Jual Beli Saham di Bursa Efek

0
113
Jual Beli Saham

Saham merupakan sebuah bentuk dari variasi investasi yang diharapkan untuk dapat mendatangkan keuntungan. Setiap bentuk investasi tentu saja memiliki resiko, tak terkecuali jual beli saham. Keuntungan yang anda dapatkan dengan berinvestasi dengan main saham adalah bias mendapatkan capital gain yang merupakan kelebihan dari nilai penjualan saham dan nilai pembelian saham. Selain itu, anda juga bias mendapatkan pembagian dividen (keuntungan) yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang sahamnya. Namun, besarnya dividen yang anda terima akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham dari perusahaan tersebut.

Resiko pertama yang kemungkinan dapat anda alami ketika melakukan jual beli saham adalah mengalami capital loss dimana harga jual dari saham anda lebih rendah dari harga beli dari saham tersebut sehingga mengakibatkan anda mengalami kerugian. Resiko selanjutnya adalah ketika perusahan yang anda beli sahamnya mengalami likuidasi. Likuidasi berarti bahwa perusahaan tersebut dinyatakan bangkrut oleh pengadilan dan perusahaan tersebut harus dibubarkan, dimana klaim dari pemengang saham akan menjadi prioritas terakhir.

Bursa efek adalah sebuah pasar dimana para broker melakukan jual beli saham serta surat berharga dengan seperangkat peraturan yang telah ditetapkan dan terorganisir. Anda dapat melakukan jual beli saham dengan menggunakan jasa para broker yang telah menjadi anggota dalam bursa. Para broker ini akan membantu anda dalam melakukan transakasi untuk memesan (order) saham yang anda inginkan serta memberikan anda saran yang berhubungan dengan rencana dari investasi anda. Anda harus membayar biaya komisi kepada broker yang telah menyediakan jasanya untuk anda.

Tips Memulai Jual Beli Saham

Pada pembahasan sebelumnya, anda telah mengetahui berbagai keuntungan dan resiko yang dapat anda hadapi ketika jual beli saham serta cara kerja dari para broker dari bursa efek. Setelah anda mengerti, maka anda bisa memulai transaksi jual beli saham.  Berikut merupakan beberapa tips yang dapat membantu anda ketika hendak membeli saham. Pembelian saham berkaitan erat dengan penjualan saham dikarenakan apabila anda tepat dalam membeli saham tertentu, maka pada saat menjual sudah dapat dipastikan bahwa anda akan memperoleh keuntungan dari kelebihan nilai jual beli saham tersebut.

Tips pertama bagi anda yang akan memulai jual beli saham adalah dengan mempelajari cara melakukan analisis fundamental pada saham. Pada tahap ini, anda harus mempelajari sistem fundamental dari saham dari perusahaan yang ingin anda beli  serta memeriksa kinerja dan performanya di Bursa Efek. Selain itu, anda sebaiknya memilih sasaran investasi saham dari perusahaan yang telah pernah mempublikasikan informasi sebelumnya agar dapat mengurangi berbagai resiko.  Kedua hal yang tersebut penting untuk anda perhatikan agar tidak menjatuhkan anda tidak melakukan salah investasi saham yang mengakibatkan anda mengalami kerugian pada saat anda menjual saham yang telah anda miliki.

Tips selanjutya yang harus anda perhatikan dalam jual  beli saham adalah memperhatikan trend harga dari saham yang hendak anda beli dan jual.  Setiap jenis saham tentu saja memiliki trend dari harga serta volume penjualan yang dapat anda gunakan untuk menganalisa kapan waktu yang paling tepat untuk membeli dan menjual saham tersebut. Hal ini dinamakan sebagai analisa teknikal (technical analysis). Anda sangat disarankan untuk mempelajari teknik menganalisa yang satu ini sehingga anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam membeli ataupun menjual saham sebuah perusahaan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.