Peluang Menjanjikan Dari Bisnis Jual Beli Pakaian Olahraga

0
26
jual beli pakaian olahraga

Bisnis jual beli pakaian olahraga adalah suatu peluang usaha yang tidak pernah lekang oleh perkembangan zaman. Pasarnya selalu terbuka lebar sebab jumlah peminatnya sangat banyak dan berasal dari semua kalangan. Dari orangtua, orang dewasa hingga remaja termasuk anak-anak banyak yang suka mengenakan baju olahraga.

Apalagi ketika ada even olahraga besar seperti acara jalan atau sepeda santai, ajang kejuaraan dan lainnya. Semua penggemarnya pasti ingin memakai pakaian olahraga menurut tema yang diusung dalam perhelatan tersebut. Hal semacam ini merupakan sebuah peluang bagus untuk mengembangkan bisnis jual beli pakaian olahraga bagi yang mau kreatif.

Kelebihan bisnis pakaian olahraga

Memproduksi atau berjualan pakaian olahraga merupakan sebuah peluang yang sangat bagus dan menjanjikan. Bahan baku utamanya sangat mudah didapatkan dengan harga yang relatif  murah. Sehingga usaha ini tidak membutuhkan modal besar untuk mengawalinya.

Untuk pemasarannya ada beberapa jenis strategi yang bisa diterapkan. Biasanya pelaku bisnis yang terjun dalam bidang usaha jual beli baju olahraga selalu menjalin hubungan kerjasama dengan instansi seperti sekolah, pabrik hingga kantor yang jumlah pegawainya cukup banyak.

Selain itu bisa memasok dan jadi distributor pedagang eceran atau toko khusus yang menjual produk-produk peralatan atau pakaian olahraga. Apabila ingin menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, dapat melakukan promosi secara online melalui berbagai media internet misalnya facebook, twitter, marketplace atau membuat toko online dan sebagainya.

Kendala terbesar

Salah satu kendala yang sering muncul saat menjalankan usaha jual beli pakaian olahraga adalah tingkat persaingannya yang tergolong sangat ketat. Pelaku bisnis yang ingin terjun ke dalam usaha ini jumlahnya tidak sedikit.

Diantaranya adalah pebisnis besar dan dapat memproduksi pakaian olahraga yang berkualitas serta bermutu tinggi dengan desain yang unik dan menarik. Bagi yang belum berpengalaman, tentu kondisi ini akan menimbulkan kesulitan tersendiri dalam merebut pasar.

Selain itu masih ada faktor lain yang dapat membuat pasar atau pesanan pembuatan kaos dan pakaian olahraga jadi sepi. Misalnya tidak adanya even olahraga akbar atau tahun ajaran baru sekolah, dimana banyak orang yang lebih mendahulukan kepentingan pendidikan. Kemudian ada lagi momen khusus yang menjadikan pasar pakaian olahraga jadi surut yaitu saat masuk bulan Ramadhan dan menjelang lebaran.

Strategi pemecahan masalah

Semua permasalahan dan kendala di atas bisa diselesaikan melalui beberapa strategi. Misalnya untuk menghadapi persaingan dari pelaku bisnis jual beli pakaian olahraga yang lain, dapat melakukan promosi secara lebih gencar. Sehingga usaha tersebut bisa makin dikenal terutama oleh para penggemar pakaian olahraga.

Apabila sekiranya belum mampu menghadapi persaingan sendiri karena keterbatasan modal, sebaiknya menjalin hubungan kerjasama dulu dengan mereka. Misalnya membantu produksi ketika pemodal besar tersebut sedang kebanjiran order serta tidak mampu menyelesaikannya sendiri.

Barulah setelah bisa mandiri dan mampu menggunakan merk dagang sendiri, secara perlahan ketergantungan seperti itu mulai dilepaskan. Bagaimanapun juga, apabila menggunakan merk dagang sendiri itu akan membuat pelaku usaha jual beli pakaian olahraga lebih bebas untuk melakukan kreasi dan inovasi. Sehingga hasil produksinya bisa memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan pesaingnya.

Harga harus dapat ditekan semurah mungkin agar lebih kompetitif. Selain itu desainnya harus dibuat semenarik mungkin dan selalu sesuai dengan trend yang sedang berkembang. Saat ini, banyak klub olahraga terutama sepakbola yang menjadi barometer atas perkembangan desain dan gaya pakaian olahraga.

Pilih klub sepakbola yang prestasinya sedang berada dipuncak kegemilangan. Pada umumnya baju seragam mereka memiliki jumlah peminat yang sangat tinggi. Sehingga desain seragam tersebut bisa ditiru dengan beberapa modifikasi agar terlihat lebih unik dan cantik.

Kualitas harus selalu dijaga, termasuk urusan warna yang tidak mudah luntur. Jika memakai teknik sablon, usahakan memakai material sablon yang benar-benar berkualitas tinggi. Selain itu jahitannya harus rapi dan kuat. Pilih benang jahit dan benang obras terbaik agar jahitannya tidak mudah putus.

Satu unsur lagi yang tidak boleh dipandang sebelah mata, sebelum membuka bisnis jual beli pakaian olahraga sebaiknya mempelajari lebih dulu seluk beluk dunia ini. Pakaian olahraga itu memiliki karakter yang agak berbeda dengan jenis busana fashion lainnya. Apabila sudah dipelajari, tentu tidak akan terjadi kesalahan dalam melangkah. Selamat berjuang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.