Rahasia Menjalankan Peluang Bisnis Jual Beli Mesin Industri

0
16
jual beli mesin industri

Beberapa waktu belakangan ini makin banyak yang meminati bisnis jual beli mesin industri terutama untuk usaha kecil dan menengah. Mesin industri hasil produksi dalam negeri dalam kenyataannya memang sudah mampu bersaing dengan mesin sejenis buatan luar negeri. Pada umumnya mesin-mesin tersebut dipakai untuk menjalankan berbagai macam jenis usaha lain.

Situs Jual Beli Perlengkapan Mesin Industri dapat ditemukan di : Angpao.id

Survei pasar

Apabila ada yang tertarik jadi produsen jual beli mesin industri, sebaiknya diawali dulu dengan survei di pasar dan lapangan. Maksudnya adalah pelaku bisnis ini harus bisa mengetahui jenis mesin apa saja yang diperlukan pelaku usaha lain dan memiliki potensi lebih tinggi untuk dijalankan dan dikembangkan.

Selama ini, salah satu peluang bisnis jual beli mesin industri paling laris dipasaran berupa mesin yang sering dipakai untuk mengolah hasil panen pertanian dan perkebunan. Contohnya antara lain adalah mesin untuk mengolah buah, kopi dan kelapa.

Selain itu ada pula mesin yang jumlah pemakai atau peminatnya banyak seperti mesin untuk mengolah kompos dan limbah plastik. Kemudian ada lagi mesin yang pasarannya juga tidak kalah bagus yaitu mesin pengolah makanan seperti pesteurisasi dan mixer.

Menentukan jenis produk mesin industri

Setelah mengetahui selera pasar dan jenis mesin yang sering dicari masyarakat, langkah awal ini diteruskan dengan survei lain yaitu menentukan jenis mesin yang akan diproduksi. Hal ini berkaitan erat dengan jenis usaha paling berkembang di suatu wilayah tertentu.

Misalnya kota A dikenal sebagai penghasil produk makanan dari buah-buahan. Apabila ingin membuka usaha jual beli mesin industri di daerah itu, maka buatlah mesin-mesin yang bisa dipakai para pengusaha makanan buah tersebut. Sehingga mereka mampu berproduksi secara mudah, praktis dan hemat biaya.

Mesin-mesin itu misalnya adalah mesin untuk mengupas buah, mesin pengering buah, mesin pengiris, mesin untuk merebus buah atau menggoreng dan seterusnya. Bahkan selain itu bisa pula membuat mesin khusus untuk membuat kemasan atau bungkus hasil produksi.

Persyaratan

Untuk terjun dalam kancah bisnis jual beli mesin industri skala kecil dan menengah, pelaku bisnis tersebut tidak perlu menempuh pendidikan khusus lebih dulu. Siapa saja bisa menekuni usaha ini selama ada kemauan. Yang terpenting adalah mau belajar tentang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan urusan permesinan.

Perlu diketahui setiap pengusaha jual beli mesin industri harus benar-benar bisa memahami sistem kerja mesin beserta fungsinya. Tetapi jangan khawatir, ilmu pengetahuan tersebut saat ini makin mudah dipelajari. Selain itu sumbernya juga bisa diperoleh melalui berbagai media khususnya internet dan majalah-majalah teknik.

Melalui pembelajaran secara autodidak, pelaku usaha akan mendapatkan pengetahuan tentang teknik pengelasan, teknik elektrikal dan desain mesin. Selanjutnya agar mampu memproduksi mesin dengan kualitas yang lebih bagus, sebaiknya mempunyai tenaga ahli khusus.

Terutama yang berkaitan dengan urusan kimia, industri dan mesin. Apabila belum memiliki modal yang cukup, tetap bisa memperkerjakan mereka dengan sistem freelance. Keberadaan para pegawai lepas ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan kerja.

Sebagai lulusan teknik, tentu mereka memiliki relasi yang lebih luas untuk memasarkan hasil produksi mesin yang dibuat. Sehingga selain dijadikan sebagai tenaga kerja ahli, mereka juga memiliki peran untuk memasarkan mesin-mesin melalui sistem bagi hasil atau komisi.

Modal usaha

Meskipun produksinya masih dalam skala kecil usaha jual beli mesin industri memang tetap butuh modal yang lumayan besar. Terutama sekali untuk menyediakan mesin potong logam, mesin bor, mesin tekuk dan lainnya. Jumlah keseluruhannya dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Untuk mengatasi masalah terkait dengan ketersediaan modal sebaiknya mengutamakan mesin yang paling sering digunakan lebih dulu. Jika suatu saat membutuhkan mesin yang belum ada atau belum dimiliki, bisa bekerjasama dengan pelaku usaha sejenis lainnya.

Selain itu jangan terlalu sering membuat stok barang dan mesin tapi secukupnya saja sebagai contoh. Karena biasanya tiap pelaku usaha juga memerlukan mesin industri yang tidak sama, tergantung skala usahanya dan jenis produk yang mereka hasilkan. Jadi pada umumnya mesin tersebut sering dibuat dalam konsep dan ukuran berbeda-beda.

Melihat prospeknya yang sangat bagus tidak ada salahnya menjalankan usaha jual beli mesin industri terutama bagi mereka yang tinggal di sentra-sentra industri. Apalagi jika telah punya modal dan pengetahuan yang cukup di bidang permesinan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.