Tips Investasi dan Berbisnis Jual Beli Perhiasan Emas

0
34
jual beli perhiasan

Salah satu jenis investasi dan bisnis paling menguntungkan saat ini yaitu jual beli perhiasan emas. Namun sebelum memutuskan membeli, sebaiknya harus ditentukan lebih dahulu tujuan d ari investasi tersebut. Apakah perhiasan itu benar-benar dijadikan sebagai alat investasi atau digunakan untuk menghadiri pesta dan kehidupan sehari-hari.

Investasi emas perhiasan

Jika tujuan dari membeli perhiasan emas untuk digunakan sehari-hari sekaligus untuk sarana investasi sebaiknya memilih perhiasan yang bentuknya polos. Selain itu juga tidak dilengkapi dengan perhiasan lain berupa permata. Alasannya apabila ada permata kemudian pertama itu mengalami kerusakan misalnya tergores, hal ini bisa membuat harganya jadi lebih rendah jika dijual kembali.

Berbeda dengan perhiasan emas polos, selama masih memiliki surat jual beli perhiasan atau kwitansinya, maka semua toko bersedia membelinya. Bahkan harganya jualnya menjadi lebih tinggi jika dijual kembali di toko yang sama saat membeli dan harga fluktuasinya mengalami kenaikan.

Selanjutnya untuk emas yang tujuan utamanya memang untuk investasi, lebih bagus membeli emas yang bentuknya bukan perhiasan lagi melainkan berupa batangan. Emas dalam bentuk batangan tidak dikenai ongkos pembuatan sehingga jika dijual lagi harganya dapat naik lebih tinggi sesuai harga pasaran, dibanding emas berbentuk perhiasan.

Pentingnya nota atau surat pembelian

Setiap melakukan investasi atau berbisnis jual beli perhiasan emas harus selalu menyimpan nota atau surat pembelian. Perlu diketahui, tidak semua toko mampu menentukan dan menilai kadar emas yang ditawarkan pada mereka. Terutama sekali toko perhiasan emas yang berada di kota-kota kecil.

Biasanya para pemilik toko tersebut hanya mampu melakukan pengecekan, apakah emas atau perhiasan tersebut asli atau palsu. Namun apabila ingin mengetahui kadar maupun prosentase kandungan emas yang ada do logam mulia tersebut, butuh teknologi khusus serta waktu yang agak lama.

Jadi apabila masih mempunyai nota atau surat pembeliannya, antara penjual maupun pembeli tinggal mengikuti informasi kadar emas yang tertulis pada nota dan surat tersebut. Karena itu ketika ingin menjual lagi, sebaiknya langsung saja pergi ke toko dimana perhiasan emas itu dibeli pertamakali. Sehingga proses transaksi jual beli perhiasan emas menjadi lebih mudah dilakukan.

Hal lain  yang perlu mendapat perhatian

Saat membeli untuk investasi dan bisnis, pilihlah perhiasan emas dalam kondisi sangat bersih. Maksudnya adalah ada beberapa jenis perhiasan emas yang warnanya tidak murni kuning dan mengandung warna hijau di sebagian pori-porinya.

Banyak penjual yang menyebutkan bahwa pemunculan warna hijau pada perhiasan emas itu merupakan hal yang sangat biasa. Namun sebenarnya emas yang mengandung warna hijau itu merupakan pertanda apabila perhiasan logam mulia tersebut tidak dibersihkan melalui proses yang benar.

Perhiasan emas seperti ini biasanya masih mengandung obat-obatan kimia tertentu. Apabila digunakan, pemakainya akan mendapatkan alergi kulit seperti gatal-gatal dan perih. Selain itu juga bisa membuat kulit jadi terlihat kemerahan.

Selanjutnya untuk perhiasan emas yang memiliki permata, harus dicek seteliti mungkin agar tidak mendapat permata yang cacat misalnya tergores dan ada bagian yang cuil. Kecacatan ini bisa menjadikan harganya jadi turun saat mau dijual kembali.

Berikutnya, bila lebih tertarik melakukan investasi dan bisnis jual beli perhiasan emas yang bentuknya berupa gelang atau kalung, utamakan memilih emas dengan kunci yang dibuat dan diproses memakai mesin. Biasanya kunci tersebut sangat mirip dengan huruf ‘S’ yang sering disebut dengan istilah kunci toggle. Jangan memilih kunci buatan tangan karena mudah rusak dan gampang terlepas.

Tips menjual perhiasan emas

Meski masih menyimpan nota pembeliannya, namun saat menjual perhiasan emas sebaiknya tidak ditunjukan langsung pada petugas toko. Apalagi saat emas sedang mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Biasanya petugas atau pemilik toko akan mematok harga yang tidak sesuai dengan harga pasar tapi didasarkan atas harga yang tertera pada nota.

Namun sebaliknya jika harganya sedang turun, maka harga patokannya ditentukan menurut harga pasaran. Sistem ini jelas merugikan pemilik perhiasan emas meski tidak semua pemilik toko selalu memberlakukan aturan tersebut.

Jadi gunakan nota jual beli perhiasan emas hanya untuk membuktikan apabila barang yang dibawa benar-benar asli bukan tiruan. Dan sebelum melakukan aksi jual atau beli lakukanlah pengecekan lebih dulu harganya, antara toko yang satu dengan toko yang lain.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.