Rekomendasi Dan Tips Memilih RAM Untuk Komputer Gaming

0
151
tips memilih RAM

Apakah Anda perlu bantuan memilih memori komputer (RAM) terbaik untuk komputer gaming Anda? Bagi Anda yang mungkin belum tahu, RAM (Random Access Memory) adalah memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan program-program yang sedang berjalan, dan semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin cepat pula game atau program lain akan berjalan. Di bawah ini akan ada rekomendasi dan tips memilih RAM untuk komputer gaming.

Berinvestasi pada RAM yang mencukupi yang dibuat oleh perusahaan terpercaya merupakan ide yang cerdas, dan jumlah dan tipe RAM yang Anda miliki memiliki pengaruh langsung bagi performa overall dari sistem PC Anda. Namun, tipe mana yang harus Anda dapatkan? Dan seberapa besar yang Anda dibutuhkan bagi komputer gaming untuk memainkan game-game sekarang?

Ada banyak tipe RAM berbeda yang dapat Anda pilih bagi komputer Anda, seperti SDRAM, Ram DDR2, DDR3 dan DDR4. Mereka juga memiliki speed yang berbeda-beda, seperti 1333MHz atau 1600MHz, saat memilih RAM untuk komputer gaming Anda, pastikan motherboard Anda mendukung baik itu kecepatan atau tipe RAM yang ingin Anda gunakan. RAM terbaru yang hadir di pasaran adalah DDR 4, namun, RAM standar untuk PC dan laptop masih dipegang oleh DDR3, jadi, kemungkinan besar, PC Anda mendukung DDR 3 (kecuali PC Anda dibangun medio 2009 ke bawah).

Rekomendasi dan tips memilih RAM untuk komputer gaming

Seberapa besar RAM untuk komputer gaming?

Anda mungkin bertanya seberapa besar RAM yang dibutuhkan untuk aktifitas gaming Anda, dan mungkin jawaban yang paling sederhana adalah “seberapa besar yang Anda mampu beli”. Menambahkan memori pada sistem Anda akan mempengaruhi bukan saja performa dari game namun juga performa overall dari program dan aplikasi lainnya, sehingga, lebih banyak lebih baik. Harga RAM akhir-akhir ini cukup murah, sehingga menambahkan RAM pada sistem Anda adalah langkah yang sangat cost-effective untuk meningkatkan performa komputer Anda.

Namun, ada poin dimana menambahkan memori tidak lantas memberikan Anda peningkatan performa yang cukup besar untuk Anda sadari, jadi trik saat memilih memori komputer (bagi Anda yang memiliki batasan pada budget dan ingin memaksimalkan performa dari setiap rupiah yang Anda keluarkan – yang berarti kebanyakan orang) adalah untuk membeli jumlah yang pas yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa membuang uang pada memori berlebihan yang mungkin belum Anda butuhkan.

Jika komputer Anda hanya Anda jalankan untuk OS Windows (mungkin Windows 8) dan program-program lain, Anda membutuhkan RAM setidaknya 2 giga. Namun, jika Anda seorang game, dan saya pasti mengasumsikan kebanyakan dari Anda adalah gamer karena Anda membaca artikel ini, maka Anda membutuhkan RAM yang lebih jika dibandingkan dengan pengguna komputer lain.

Untuk memainkan game-game terbaru, 4 GB adalah minimal RAM bagi PC Anda. Jika Anda menggunakan RAM 4 GB dengan kualitas yang baik pada gaming sistem Anda, Anda tidak akan memiliki masalah memainkan game-game terbaru di pasaran (tentu dengan syarat komponen lain di PC Anda menunjang). Namun, karena RAM tidaklah terlalu mahal akhir-akhir ini, jika Anda memiliki budget lebih, ada baiknya Anda membeli RAM 8 GB yang ideal dan akan memberikan Anda peningkatan jauh jika dibandingkan dengan 4 GB, baik itu dalam hal game dan juga saat Anda menjalankan program lainnya.

Bagi Anda yang cukup beruntung dan memiliki budget lebih, ambil 12 atau 16 GB. Karena, jika Anda membutuhkan aplikasi yang menuntut performa high-end, seperti rendering 3D, maka jumlah memori itu adalah kewajiban.

Ingat, semakin besar RAM, semakin baik, namun agar aman, Anda juga harus memastikan motherboard Anda mendukung RAM lebih. Kebanyakan motherboard yang ada sekarang akan mendukung penggunaan RAM hingga 16 GB, namun Anda perlu melakukan double check.

Tips Memilih RAM untuk Komputer Gaming

Faktor penting saat Anda memiliki memori / RAM komputer terbaik bagi PC Anda tentu saja nama brand dari memori yang Anda beli. Saya sendiri sangat merekomendasikan Anda hanya membeli RAM dari manufakturer berkualitas yang terbukti telah memberikan RAM yang reliable dan dengan performa tinggi.

Sejumlah nama terbaik adalah Corsair, Crucial, Kingston, OCX, G.SKILL, Patriot, dan Team. Membeli memori murah Anda manufakturer yang tidak terkenal sangatlah beresiko dan sesuatu yang tidak saya rekomendasikan.

Demikian rekomendasi dan tips memilih RAM untuk komputer gaming. Apakah Anda memiliki tips lain?

Sebagai Tambahan Jika anda memerlukan Ram di Baffaro Menjual beberapa tipe dan model ram sesuai dengan kebutuhan kantong anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.