Tips Jitu agar baterai gadget tidak cepat rusak

0
204
Tips Jitu agar baterai gadget tidak cepat rusak

Pada umumnya seringkali kita tidak menyadari bahwa penggunaan pada ponsel atau smartphone yang kita gunakan telah mengeluarkan jenis baterai keluaran terbaru yakni Li-on, tetapi kita melalaikan keadaan baterai yang sudah di perbarui ternyata kita masih anggap baterai Ni-Cd.

Padahal baterai dengan perawatan sekedarnya saja akan memberikan banyak pengaruh bagi kita sendiri sebagai pemakai, produksi baterai terbaru Li-on memang terkadang lebih cepat mengalami kerusakan ketimbang baterai yang keluaran lama. Hal inilah yang membuat diri kita berpikir lebih dalam selain harganya jenis terbaru ini tidaklah murah.

Bagaimana cara baterai gadget tidak cepat rusak? Nah pada kesempatan kali ini memang akan menjelaskan dari beberapa Tips jitu agar baterai gadget anda tidak cepat rusak, alangkah baiknya mari kita simak pembahasan di bawah ini yang dapat di paparkan penulis.

Berikut Tips Jitu agar baterai gadget tidak cepat rusak yaitu :

Memahami keadaan baterai

Langkah awal untuk memudahkan anda merawat baterai agar tidak cepat rusak ialah harus mengetahui dari beberapa siklus pada baterai anda sebelumnya mulai dari kelamaan ketika sedang di cas, berapa lama umur dari baterai, dan baterai tersebut masihkah normal atau sudah membengkak.

Dari sekian pemeriksaan di atas tadi anda akan mudah mengetahuinya apakah baterai yang anda pakai masihkah layak atau kah harus menggantinya dengan yang baru. Tips ini gunkanlah ketika anda mengetahui daya tahan lama baterai tidaklah normal.

Memperhatikan pada saat di cas

Beberapa pemakai smartphone ketika ponsel akan di isi biasanya tidak banyak tahu tentang berapa jam lamanya baterai tersebut ketika selesai di cas, padahal baterai dari jenis terbaru Li-on saat di cas meskipun sudah penuh efeknya hanya aman-aman saja. Sedangkan baterai dengan jenis lama ketika di cas sudah penuh tetapi tetap di biarkan ng-cas, maka akan menimbulkan daya tahan baterai turun.

Gunakan Baterai sesuai prosedur

Ketika anda menggunakan perangkat pada USB pada baterai yang akan di cas, maka anda tetap berhati-hati dengan memperhatikan beberapa prosedur yang dapat kita acuan merawat baterai ponsel agar tidak cepat rusak.

Pasalnya ketika kita lengah pada saat mengisi baterai menggunakan USB yang tidak sesuai pada prosedur, akan merugikan anda dengan terjadi konslet pada sambungan kabel USB ke listrik dan terjadilah baterai anda akan terbakar.

Mengetahui suhu baterai

Suhu baterai sangatlah penting untuk kita ketahui sebagai masalah yang serius ketika kita pada saat mengisi atau sedang di gunakan, pasalnya baterai dengan temperatur yang tidak normal akan memudahkan daya tahan lama menjadi down. Perlu kalian tahu jika baterai anda terlalu panas, maka cepatlah matikan ponsel anda atau lepaskan dari smartphone yang anda pakai untuk menghindari baterai yang membengkak nantinya.

Baterai jangan di banting

Beberapa pemakai pada HP android seakan habis di gunakan sebentar tetapi keadaan baterai cepat habis, nah ini akan menimbulkan kejengkelan pada kita dengan membanting baterai. Sebaiknya cara ini hindarilah karena cairan kimia pada baterai ponsel anda akan dapat merusak dari komponen pada ponsel.

Simpanlah dengan benar

Cara yang terakhir ketika anda memiliki baterai cadangan untuk pergantian pada baterai ponsel yang anda pakai, sebaiknya simpan dengan merawat baterai cadangan agar tetap di cas sehingga baterai dengan rentan lama tidak di pakai akan mengakibatkan daya tahan baterai akan menurun.

Demikianlah ulasan tentang Tips Jitu agar baterai gadget tidak cepat rusak, semoga informasi ini jadikanlah referensi yang bermanfaat untuk anda sebagai pengguna gadget.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.