Tips Jual Beli Perangko Kuno

0
1322
jual beli perangko

Bagi para generasi mudah jaman sekarang, mengoleksi ataupun melakukan jual beli perangko kuno mungkin akan terkesan sudah sangat ketinggalan jaman dan tidak menarik sama sekali. Hal ini tidak dapat dihindari karena dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan kebanyakan generasi muda masa kini lebih beralih untuk menggunakan berbagai gadget yang telah dilengkapi dengan internet sehingga dapat mengakses berbagai informasi dari seluruh dunia. Namun, terdapat juga orang-orang yang masih hobi dalam mengumpulkan serta jual beli perangko kuno. Bagi para penggemar perangko kuno, mereka akan berusaha untuk mendapatkan sebanyak dan selengkap mungkin berbagai jenis perangko-perangko kuno. Mereka bahkan rela membayar mahal demi mendapatkan perangko kuno yang mereka inginkan.

Pada faktanya, mengumpulkan perangko kuno sebenarnya merupakan sebuah hobi yang menarik serta menguntungkan karena bias membantu anda menghasilkan uang. Hal ini dikarenakan layaknya barang-barang kuno lainnya yang memiliki nilai sejarah dan harga mahal, perangko kuno juga memiliki harga jual yang tinggi dikarenakan nilai sejarahnya.  Di bawah ini merupakan beberapa tips bagi anda yang ingin mencoba menjadikan jual beli perangko kuno untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kenali Cara Jual Beli Perangko Kuno

Sebelum anda memulai jual beli perangko kuno, anda sebaiknya memahami terlebih dahulu standar dari harga sebuah perangko kuno serta berbagai hal yang dapat mempengaruhi harga dari perangko tersebut. Beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga dari sebuah perangko kuno antara lain adalah sebagai berikut. Faktor pertama adalah pada kondisi fisik dari perangko tersebut yang meliputi apakah warna dari perangko tersebut masih bagus atau telah menguning, apakah perangko tersebut memiliki cacat atau masih mulus, serta apakah gambar dan rancangan dari perangko tersebut mengalami kerusakan. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi harga dari perangko kuno adalah pada cap perangko yang terdiri dari cap tindih dan cap tanggal pos yang dimiliki oleh setiap perangko untuk menandakan bahwa perangko tersebut merupakan perangko asli.

Di Amerika Serikat bahkan mengeluarkan sertifikat untuk jaminan dari keaslian sebuah perangko. Hal ini disebabkan keaslian sebuah barang merupakan hal yang sangat penting bagi orang yang hendak membelinya. Oleh sebab itu, apabila anda merupakan calon dari pembeli ataupun orang yang hendak melakukan jual beli perangko kuno, anda sebaiknya memperhatikan dengan tepat tempat anda akan membeli sehingga anda tidak ditipu. Salah satu tempat rekomendasi bagi anda pecinta perangko kuno adalah pada angpao.id. Pada situs ini, anda dapat membeli berbagai variasi perangko kuno dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus dan menarik .

Untuk mendapatkan keuntungan, banyak orang yang melakukan jual beli perangko kuno dengan mengambil selisih nilai jual dan beli sebagai keuntungan. Ketika anda hendak menjual perangko kuno, anda dapat menjadikan Katalog Perangko Indonesia (KPI) sebagai acuan. KPI merupakan sebuah kumpulan standar harga jual perangko kuno yang dibuat oleh Asosiasi Pedagang Perangko Indonesia (APPI). Anda dapat menanyakan penilaian harga juga dari para pedagang perangko untuk kemudian dibandingkan dengan standar KPI. Langkah berikutnya untuk menjual perangko kuno anda adalah dengan bergabung dalam perkumpulan filatelis yang melakukan jual beli perangko kuno sehingga anda dapat bersosialisai dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan anda. Selain bergabung dalam perkumpulan tersebut, anda juga dapat melakukan lelang perangko melalui APPI yang biasanya akan mengadakan lelang perangko kuno dua kali dalam setahun.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.