Keuntungan Berjualan Produk Digital

0
95
Produk Digital

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, produk dagangan pun menjadi semakin beragam jenisnya, salah satu diantaranya adalah produk digital yang juga kita kenal dengan nama e-produk. Secara sederhana produk digital memiliki arti produk berbentuk bukan fisik atau berwujud elektronik, yang dibuat, disimpan, dan diaplikasikan dalam format elektronik.

Jual Beli Produk Digital Kunjungi website : Angpao.id

Terdapat banyak jenis produk digital, dan beberapa produk yang umum adalah:

  • Aplikasi

Apps atau aplikasi ini keberadaannya semakin popular dengan semakin menjamurnya produk smartphone, dan aplikasi yang dapat diunduh melalui App Store atau Play Store ini digunakan untuk menambah fungsi yang dimiliki smartphone.

 

  • Video dan Musik

Video dan musik yang dulu disimpan dan diperjualbelikan dalam bentuk kaset dan VCD/DVD, kini sudah didominasi bentuk digital dengan berbagai macam format, yang pemakaiannya juga dapat menggunakan berbagai macam media, termasuk ponsel.

 

  • Buku Elektronik

Tidak hanya musik dan video, buku konvensional pun juga berkembang menjadi buku elektronik yang kita kenal dengan nama e-book dan dapat dibaca dengan menggunakan berbagai macam media, termasuk menggunakan smartphone yang terinstal aplikasi untuk membaca e-book.

 

Keuntungan Berjualan Produk Digital

Meski jenis produk digi memiliki keterbatasan dan tidak sebanyak produk konvensional, namun produk digital memiliki beberapa kelebihan dibanding produk konvensional, sehingga prospek dari berjualan produk elektronik inipun cukup menggiurkan. Inilah beberapa keuntungan berjualan produk digital.

 

  • Stok Tidak Terbatas

Jika para penjual barang konvensional masih harus memikirkan stok barang sebelum melangkah ke penjualan, maka untuk penjual produk ini hal tersebut tidak berlaku, karena kapanpun customer tertarik pada produk yang Anda tawarkan, maka saat itu juga Anda dapat menjualnya. Sehingga pemilik produk yang ingin menjual produknya dapat lebih terkosentrasi pada upaya penyempurnaan produk tersebut dan upaya untuk memperluas akses pasar.

 

  • Target Pasar yang Luas

Faktor regulasi, pajak, cukai, transportasi, dan sebagainya menjadi satu hambatan bagi produk konvensional yang berbentuk fisik untuk dapat berkembang memenuhi setiap sudut pasar, sehingga jangkauan pasar pun akan terbatasi. Berbeda halnya dengan produk versi digital yang untuk memperolehnya cukup dengan mengunduh produk tersebut dengan bantuan akses internet. Sehingga dimanapun seseorang berada, selama dia dapat mengakses internet, maka dia dapat membeli produk digital yang dijual oleh siapapun dan dimanapun. Ini yang membuat produk digital memiliki akses pasar yang lebih luas.

 

  • Biaya Rendah

Biaya inventory atau biaya material untuk produk konvensional bisa mencapai 75 persen dari harga jual, belum termasuk biaya untuk mendirikan tempat berjualan, pengiriman, penyimpanan barang di gudang dan sebagainya. Lain halnya dengan digital, biaya inventory bahkan bisa ditekan hingga 0 persen, serta tidak membutuhkan biaya khusus untuk membeli atau menyewa tempat berjualan, pengiriman maupun penyimpanannya. Hal ini yang membuat cost dari produk digital lebih rendah dibandingkan cost yang dibutuhkan untuk berjualan produk konvensional.

 

  • Jam Kerja yang Fleksibel

Selain membutuhkan tempat yang khusus, mereka yang berjualan barang konvensional juga harus mengalokasikan waktu dan tenaga secara khusus pula untuk menjaga dan memberikan pelayanan kepada para customer di lokasi berjualan. Jam kerja di lokasi berjualanpun juga harus mengikuti jam kerja secara umum, sehingga mau tidak mau harus terikat oleh waktu. Berbeda halnya dengan berjualan digital yang dilakukan secara online. Kapanpun dan dimanapun seorang penjual produk digital dapatĀ  melakukan aktifitasnya tanpa harus mengikuti jamĀ  kerja secara umum. Dengan flexilibitas waktu tersebut, membuat mereka yang berjualan produk digital memiliki keleluasan dalam mempergunakan waktu dan tenaganya. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.