebih suka menjalankan bisnis jual beli jam tangan asli atau original, harus bisa membedakan antara arloji palsu dan kw. Karena tampilan kedua jam tangan ini nyaris sama, apalagi jika jam tangan tersebut merupakan jam tangan kw super atau kw1. Terlebih lagi mengingat arloji branded memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Selanjutnya agar bisa mendapat kepercayaan dari konsumen, berilah deskripsi selengkap dan sejelas mungkin terhadap jam tangan yang ditawarkan pada mereka. Mulai dari merk hingga spesifikasi dan kondisinya, apakah merupakan jam tangan ori atau kw. Jika merupakan arloji ori, harus dilengkapi dengan sertifikat dan kode produksi dari pabrikannya.

Jangan sekalipun berbuat kecurangan karena akan menurunkan reputasi sebagai pelaku bisnis jual beli jam tangan atau arloji. Konsumen dapat lari dan tidak mau bertransaksi lagi. Jujur merupakan kunci keberhasilan dalam usaha, termasuk berjualan jam tangan.

Situs Jual Jam Tangan Lengkap

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.