Jual Beli Peralatan Kantor

0
13
jual beli peralatan kantor

Terdapat beberapa jenis persiapan yang harus dilakukan lebih dulu jika ingin membuka usaha jual beli peralatan kantor atau sering juga disebut dengan istilah stasionary. Apabila modal yang dimiliki tidak terlalu besar, sebaiknya memilih dagangan yang paling sering dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat sekitar. Untuk masalah perijinannya, cukup diperoleh dari warga sekitar dan ketua RT atau RW setempat.

Situs Jual Beli Peralatan Kantor Terlengkap dapat anda temukan di : https://angpao.id/

Prospek usaha dan kelebihannya

Bisnis peralatan kantor adalah bisnis bermasa depan cerah. Karena sebagian besar masyarakat selalu memerlukan barang-barang tersebut. Terutama para pegawai kantor dan kaum pelajar. Selain itu peralatan kantor bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jadi jika belum bisa laku terjual tetap bisa dijadikan sebagai stok.

Kelebihan lain dari bisnis jual beli peralatan kantor adalah semua barangnya tidak pernah ada ketinggalan zaman. Bahkan sering dicari karena sudah menjadi semacam kebutuhan bagi yang memerlukannya. Terutama sekali kertas, buku tulis, potlot, bolpoint, penggaris dan lain sebagainya.

Kendala

Salah satu kendala paling utama yang perlu dihadapi dengan serius ketika berbisnis peralatan kantor berhubungan dengan urusan karyawan. Banyak pencari kerja yang tidak tertarik kerja di toko peralatan kantor. Pada umumnya mereka lebih senang bekerja di pabrik, supermarket, toko pakaian, rumah makan dan lainnya.

Bagi pengusaha yang tidak mempunyai waktu cukup untuk menjaga tokonya sendiri tentu hal ini sangat merepotkan. Namun perlu diketahui pula, pada umumnya toko peralatan kantor itu lebih sering didatangi pembeli pada pagi dan sore atau malam hari saja. Jadi dapat membuat jadwal kerja sesuai dengan kondisi tersebut. Lalu pada hari Minggu bisa libur untuk istirahat.

Konsep pengembangan usaha

Jika tepat saat memilih lokasi, sebenarnya bisnis jual beli peralatan kantor itu cukup mudah untuk dikembangkan. Meski modal yang dibutuhkan tergolong besar, tapi usaha ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan tinggi. Keuntungan ini tidak berasal dari prosentase atau selisih nilai penjualannya, melainkan dari jumlah transaksi jual beli yang terjadi.

Dalam hitungan beberapa bulan saja, jumlah modal yang dikeluarkan sudah kembali sehingga bisa mencapai titik impas atau BEP (Break Even Point). Namun tentu saja hasil ini akan bisa diperoleh jika disertai dengan perencanaan pengembangan bisnis yang matang dan terencana.

Misalnya untuk memperoleh produk-produk peralatan kantor yang murah, harus bisa mencari distributor dan supplier besar agat bisa mendapat potongan harga yang lebih tinggi. Selain itu harus mampu memilih barang yang sekiranya lebih cepat dijual dan selalu laku dipasaran.

Jika semua sudah berjalan lancar, peluang usaha jual beli peralatan kantor ini dapat mulai dikembangkan. Tujuannya adalah agar bisa mendapat sumber penghasilan yang lebih banyak. Adapun salah satu teknik yang dapat ditempuh adalah melengkapi usaha tersebut dengan jasa fotokopi, yang memang memiliki hubungan erat dengan bisnis peralatan kantor.

Selain itu dapat pula ditambah dengan jasa lain yang masih saling terkait, misalnya penjilidan buku, laminating dan lainnya. Bahkan masih bisa dikembangkan lagi dengan membuka usaha print komputer. Namun sebaiknya hal ini tidak usah diiringi dengan membuka usaha lainnya seperti pengetikan. Sebab bisnis ini membutuhkan teknik dan pola manajemen tersendiri.

Penyediaan barang dan stok serta penataan toko

Barang-barang peralatan kantor merupakan produk yang laris dijual karena sering dicari oleh masyarakat. Terutama sekali peralatan menulis. Oleh karena itu harus bisa menyediakan stok yang lebih banyak agar tidak kehabisan. Jika ada pembeli yang datang dan tidak memperoleh barang yang dibutuhkan, mereka bisa lari ke toko lain dan tidak pernah kembali lagi.

Untuk penataan tokonya, sebaiknya ditata serapi mungkin. Semua barang harus diatur dengan baik agar pembeli lebih mudah memilih serta menemukan barang yang dicari. Usahakan agar pintu toko dapat dibuka selebar mungkin agar bisa terlihat dari luar.

Perlu diketahui, biasanya pembeli alat-alat kantor tidak akan mengambil sendiri barang yang akan dibeli. Oleh karena itu harus bisa memberi layanan secepat mungkin agar mereka tidak perlu menunggu waktu yang terlalu lama.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting, pelaku usaha jual beli peralatan kantor harus selalu bersikap ramah pada setiap konsumen yang datang ke tokonya. Karena keramahan memang selalu menjadi kunci keberhasilan dalam berwirausaha. Selamat berbisnis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.