Tips Cara Meningkatkan Free Space Di Harddisk Sekaligus Meningkatkan Perfoma PC

0
148
Meningkatkan Free Space Di Harddisk

Sekarang ini, space harddisk jauh lebih besar dibandingkan dengan di masa lalu, namun, ukuran Software dan games juga jauh lebih besar lagi. Jika dulu Anda memiliki ruang 10 GB di local disk C, Anda dapat menggunakan Windows XP dan banyak program lainnya. Namun sekarang, Anda tidak dapat menginstall Windows 10 atau 8 pada hard disk 10 GB. Anda memerlukan lebih banyak ruang tersisa. Dan lagipula, ada banyak software penting yang dapat mengambil begitu banyak ruang di harddisk Anda. Sehingga, kadang Anda mungkin perlu menghadapi masalah dengan hal itu. Jika Anda menggunakan SSD (Solid State Drive) yang memiliki ruang hard disk lebih kecil, mungkin Anda akan mengalami masalah low disk space. Anda dapat mengikuti beberapa tips cara meningkatkan free space di harddisk Anda dan meningkatkan performa Komputer.

Mengapa Anda membutuhkan ruang kosong hard disk?

Jika hard drive Anda dipenuhi file, PC Anda mungkin dapat berjalan dengan lebih lambat. Apalagi, OS modern memerlukan lebih banyak ruang kosong di dalam hard disk. Ada banyak program yang memerlukan ruang kosong di hard disk agar dapat berjalan dengan lancar. Atau, jika Anda ingin mengoptimalisasi performa PC Anda, Anda mungkin perlu membersihkan hard disk Anda.

Tips cara meningkatkan free space di harddisk Anda dan meningkatkan performa Komputer.

Untuk mengingkatkan ruang kosong di harddisk Anda, Anda dapat melakukan hal ini:

1. Disk Cleanup:

Ini adalah tools build in yang ada di Windows, dari XP hingga 10. Semua versi memiliki fitur ini. Anda dapat dengan mudah membersihkan space di Hard disk Anda dengan menghapus file temporary dan tak penting, logs, dll. Penggunaannya sangat mudah.

  • Masuk ke This PC (Atau di Windows 7 ke bawah dikenal dengan Computer atau My Computer)
  • Anda akan melihat daftar disk drives lokal. Klik kanan pada drive yang Anda ingin bersihkan dan pilih properties.
  • Klik pada Disk Cleanup.
  • Sekarang, Disk Cleanup akan terbuka. Anda dapat membersihkan harddisk Anda dengan cara ini. Namun jika Anda ingin lebih banyak file yang dapat terhapus. Anda harus mengklik Cleanup System Files.
  • Tandai semuanya dan klik OK.
  • Dengan proses ini, akan membersihkan dan tentu saja meningkatkan ruang kosong di harddisk Anda.

Meningkatkan Free Space Di HarddiskUninstall beberapa program yang memakan banyak ruang di Harddisk Anda.

Anda mungkin telah menguninstall banyak aplikasi dan program tidak penting di komputer Anda. Bahkan, Anda mungkin memiliki program yang semua fiturnya tidak Anda gunakan dan terinstall di komputer Anda. Dan, banyak program-program tersebut memakan banyak tempat di harddisk Anda. Contohnya, Microsoft Office. Ya, mungkin itu adalah program yang sangat penting, tapi apakah Anda menggunakan semua program yang ada di Microsoft Office? Anda pasti memerlukan Word, Excel, PowerPoint, Access, namun, apakah sisanya Anda gunakan? Anda dapat menghapus semua fitur yang tidak Anda gunakan, dan hanya menyisakan yang Anda perlukan.

  • Pertama, masuk ke Control Panel
  • Klik pada bagian Uninstall Programs
  • Anda akan melihat daftar program-program yang telah terinstall. Klik dua kali pada bagian yang ingin Anda install.
  • Ikuti petunjuknya.

Membersihkan file temporary

Disk Cleaup tidak selalu membersihkan semua file temporary, contohnya cache Chrome atau Firefox. Anda dapat membersihkan mereka secara manual, namun cukup rumit. Maka, saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan program-program seperti CCleaner yang mengizinkan Anda untuk membersihkan file-file temporary dari komputer Anda. Namun jangan gunakan program yang tak terpercaya.

Meningkatkan Free Space Di HarddiskMenghapus file-file duplicate

Ada begitu banyak file-file duplikat. CCleaner juga dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik. Cari dan hapus file-file duplikat. Ini akan membantu Anda menyisakan tambahan free space pada harddisk Anda.

Kurangi space Recycle Bin

Ini juga salah satu pilihan bagus untuk mendapatkan tambahan space harddisk Anda. Anda harus mempertimbangkan untuk mengurangi batasan space recycle bin Anda. Caranya:

  • Masuk ke Recycle Bin
  • Klik kanan dan pilih Properties.
  • Sekarang, Anda dapat mengatur batasan space Recycle Bin untuk tiap drive.

Demikian tips cara meningkatkan free space di harddisk Anda dan meningkatkan performa Komputer. Ya, Anda tidak perlu menjadi computer geek untuk melakukan hal ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.